7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Ada banyak prospek kerja Sastra Inggris setelah lulus kuliah nanti. Berikut ini adalah peluang kerja yang paling populer dan menjanjikan.

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

CEROBOH – Di telinga mayoritas masyarakat, kuliah jurusan Sastra Inggris tentu saja sudah tidak aneh lagi didengar oleh telinga mereka. Apalagi Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sangat penting kedudukannya.

Hampir seluruh jurusan memiliki SKS dengan mata kuliah Bahasa Inggris. Sebab, jika kita ingin maju dan berkembang kita harus mahir berbahasa Inggris.

Peluang Kerja Jurusan Sastra Inggris

Nah, jika membicarakan jurusan di perguruan tinggi, barang pasti topik yang tak lupa dibahas adalah peluang atau prospek kerjanya. Tak terkecuali dengan jurusan populer satu ini, yaitu Sastra Inggris.

Lantas, apa saja peluang kerja jurusan Sastra Inggris yang memiliki peluang tinggi untuk ditempati?

Yuk langsubg saja simak penjelasan tentang prospek kerja jurusan Sastra Inggris yang memiliki. peluang tinggi untuk ditempati:

1. Menjadi Jurnalis/Wartawan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Peluang kerja pertama yang bisa dijadikan peluang untuk anak lulusan Sastra Inggris adalah bahwa kamu bisa menjadi jurnalis atau wartawan majalah.

Biasanya tugas jurnalis atau wartawan yaitu membuat penelitian dan penelusuran mengenai topik tertentu. Kemudian ditulis dalam bentuk artikel atau kolom berita.

Jika membahas mengenai honor, biasanya honor wartawan tergantung jam terbangmu. Dan juga bobot dari hasil penelitianmu, apakah menarik dan sesuai atau tidak?

2. Bekerja Sebagai Penulis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Peluang kerja berikutnya untuk anak jurusan Sastra Inggris yaitu kamu berkesempatan bekerja sebagai penulis.

Bagi kamu yang suka banget dengan Bahasa Inggris, sekaligus suka menulis. Pekerjaan ini sangat direkomendasikan deh, buat kamu!

Apalagi di zaman digital yang semakin canggih ini, para perusahaan media banyak mencari para lulusan sastra untuk menempati posisi sebagai copywriter atau content writer. 

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang

3. Menjadi Pengajar

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Prospek kerja jurusan Sastra Inggris berikutnya adalah menjadi pengajar. Baik sebagai guru di sekolah, atau sebagai dosen di universitas-universitas.

Namun perlu diperhatikan, bahwa kalau kamu memutuskan menjadi dosen, barang pasti kamu harus melanjutkan studimu hingga minimal jenjang master.

Gaji untuk atau dosen biasanya berkisar sekitar 4-5 juta. Eits! Ini belum termasuk tunjangan lainnya ya!

4. Bekerja Sebagai Penerjemah

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris ternyata juga memberikan peluang buat para mahasiswa-mahasiswi lulusan Sastra Inggris untuk berkarier menjadi penerjemah.

Tak hanya dalam bentuk tulisan, namun juga dalam bentuk lisan. Apalagi anak Sastra Inggris sering dijadikan kamus berjalan buat teman-temannya ketika kesulitan menerjemahkan sesuatu.

 Untuk masalah gaji, biasanya bergantung jam terbang yang sudah kamu tempuh. Juga, kemahiranmu menerjemahkan sesuatu.

5. Menjadi Seorang Sastrawan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Prospek kerja jurusan Sastra Inggris berikutnya adalah menjadi seorang sastrawan. Sejatinya, anak sastra, termasuk Sastra Inggris memang paling cocok berkecimpung di dunia sastra menjadi seorang sastrawan.

Kamu bisa menjadi seorang cerpenis, atau mungkin novelis. Bahkan penulis essai.

Meski memang profesi ini tak mutlak bagi anak sastra Inggris. Namun bukankah yang namanya jurusan sastra yang dipelajari adalah ilmu sastra?

6. Berkarier Sebagai Editor

Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Di zaman yang semakin digital, juga banyaknya perusahaan penerbitan dan media, peluang pekerjaan editor semakin banyak dicari.

Apalagi kini banyak buku-buku dan tulisan-tulisan dari luar Indonesia yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Editor dan penulis tentu sangat dibutuhkan, bukan?

Jadi, bagi kamu para lulusan Sastra Inggris, kamu berkesempatan besar di bidang ini. Apakah kamu tertarik?

7. Bekerja Sebagai Tour Guide

Peluang Kerja Jurusan Sastra Inggris

Buat kamu para lulusan Sastra Inggris dan jurusan sastra asing lain, kamu juga berkesempatan untuk mengembangkan kariermu untuk berprofesi menjadi tour guide. Atau sebutan lainnya pemandu wisata.

Jangan tanya masalah gaji. Bahkan jika keahlianmu memandu turis dan mahir berbahasa, tentunya uang yang kamu dapatkan juga akan semakin tinggi.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Teknik Industri

Setelah Menjadi Sarjana Sastra Inggris

Setelah lulus kuliah nanti, kamu bisa memilih profesi yang paling diminati. Selain ketujuh profesi yang sudah dijelaskan, sebenarnya masih ada banyak profesi lainnya yang cocok dengan sarjana Sastra Inggris.

Kemudian, untuk kamu yang baru lulus SLTA, mulai saat ini nggak usah ragu lagi untuk kuliah jurusan Sastra Inggris. Sebab, lulusan program studi ini memiliki peluang kerja yang terbuka lebar.

Itulah beberapa peluang prospek kerja jurusan Sastra Inggris yang mungkin bisa kamu tempati dan menjanjikan di masa depan. Semoga bermanfaat, ya!

BERI KOMENTAR