7 Prospek Kerja Jurusan Keperawatan Serta Gajinya

Prospek kerja jurusan keperawatan ternyata tak hanya sekadar menjadi perawat di rumah sakit. Inilah peluang kerja jurusan keperawatan yang paling menjanjikan.

Prospek Kerja Jurusan Keperawatan Serta Gajinya
ilustrasi freepik/@freepik

CEROBOH – Sebagian besar yang kuliah jurusan keperawatan beranggapan bahwa jurusan keperawatan adalah akan bekerja di rumah sakit sebagai perawat.

Namun, tidak seutuhnya demikian. Ternyata banyak pilihan lain selain menjadi perawat di rumah sakit. Ada banyak pilihan karier bagi lulusan keperawatan.

Bagi kamu yang baru lulus SLTA mungkin masih ragu dengan pilihan keperawatan ketika hendak memilih jurusan kuliah. Namun, jangan khawatir kamu bisa mempertimbangkan beberapa profesi berikut ini.

Sehingga tak ragu lagi untuk kuliah jurusan keperawatan.

Apa saja peluang kerja jurusan keperawatan selain menjadi perawat di rumah sakit?

Berikut ini adalah 7 prospek kerja jurusan keperawatan yang bisa dipilih setelah lulus kuliah:

1. Menjadi Perawat di Klinik Kecantikan

Peluang kerja bagi lulusan keperawatan yang pertama, kamu bisa menjadi perawat di klinik kecantikan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang baru lulus kuliah keperawatan, namun memiliki hobi di dunia kecantikan.

Tugas utamanya hampir sama dengan perawat pada umumnya. Yang membedakan adalah kamu akan lebih fokus merawat pasien yang melakukan treatment kecantikan.

Profesi ini merupakan profesi yang menjanjikan. Sebab gaji perawatkecantikan gajinya lumayan besar.

2. Menjadi Asisten Dokter

Seorang dokter, biasanya memiliki tempat praktiknya sendiri. Jadi, selain bekerja di rumash sakit biasanya mereka memiliki klinik tempat praktik.

Nah, seorang lulusan keperawatan bisa menjadi asisten dokter di tempat praktik dokter tersebut. Kamu bisa menjadi asisten yang membantu kegiatan dokter di klinik tersebut.

Pada dasarnya hampir mirip dengan perawat pada umumnya. Namun menjadi asisten dokter ruang lingkup pekerjaannya lebih sedikit. Jadi, kamu tidak akan banyak tekanan.

Nah, menjadi asisten dokter bisa menjadi pekerjaan alternatif setelah lulus kuliah nanti.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Hewan

3. Menjadi Ahli Epidemiologi

Sarjana Ilmu Keperawatan bisa menjadi ahli Epidemiologi. Ahli Epidemiologi merupakan orang yang bertugas mendeteksi kesehatan di suatu lingkungan atau masyarakat. Selain mendeteksi, mereka juga bertugas mencegah penyebaran suatu penyakit atau virus. Agar penyakti tersebut tidak menjadi sebuah wabah.

Nah, pekerjaan ini memang salah satu pekerjaan yang lumayan berat. Namun seorang Ahli Epidemiologi sangat diperlukan oleh Negara. Sehingga ini menjadi prospekkerja yang bagus.

4. Menjadi Analis data klinis

Jika perawat pada umumnya bekerja langsung menangani pasien, Analis dataklinis merupakan prospek kerja jurusan keperawatan yang kerjanya di balik layar.

Mereka biasanya bekerja mengolah data-data kesehatan yang ada di rumah sakit. Mulai dari jumlah pasien, jumlah pasien yang sembuh, angka kematian dan data-data lain yang dibutuhkan rumahsakit.

Data-data tersebut nantinya diolah sedemikian rupa. Sehingga data tersebut menjadi sebuah informasi baru yang berguna untuk menyelesaikan masalah. Atau menjadi sebuah data yang berguna untuk pengembangan rumah sakit.

Profesi ini menarik bukan?

5. Menjadi Teknisi Medis Gawat Darurat

Peluang kerja jurusan keperawatan selanjutnya adalah menjadi teknisi Medis Gawat Darurat, atau sering dikenal dengan sebutan paramedis.

Pekerjaan utamanya adalah menangani pasien yang membutuhkan perawatan darurat. Misalnya pasien yang kecelakaan, atau pasien yang luka-luka.

Sehingga seorang paramedis harus memiliki kemampuan mengambil keputusan dalam waktu cepat. Karena pasien yang membutuhkan perawatan darurat harus segera ditangani dengan sigap dan cepat.

6. Menjadi Manajer Layanan Medis

Saat ini semakin banyak layanan medis yang ada. Terutama, sekarang sudah mulai marak layanan medis online.

Nah, bagi para lulusan keperawatan. Kamu bisa menjadi manager layanan medis. Baik layanan online ataupun layanan offline.

Seorang manager biasanya bertugas terhadap mengkoordinasi semua petugas medis yang ada di dalam timnya. Sehingga ia harus bisa menjadi pemimpin dan bisa mengambil kebijakan dengan tegas.

Menjadi manajer layanan medis biasanya dibayar lebih tinggi jika dibandingkan perawat biasanya. Sehingga profesi ini merupakan profesi yang menggiurkan.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Matematika

7. Menjadi Perawat Di Rumah Sakit

Terakhir, merupakan profesi yang sudah tidak asing lagi. Karena sebagian besar lulusan keperawatan bekerja menjadi perawat di rumah sakit. Baik itu rumah sakit swasta, ataupun rumahsakit milik pemerintah.

Menjadi perawat di rumah sakit juga merupakan profesi yang menjanjikan. Sebab, gaji yang diperoleh lumayan besar nominalnya. Sebanging ya, dengan tugas yang dijalaninya.

Itulah pembahasan tentang prospek kerja keperawatan yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah. Kira-kira setelah lulus nanti kamu akan memilih menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR