7 Prospek Kerja Jurusan Perikanan Setelah Lulus Kuliah

Ada beberapa prospek kerja Perikanan yang bisa dipilih. Pada artikel ini saya jelaskan 7 peluang kerja jurusan perikanan paling menjanjikan.

Prospek Kerja Jurusan Perikanan Setelah Lulus Kuliah

CEROBOH – Jurusan Perikanan belajar apa sih? Nah. Inti dari Jurusan Perikanan, jurusan ini mempelajari mengenai teknik pengelolaan dan penanganan ikan dengan cara yang tepat. Jadi jika penangannya tepat, tentunya akan membuat gizi dan kualitas ikan tetap terjamin.

Well. Sebagian orang kadang ada yang menyepelekan jurusan Perikanan. Padahal kalau diteliti lebih detail lagi, jurusan Perikanan memiliki peluang prospek kerja yang sangat luas.

Mulai dari bekerja di BUMN, di perusahaan swasta, bekerja di instansi pemerintah hingga menciptakan lapangan kerja sendiri alias menjadi wirausahawan di bidang perikanan.

Lalu, apa saja sih peluang kerja jurusan Perikanan yang cocok buat digeluti oleh para lulusan Perikanan?

Berikut ini akan saya jelaskan tentang 8 prospek kerja Perikanan yang paling menjanjikan:

1. Menjadi Peternak Ikan

Prospek Kerja Jurusan Perikanan Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@kolamsumberrezeki

Peluang kerja pertama yang bisa kamu geluti, buat kamu para lulusan Perikanan yaitu kamu berpeluang besar menjadi seorang peternak ikan. Alias pengusaha ikan, baik ikan air tawar atau ikan air laut.

Hingga kini pun bahkan banyak yang memandang sebelah mata mengenai julukan dan stereotype bahwa anak lulusan Perikanan akan menjadi penjual ikan.

Padahal banyak sekali miliarder yang sejak awal memulai kariernya di industri perikanan dan ternyata sukses di masa depan. Mantan Menteri Ibu Susi, misalnya. Iya, kan?

Sektor perikanan merupakan salah satu komoditi yang banyak permintaannya. Sedangkan, pengusaha ikan masih sedikit. Sehingga seringkali permintaan terhadap komoditi ikan, tidak terpenuhi.

Tentu, ini peluang besar untuk menjadi pengusaha ikan.

2. Menjadi Seorang Pengajar (Dosen)

Prospek Kerja Jurusan Perikanan Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@nilamerahmisterjon

Selanjutnya, pekerjaan yang mungkin bisa digeluti oleh para lulusan Perikanan adalah dengan menjadi seorang dosen.

Banyak sekali universitas yang membuka peluang tinggi untuk para lulusan Perikanan. Nah, untuk berkarier menjadi menjadi dosen tentunya harus melanjutkan pendidikan tingkat lanjut hingga master.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro

3. Bekerja Di Instansi Pemerintah

Prospek Kerja Jurusan Perikanan Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@noviadwilarasati

Berikutnya, prospek kerja jurusan Perikanan adalah bekerja di instansi-instansi pemerintah. Seperti bekerja di Kementrian Kelautan dan Perikanan yaitu di bidang analis.

Bidang analis tersebut meliputi analis kelautan dan perikanan, analis konservasi kawasan, analis mutu hasil perikanan dan masih banyak lagi.

Selain di Kementrian Kelautan dan Perikanan, instansi pemerintah lain yang bisa dimasuki oleh lulusan Perikanan di antaranya Balai Karantina Nasional, Balai Penangkapan Ikan hingga Balai Budidaya Air Tawar.

4. Menjadi Seorang Enterpreuner

Prospek Kerja Jurusan Perikanan Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@kolamsumberrezeki

Setiap orang selalu memiliki kesempatan sama untuk menjadi seorang enterpreuner. Apapun latar belakang pendidikannya. Tak terkecuali dengan para lulusan Perikanan.

Nah, dengan ilmu perikanan yang telah kamu pelajari selama kuliah kamu bisa mengembangkannya menjadi usaha. Usaha bisnis restoran seafood, misalnya.

Nah loh. Apakah kamu termasuk lulusan Perikanan yang tertarik menjadi pebisnis?

5. MenjadiQuality Control (QC)

Prospek Kerja Jurusan Perikanan Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@handung_djiwastro

Peluang kerja Perikanan selanjutnya yaitu, ternyata para lulusan Perikanan juga berpeluang menjadi seorang Quality Control (QC).

Kini bahkan banyak perusahaan pengolahan makanan terutama yang menggunakan bahan baku  ikan membuka peluang pekerjaan lulusan Perikanan untuk menempati posisi sebagai QC.

QC biasanya bertugas menentukan apakah kualitas produk ikan, misalnya, sudah baik dan layak dipasarkan atau tidak.

Untuk gaji para QC berkisar antara 3 juta hingga 5 juta rupiah. Tapi tergantung juga dengan jenjang kariermu.

6. Menjadi Seorang Konsultan

Prospek Kerja Jurusan Perikanan Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@jk.satria888

Prospek kerja jurusan Perikanan selain sebagai QC yaitu bekerja sebagai seorang konsultan. Konsultan bidang apa sih?

Nah, untuk kamu para lulusan Perikanan kamu bisa menjadi konsultan teknik kelautan, konsultan kelautan dan masih banyak lagi.

Untuk gaji kamu tergantung kariermu. Semakin besar kariermu sebagai konsultan, maka akan semakin besar pula pendapatan.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Ilmu Tanah

7. Menjadi Penyuluh Perikanan

Prospek Kerja Jurusan Perikanan Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@kolamsumberrezeki

Peluang kerja jurusan perikanan yang terakhir dan paling banyak diminati adalah menjadi penyuluh perikanan.

Perikanan merupakan salah satu subsektor pertanian yang sedang digencarkan oleh pemerintah. Sehingga, kebutuhan akan penyuluh perikanan saat ini sangatlah banyak.

Terlihat, biasanya dari satu kecamatan memerlukan seorang penyuluh perikanan. Nah, saat ini masih banyak kekosongan terkait jabatan penyuluh perikanan ini. Sehingga menjadi peluang kerja yang cukup potensial.

Demikian beberapa prospek kerja Perikanan yang bisa kamu tekuni. Jadi apakah kamu sudah memutuskan memilih jenis pekerjaan yang mana yang akan kamu pilih?

BERI KOMENTAR