7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Ada banyak pilihan prospek kerja jurusan sastra arab yang bisa dipilih setelah lulus kuliah nanti. Berikut ini adalah peluang kerja paling recommended!

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab
ilustrasi freepik/macrovector

CEROBOH – Buat sebagian besar orang, jurusan Sastra Arab di beberapa Universitas mungkin sudah tak terdengar asing lagi. Apalagi lulusan SLTA yang passionnya berada di bidang bahasa.

Selain Sastra Inggris dan Sastra Indonesia, jurusan bahasa yang juga lumayan banyak peminatnya adalah Sastra Arab.

Peluang Kerja Jurusan Sastra Arab

Berbicara mengenai jurusan kampus, tentu saja pembahasannya tak jauh berbeda dengan peluang atau prospek kerja ke depannya.

Lalu, sebenarnya apa saja sih, peluang kerja jurusan Sastra Arab setelah lulus kuliah nanti?

Tak perlu lama-lama, yuk simak beberapa ulasan mengenai prospek kerja jurusan Sastra Arab yang bisa dijadikan peluang untuk lulusan Sastra Arab berikut ini:

1. Menjadi Peneliti Budaya

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Peluang kerja pertama yang bisa dijadikan peluang buat para lulusan Sastra Arab yaitu berprofesi sebagai seorang peneliti budaya.

Sebab, yang namanya belajar Bahasa Arab, tentu tak jauh dong pembelajarannya mengenai budaya yang ada di Timur Tengah sana.

Bahkan profesi ini akan membuatmu mendapat peluang besar berkunjung ke Timur Tengah dengan gaji yang fantastis.

2. Menjadi Seorang Jurnalis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Beberapa lulusan Sastra Arab sengaja memilih jurusan ini seringnya memang ingin bercita-cita sebagai seorang jurnalis. Biasanya kamu akan diterima di televisi, koran bahkan radio.

Dan untuk gaji, tergantung jam terbang dan. bobot dari wawancara yang sesuai dengan berita kenyatannnya.

Apakah kamu tertarik dengan profesi jurnalis ini?

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

3. Menjadi Duta Negara

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Lulusan Sastra Arab tak menutup kemungkinan kamu juga akan bekerja sebagai seorang duta negara. Jadi, tak harus lulusan Hubungan Internasional saja yang bisa berpastisipasi.

Kamu bisa menjadi dua perwakilan Indonesia di Timur Tengah dengan bekerja di kantor diplomat dan atau kantor konsulat.

4. Bekerja Sebagai Penulis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Suka bahasa asing, terutama Bahasa Arab? Suka menulis juga? Nah, pekerjaan sebagai penulis di bidang Bahasa Arab sangat direkomendasikan buat kamu. Ini bisa menjadi prospek kerja jurusan sastra arab yang menyenangkan.

Seringnya jika menjadi penulis, kamu bekerja melakukan riset tentang karya orang lain yang berbahasa Arab.

Jika kamu konsisten menekuni bidang ini, kamu mungkin saja berkesempatan menjadi penulis besar dan terkenal.

5. Menjadi Pengajar

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Lulusan Sastra Arab tentu juga memiliki peluang bekerja sebagai pengajar. Baik itu pengajar sebagai dosen di kampus-kampus. Atau pengajar sebagai guru di sekolah-sekolah.

Namun jika memang memutuskan untuk menjadi dosen, tentunya kamu harus meneruskan kuliahnya hingga minimal jenjang master.

Gaji untuk atau dosen biasanya berkisar sekitar 5 jutaan. Namun itu belum termasuk tunjangan lain.

6. Bekerja Sebagai Penerjemah

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Namanya juga jurusan Sastra Arab. Profesi yang bisa digeluti juga tak akan jauh dengan yang namanya menerjemahkan bahasa. Menjadi seorang penerjemah juga merupakan prospek kerja jurusan sastra arab yang menjanjikan.

Memang sih, kamu tak akan menemukan peminatan di jurusan Sastra Arab. Namun tentu jurusan ini tetap akan memberikan peluang untuk berkarier menjadi penerjemah.

Untuk fee, biasanya tergantung pada  jam terbang dan keahlianmu dalam menerjemahkannya.

7. Bekerja Sebagai Tour Guide

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Buat kamu para lulusan Sastra Arab, kamu ternyata juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan kariermu sebagai seorang tour guide atau pemandu wisata loh! Kamu bisa menggeluti profesi ini di negara Timur Tengah.

Untuk masalah fee, jangan tanya lagi ya. Bahkan jika keahlianmu dalam bahasa dan memandu orang semakin mahir, tentunya fee yang kamu dapatkan juga akan semakin besar.

Apalagi selain untuk bekerja, kamu juga memiliki kesempataan untuk berwisata. Seru bukan?

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Farmasi

Setelah Lulus Dari Jurusan Sastra Arab

Setelah lulus nanti kamu bisa memilih salah satu profesi yang ingin kamu tekuni. Nah pilihlah profesi dan pekerjaan yang paling kamu minati.

Kemudian, untuk para lulusan SLTA yang sedang bingung memilih jurusan, maka memilih jurusan Sastra Arab bisa menjadi sebuah alternatif. Sebab, program studi Sastra Arab juga merupakan jurusan yang memiliki peluang kerja menjanjikan.

Itulah beberapa peluang prospek kerja jurusan Sastra Arab yang mungkin bisa kamu geluti. Semoga bermanfaat, ya! Oia, kira-kira kamu berminat jadi apa nih setelah lulus nanti?

BERI KOMENTAR