6 Prospek Kerja PGPAUD dan Peluang Kariernya

Prospek kerja PGPAUD ternyata terbilang luas juga, selain bisa menjadi guru PAUD lulusan PGPAUD juga bisa menjadi guru les privat anak-anak.

CEROBOH.COM – Tahu tidak sih, salah satu pekerjaan mulia adalah sebagai seorang guru? Orang-orang sering menjuluki guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Menurut orang jawa, guru berarti digugu lan ditiru. Maksudnya, menjadi guru artinya harus menjadi panutan dan menjadi contoh untuk para muridnya.

Banyak sekali jurusan-jurusan guru ada di berbagai perguruan tinggi. Misalnya saja jurusan pendidikan guru SD, pendidikan guru agama, pendidikan guru matematika, pendidikan guru biologi—tentunya masih banyak sekali jurusan guru. Salah satu pendidikan guru yang juga memiliki berbagai jenis peluang kerja yaitu jurusan Pgpaud. Atau biasa disebut pendidikan guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Beberapa orang sering bertanya, apa sih peluang kerja yang cocok untuk pendidikan guru PAUD? Makanya, beberapa orang juga mungkin belum mengenal atau belum familiar dengan jurusan pendidikan guru PAUD. Biasanya jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai anak-anak.

Lalu apa saja sih prospek kerja pgpaud yang bisa kamu jadikan gambaran jika ingin memasuki jurusan ini?

Nah, yuk simak baik-baik di bawah ini mengenai jurusan pendidikan guru paud yang mungkin bisa kamu jadikan gambaran apabila kamu ingin memasuki jurusan ini:

1. Menjadi Guru Anak Usia Dini

Prospek Kerja PGPAUD

Peluang kerja pertama yang mungkin bisa dimasuki oleh para lulusan guru PAUD adalah tentu saja menjadi guru atau tutor anak usia dini. Biasanya kamu akan mengajar di sekolah PAUD bersama beberapa rekan yang juga lulusan pendidikan guru PAUD.

Bagi kamu yang menyukai anak-anak, mengambil pekerjaan ini sangatlah cocok. Karena di sekolah PAUD kamu akan mengajak bermain anak-anak sembari mengajak mereka belajar.

2. Menjadi Guru TK (Taman Kanak-kanak)

Prospek Kerja PGPAUD

Selanjutnya prospek kerja pgpaud adalah menjadi guru TK. Hal ini sebetulnya tidak begitu jauh dengan menjadi guru PAUD. Hanya saja, jika menjadi guru TK, anak-anak yang diajar lebih besar lagi—umurnya sekitaran 5 tahunan.

Jika anak PAUD biasanya umur antara 3 tahun hingga umur 4 tahun kurang lebihnya. Di TK ini kamu juga akan mengajar bermain sembari belajar seperti ketika mengajar di PAUD. Seru deh pokoknya kalau kamu menyukai anak-anak!

Baca juga: Prospek Kerja Kedokteran Gigi dan Gaji Yang Diperoleh

3. Menjadi Kepala Sekolah PAUD

Prospek Kerja PGPAUD

Selain menjadi guru di PAUD, kamu yang lulusannya adalah  pendidikan guru paud, kamu bisa menempati setingkat lebih tinggi daripada guru PAUD yaitu menjadi kepala sekolah playgroup. Biasanya, kamu yang nantinya akan mengatur segala kegiatan di playgroup yang kamu tempati. Kepala sekolah juga yang biasanya nanti yang datang jika ada acara antar kecamatan atau antar kabupaten jika ada program dan kegiatan antar PAUD dan antar TK.

4. Menjadi Tutor ABK atau Anak Berkebutuhan Khusus

Prospek Kerja PGPAUD

Berikutnya prospek kerja pdpaud adalah menjadi tutor ABK atau singkatan dari Anak Berkebutuhan Khusus. Jadi, selain kamu bisa masuk di sekolah TK atau tentu saja masuk di PAUD atau semacam playgroup, kamu juga bisa loh menjadi tutor ABK atau biasa disebut Anak Berkebutuhan Khusus.

5. Menjadi Dosen PGPAUD

Prospek Kerja PGPAUD

Jika kamu tidak ingin terjun langsung di dunia anak untuk menjadi gurunya, maka kamu tiddak perlu khawatir. Kamu pun bisa menjadi dosen PAUD. Namun ada catatan, jika ingin menjadi dosen pendidikan PAUD, tentu saja kamu harus meneruskan di jenjang S2 agar kamu bisa mengajar S1 yang jurusannya adalah pendidikan guru PAUD.

6. Menjadi Pengusaha

Prospek Kerja PGPAUD

Jangan sangka ya, lulusan PGPAUD tidak bisa menjadi pengusaha. Setiap orang sebetulnya memiliki peluang untuk usaha. Nah, kamu bisa membuka usaha yang bisa mengedukasi anak-anak. Dan tentu saja tidak terlupa, agar kamu bisa sembari berjualan mainan anak-anak. Pastilah ini prospek.

Kamu juga bisa membuat tempat bermain anak-anak di rumahmu dan kamu bisa memasang tariff sesuai dengan yang kamu tentukan.

Itulah beberapa prospek kerja pgpaud yang mungkin bisa kamu jadikan referensi jika ingin masuk nanti. Semoga membantu, ya!

Artikel lainnya: Prospek Kerja Geofisika Dan Gajinya

BERI KOMENTAR