6 Prospek Kerja Seni Kriya dan Gajinya

Prospek kerja seni kriya masih sangat terbuka lebar bagi lulusan jurusan seni kriya, ada banyak pilihan profesi yang bisa dipihih.

CEROBOH.COM – Jika kamu memutuskan untuk masuk jurusan seni, tentu banyak sekali keluarga, rekan, teman atau siapapun itu yang bertanya lebih lanjut, “Eh, kamu masuk jurusan seni apa, sih?” dan kadang-kadang kamu malah bingung mau menjawab bagaimana—karena ya, banyak yang tidak paham apa itu seni kriya. Sebab, jurusan seni kriya ini termasuk salah satu jurusan yang masih asing di kalangan ibu-ibu maupun anak muda sekalipun.

Seni kriya sendiri adalah seni yang bernilai aestetik dan unik yang kemudian diterapkan atau diaplikasikan melalui sebuah media. Misalnya saja, logam, kayu, tanah liat dan masih banyak lagi media-media lain yang berhubungan dengan seni kriya.

Jika membahas mengenai prospek kerja jurusan seni kriya, tentu saja memiliki prospek yang sangat bagus di beberapa pekerjaan seni—dan bisa dibilang ini sangat menjanjikan. Jika kamu lulus, kamu akan memiliki keahlian menjadi seniman bidang kriya yang tentunya memiliki nilai jual yang sangat tinggi di pasaran.

Lalu, sebetulnya apa saja sih prospek kerja seni kriya yang bisa dijadikan gambaran?

Nah, tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa prospek kerja di jurusan seni kriya yang mungkin bisa kamu jadikan referensi jika kamu ingin mengambil jurusan seni kriya jika kamu masuk perkuliahan:

1. Menjadi Fashion Desainer

prospek kerja seni kriya

Peluang kerja pertama untuk anak lulusan seni kriya adalah kamu bisa menjadi seorang fashion desainer. Nah, kamu bisa membuat model-model fashion yang sedang booming dan sedang trend saat itu. Kamu bisa memodifikasinya menjadi lebih indah. Tentu saja hal seperti ini akan diminati banyak orang.

Jika kamu bisa menjual habis desain-desain fashion yang telah kamu ciptakan, kamu bahkan bisa mendapatkan uang hingga ratusan juta rupiah, loh. Biasanya, jika dirata-rata, menjadi fashion desainer memperoleh pendapatan dari 5 juta hingga ratusan juta rupiah per bulannya. Keren, kan?

2. Menjadi Pengrajin Patung dan Wayang Kulit

prospek kerja seni kriya

Selain menjadi seorang fashion desainer, prospek kerja seni kriya yaitu bisa menjadi seorang pengrajin—terutama pengrajin patung pahat dan juga pengrajin wayang kulit. Jika kamu ingin menjadi pengrajin patung, kamu tahu bahwa peminat patung ini sangatlah tinggi.

Beberapa orang sengaja membeli hiasan patung untuk digunakan sebagai hiasan di rumah sebagai hiasan ruang tamu atau hiasan kolam di rumahnya.

Selain sebagai pengrajin patung, kamu bisa menjadi pengrajin wayang kulit. Nah, kalau ini kamu bis membuat toko wayang untuk kemudian seni-seni wayangmu bisa kamu pasang dan kamu jual di toko tersebut. Jangan tanya penghasilan deh. Pasti besar.

3. Menjadi Seorang Fabric Desainer

prospek kerja seni kriya

Prospek kerja seni kriya berikutnya peluang kerja seni kriya adalah menjadi seorang fabric desainer. Mungkin pekerjaan ini masih terdengar asing bagi beberapa kalangan. Namun, gajinya juga lumayan besar. Gaji rata-rata per bulan bisa sampai 5 juta rupiah, loh. Biasanya, fabric desainer ini dibutuhkan oleh beberapa perusahaan yang bergerak di bidang fashion.

Apa sih tugas seorang fabric desainer? Nah, biasanya mereka yang kemudian mengolah, mengaplikasikan dan menggabungkan beberapa teknik untuk menghasilkan bahan yang sesuai—maksudnya sesuai dengan kebutuhan desain berikutnya. Apakah kamu tertarik menjadi seorang fabric desainer?

Baca juga: Prospek Kerja PGPAUD dan Peluang Kariernya

5. Menjadi Seorang Interior Fabric Desainer

prospek kerja seni kriya

Selain fabric desainer, ada yang namanya hampir sama namun pekerjaannya tentu saja berbeda. Jadi, sesuai dengan namanya ini, jobdesk seorang fabric desainer ini adalah membantu mendesain bagian interior agar material yang digunakan cocok dan pas dengan dekorasi sebuah ruangan—biasanya berkaitan dengan bahan dan kainnnya.

Untuk gaji seorang interior fabric desainer bisanya berkisar antara 4 juta rupiah perbulan. Ini rata-rata yaa. Jadi bisa lebih besar atau mungkin bisa lebih kecil.

5. Menjadi Konsultan Desainer

prospek kerja seni kriya

Prospek kerja seni kriya yang selanjutnya adalah menjadi seorang konsultan desainer. Nah, pilihannya ada dua. Kamu melamar kerja di perusahaan yang membutuhkan konsultan desainer dan yang kedua adalah menjadi konsultan desainer di rumah—bekerja secara freelancer.

Jadi, jobdesk bagi lulusan seni kriya ini adalah kamu bisa membuat prediksi tren di masa mendatang. Setelah itu kamu bisa menciptakan berbagai ide produk untuk kemudian dikemas dan dikeluarkan para waktunya nanti.

6. Menjadi Pengrajin Tenun

prospek kerja seni kriya

Jika kamu lulusan seni kriya, hasil kemampuanmu selama kuliah itu bisa kamu manfaatkan untuk menenun atau membuat kerajinan tenun. Nantinya, kamu bisa menjualnya di tempat wisata, di rumah makan atau mungkin di pameran.

Jika kamu sudah memiliki keahlian digital marketing, kamu bisa promosi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan masih banyak lagi.

Demikianlah beberapa prospek kerja seni kriya yang mungkin bisa kamu jadikan referensi jika kamu masuk ke jurusan seni kriya. Semoga membantu ya!

Tulisan lainnya: Prospek Kerja Kedokteran Gigi dan Gaji Yang Diperoleh

BERI KOMENTAR