7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Ada banyak prospek kerja jurusan Kriminologi setelah lulus kuliah nanti. Agar tidak bingung, akan dijelaskan peluang paling menjanjikan.

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi
ilustrasi freepik/macrovector

CEROBOH– Mungkin kamu salah satu pecinta film detektif atau film dengan genre “crime”. Kemudian setelah lulus SLTA tertarik memperdalam ilmu kriminologi.

Mungkin bagi sebagian yang baru dengar, jurusan Kriminologi akan terdengar asing. Namun sebenarnya jurusan kriminologi juga merupakan jurusan yang lumayan diminati. Namun, biasanya jumlah mahasiswanya dibatasi.

Peluang Kerja Jurusan Kriminologi

Kriminologi merupakan gabungan dari berbagai cabang ilmu, mulai dari politik, hukum, sosiologi, psikologi dan juga jurnalistik. Jadi kamu akan mempelajari banyak hal ketika memilih jurusan Kriminologi.

Apa saja sih peluang kerja Kriminologi setelah lulus kuliah nanti?

Berikut ini adalah 7 prospek kerja jurusan Kriminologi yang paling menarik kamu pilih:

1. Menjadi Analis Intelejen

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Menjadi anais intelejen merupakan peluang kerja yang terdengar keren. Ketika menjadi analis intelejen kamu akan memiliki tugas sepert menganalisa, mengevaluasi dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.

Informasi tersebut berupa data terkait pengawasan jaringan, pergerakan rahasia dan informasi geografis. Data-data tersebut dikumpulkan dengan tujuan untuk mencegah tindakan kejahatan. Contohnya seperti kejahatan terorisme.

Bekerja menjadi analis intelejen akan penuh tantangan. Namun peluang kariernya cukup menjanjikan.

2. Menjadi Direktur Manajemen Darurat

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Jika disederhanakan Manajemen darurat adalah persiapan bencana. Sehingga seorang direktur manajemen darurat bertugas merancang strategi untuk menangani sebuah bencana. Baik bencana karena alam, atau bencana non alam.

Tugas utamanya adalah menyiapkan rencana darurat, membuat prosedur evakuasi saat bencana, memberikan pelatihan pencegahan bencana. Dan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan kebencanaan.

Sehingga ketika terjadi bencana, jauh lebih siap. Dan dapat dengan mudah melakukan tindakan penanganan bencana.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

3. Menjadi Detektif

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan tugas seorang detektif. Karena seringditayangkan di film-film.

Seorang detektif bertugas mengumpulkan data, menganalisis data dan mencari fakta yang diminta oleh klien. Detektif biasanya bekerja di lembaga swasta. Sehingga sifatnya independent.

Menjadi detektif juga merupakan prospek kerja yang menjanjikan. Sebab, tidak banyak orang yang berprofesi sebagai detektif. Sehingga sangat minim persaingannya.

4. Menjadi Ahli Forensik

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Prospek kerja jurusan Kriminologi berikutnya adalah menjadi ahli forensik. Seorang ahli forensik bertugas mencari bukti yang ada di tempak kejadian perkara. Yang hasilnya bisa dijadikan barang bukti oleh penegak hukum seperti polisi, jaksa dan hakim.

Menjadi Ahli Forensik tentu tidaklah mudah, sebab diperukan ketelitian yang akurat. Sehingga tidak menimbulkan keraguan dalam menetapkan sebuah perkara.

Setelah lulus nanti, kamu bisa menjadi ahli forensi yang bekerja di lembaga pemerintahan. Ini merupakan salah satu peluang karier yang menjanjikan.

5. Menjadi Spesialis Manajemen Keamanan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Lulusan kriminologi juga bisa menjadi Spesialis Manajemen Keamanan. Tugas utama dari seorang spesialis manajemen keamanan adalah melakukan analisa dan penilaian terhadap keamanan sebuah perusahaan, lebaga atau organisasi.

Beberapa aspek keamanan yang doteliti adalah keamanan fisik, keamanan informasi dan keamanan personil atau karyawan.

Seorang manajemen keamanan juga bertugas merancang sistem keamanan di sebuah perusahaan dan lebuah lembaga. Menjadi spesialis manajemen keamanan merupakan prospek kerja jurusan kriminologi yang menjanjikan. Sebab, kamu bisa mendapatkan gaji yang besar.

6. Menjadi Teknisi Rekam Jejak Kepolisian

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Jika kamu lulus dari jurusan Kriminologi nanti, kamu bisa menjadi tenisi rekam jejak kepolisian.

Tugas utamanya yaitu mendokumentasikan semua bukti yang ada di tempat kejadian sebuah kejahatan. Selain itu juga bertugas mengumpulkan barang-barang bukti di TKP.

Menjadi Teknisi Rekam Jejak Kepolisian juga merupakan peluang karier yang menjajikan. Sebab, kamu bisa mendapatkan gaji yang lumayan besar.

7. Menjadi Manajer Keamanan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Menajer keamanan merupakan orang yang paling bertanggung jawab terhadap keamanan sebuah perusahaan atau lembaga.

Seorang manajer keamanan harus bisa menciptakan sistem keamanan yang kuat. Sehingga tidak mudah dibobol atau dimasuki oleh orang-orang yang berniat melakukan kejahatan.

Manajer keamanan juga harus bisa menjaga keamanan fisik, keamanan karyawan, serta keamanan fasilitas atau aset yang ada.

Memang terlihat cukup berat tugasnya. Namun memulai karir dengan menjadi manajer keamanan sebuah karier yang sangat menjanjikan. Sebab, kamu akan digaji dengan bayaran yang tinggi.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Rencana Setelah Lulus Dari Jurusan Kriminologi

Itulah pembahasan tentang prospek kerja jurusan kriminologi dan peluang kariernya. Banyak peluang kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus dari kampus kriminologi.

Jika kamu mahasiswa Jurusan Kriminologi maka mulailah rencanakan dari sekarang, kelak ingin menjadi apa?

Dan bagi kamu yang baru saja lulus dari SLTA bisa jagi beberapa peluang kerja di atas bisa menjadi alasan kamu kuliah di jurusan Kriminologi.

Kira-kira kamu tertarik menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR