Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa

5 Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa dan Gajinya

Prospek kerja pendidikan luar biasa sangat terbuka lebar, bagi kamu yang baru lulus SLTP jurusan pendidikan luar bisa bisa menjadi pilihan terbaik.
Total
0
Shares

Prospek kerja pendidikan luar biasa sangat terbuka lebar, bagi kamu yang baru lulus SLTP jurusan pendidikan luar bisa bisa menjadi pilihan terbaik.

Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa

CEROBOH.COM – Tahukah kamu apa itu jurusan pendidikan luar biasa? Memang jurusan ini tidak begitu familiar di telinga beberapa orang. Jadi, jurusan pendidikan luar biasa adalah jurusan yang nantinya ketika lulus, mereka akan menjadi guru atau pengajar di sekolah luar biasa—biasanya disebut anak-anak difabel. Meskipun tidak terlalu familiar, jurusan pendidikan luar biasa sangatlah tinggi peluangnya.

Nah, jurusan pendidikan luar biasa ini biasanya masih dibagi menjadi beberapa pilihan seperti jurusan tuna rungu, tuna netra dan lain sebagainya. Karena mulai naiknya kesadaran masyarakat dan pemerintah, kini kehadiran guru luar biasa mulai meningkat. Jika ditelisik, banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan yang sekarang butuh eksistensi atau keberadaan guru luar biasa.

Jurusan PLB—singkatan dari jurusan ini, karena tidak terlalu familiar, menjadikan jurusan ini tidak banyak yang meminatinya. Bisa dibilang sih, jurusan pendidikan luar biasa ini sepi akan peminat. Selain itu, universitas yang membuka jurusan ini juga tidak terlalu banyak. Padahal prospek kerja pendidikan luar biasa cukup terbuka lebar.

Meski seperti itu, jika kamu adalah orang yang tertarik dengan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus dan kamu suka mengajari anak-anak seperti ini, kamu mungkin bisa mendalami jurusan pendidikan luar biasa. Sebab, kita tahu. Menjadi guru atau menjadi pengajar bagi mereka yang berbeda akan membuat kebahagiaan dan kepuasan hati tersendiri di dalam diri kita.

Penasaran kan, bagaimana sih prospek kerja jurusan pendidikan luar biasa?

Nah, yuk langsung saja cuss di bawah ini mengenai beberapa prospek kerja jurusan pendidikan luar biasa yang mungkin bisa kamu jadikan patokan jika kamu ingin berkuliah di jurusan PLB:

1. Menjadi Guru Pendidikan Luar Biasa

Prospek kerja pendidikan luar biasa yang pertama yang perlu kamu ketahui adalah menjadi guru pendidikan luar biasa. Ini sudah jelas, ya. Zaman sekarang ini, karena semakin meningkatnya kesadaran akan kepedulian terhadap anak-anak yang berkebutuhan khusus, menjadikan pemerintah dan masyarakat mulai membangun sekolah-sekolah khusus untuk mereka.

Kamu bisa mendapatkan gaji hingga tiga juta perbulan. Dan tentu ya, bayaran terbaik untuk para pengajar SLB ini adalah kebahagaan yang luar biasa.

2. Menjadi Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Selanjutnya, kamu bisa loh menjadi terapis anak berkebutuhan khusus. Kamu bisa mengembangkan karirmu di bidang terapis anak ABK ini. Namun, kamu tidak serta merta langsung menjadi terapis yang handal dan legal ya. Untuk menjadi terapis yang professional, kamu harus mengambil pelatihan khusus sebagai seorang terapis untuk anak-anak ABK.

Sebab, menjadi terapis sebetulnya bukan kompetensi utama untuk lulusan PLB ini.

Biasanya,  honor atau gaji yang didapatkan sebagai seorang terapis dihitung dari anak-anak yang kita terapi. Gajinya per anak sekitar lima puluh ribu hingga bahkan ratusan ribu loh jika kamu sudah semakin professional dan semakin banyak jam terbangnya.

Baca juga: Prospek Kerja Sastra Prancis dan Gajinya

3. Menjadi Konselor Anak ABK

Prospek kerja pendidikan luar biasa berikutnya adalah menjadi seorang konselor anak berkebutuhan khusus. Jadi, kamu bisa

Peluang kerja berikutnya dari jurusan Pendidikan Luar Biasa adalah konselor anak berkebutuhan khusus. Kamu bisa membuka jasa konseling untuk orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Untuk gaji yang bisa didapatkan dari profesi bisa mencapai Rp10.000.000 per bulan jika Kamu memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun.

4. Menjadi Pegiat Sosial

Lulusan pendidikan luar biasa tentu saja bisa menjadi pegiat sosial. Pegiat sosial ini biasanya bekerja di bawah naungan NGA (Non Government Organization). Jadi, lebih cenderung bekerja secara independen, dan bukan lembaga pemerintahan.

Menjadi pegiat sosial merupakan salah satu profesi yang mulia. Karena kamu bisa menangani beberapa kasus yang berhubungan dengan oorang-orang berkebutuhan khusus.

Jangan khawatir, menjadi pegiat sosial juga selain mulia tentu bisa mendapatkan gaji yang cukup lumayan. Asal kamu ulet dan tekun, pasti akan mendapatkan hasil yang terbaik pula.

5. Menjadi Dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa

Selanjutnya, prospek kerja pendidikan luar biasa adalah menjadi tenaga pengajar di kampus-kampus. Atau sering kita kenal dengan profesi “dosen”

Lulsan pendidikan luar biasa tentu sangat bisa menjadi dosen. Baik dosen di perguruan tinggi swasta ataupun di perguruan tinggi negeri. Syarat utamanya adalah kamu harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu.

Setelah lulus S2 atau memperoleh gelar master, maka kamu bisa mendaftar menjadi seorang dosen di jurusan pendidikan luar biasa. Bagaimana menarik bukan? Untuk gaji seorang dosen, kamu pasti tau sendiri kan?

Demikianlah pembahasan tentang prospek kerja pendidikan luar biasa yang bisa kamu pilih salah satunya setelah lulus nanti. Kira-kira bagaimana apakah kamu tertarik kuliah di jurusan pendidikan luar biasa?

Artikel lainnya: Prospek Kerja Seni Kriya dan Gajinya

4.6/5 - (5 votes)
You May Also Like