9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah

Prospek kerja Sosiologi setelah lulus kuliah ada banyak pilihannya. Berikut ini dirangkum menjadi 9 prospek kerja jurusan sosiologi yang menjanjikan.

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
ilustrasi freepik/@freepik

CEROBOH – Tahukah kamu? Bahwa walaupun jurusan Sosiologi tak begitu populer layaknya jurusan ekonomi, jurusan kebidanan ataupun jurusan teknik. Namun ternyata prospek kerjanya berpeluang tinggi loh.

Jika kamu kuliah lulusan Sosiologi, ke depan kamu diharapkan untuk mampu mengubah masyarakat dengan ilmu sosial yang telah kamu kantongi.

Perusahaan-perusahaan besar kini gencar mencari lulusan Sosiologi untuk bekerja di kantor mereka. Jadi, buat kamu para mahasiswa lulusan Sosiologi tak perlu khawatir. Kurangi kecemasanmu akan sulitnya mencari pekerjaan.

Sebab jurusan Sosiologi memiliki banyak sisi pembelajaran dalam mempelajari sosial kemasyarakatan. Seperti misalnya dari sisi media, sisi lingkungan, sisi ekonomi, hingga sisi teknologi.

Penasaran kan, apa saja pekerjaan yang cocok dan bisa ditempati oleh para lulusan Sosiologi?

Inilah 9 prospek kerja Sosiologi yang cocok dan menjanjikan:

1. Menjadi Pekerja Sosial (Social Worker)

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@aarodriguez15

Peluang kerja pertama buat kamu para lulusan Sosiologi, kamu bisa menjadi pekerja sosial yang bertugas mendukung dan memandu para klien secara profesional dalam melewati masa-masa sulit dalam hidup mereka.

Misalnya saja, kamu bisa memberikan support kepada para tuna wisma, pecandu narkoba atau mungkin peminum alkohol berat. Hingga bahkan kamu juga bisa bertugas memberikan support kepada orang-orang yang kesehatan mentalnya kurang.

Kamu bisa bekerja di banyak sektor. Baik hukum maupun non hukum. Mulai dari rumah sakit, sektor publik, sekolah sampai organisasi-organisasi sukarela.

2. Menjadi HRO (Human Resource Officer)

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@maria_coleccionalexandra

Buat kamu yang berkuliah di jurusan Sosiologi, kamu berkesempatan menjadi seorang Human Resource Officer. Mungkin pekerjaan ini masih terdengar asing di beberapa orang.

Nah, rekruitment HRO ini biasanya dibuka oleh para perusahaan-perusahaan terutama perusahaan swasta. HRO sendiri bertugas untuk melakukan rekruitment perusahaan, mengurus pembayaran, pengurus praktik kerja karyawan hingga penyusun laporan kondisi kerja.

Biasanya gaji yang ditawarkan sebagai seorang HRO di berbagai perusahaan swasta berkisar hingga 4 juta rupiah. Tergantung juga para kebijakan perusahaannya.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Biologi

3. Bekerja Sebagai Seorang Konselor

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@lizaroso

Konselor merupakan seseorang yang bertugas memberikan bantuan kepada orang-orang dalam menelusuri dan mengeksplor emosi serta perasaan mereka—yang ada kaitannya dengan pengalaman yang pernah mereka alami.

Nah, buat kamu lulusan Sosiologi, ternyata kamu juga bisa menjadi seorang konselor. Namun tentu saja seorang konselor harus pandai mendengarkan problema-problema yang dialami kliennya.

Jadi keahlian berempati dan memahami permasalahan hidup orang lain juga harus dimiliki seorang konselor. Dengan begitu, para klien yang sebelumnya bingung dan tidak tahu harus melakukan hal apa, akan terbuka jalan untuk mereka dalam menghadapi tantangan hidup ke depannya.

Tak seperti spikolog yang juga bertugas memberikan advice-advice tertentu. Namun konselor memberikan kesempatan klien untuk diberikan piliha -pilihan dalam melakukan tindakan ke depannya.

4. Menjadi Housing Manager

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@lizaroso

Mungkin beberapa orang masih asing dengan pekerjaan satu ini. Nah, jadi housing manajer itu seseorang yang mengatur dan mengelola perumahan tertentu. Misalnya saja asosiasi perumahan, penyedia akomodasi dan sebagainya.

Biasanya mereka kantornya berbasis di kantor perumahan lokal, atau mungkin langsung di kantor pusat tempat mereka bekerja.

Housing manajer juga mengurus hal-hal dasar mengenai perbaikan perumahan atau mungkin gangguan tetangga.

5. Menjadi Pengajar (Dosen)

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@knowcrunch

Buat kamu mahasiswa Sosiologi, tentu saja juga memiliki kesempatan besar menjadi seorang pengajar. Baik menjadi seorang guru, ataupun mengajar di kampus-kampus. Prospek kerja Sosiologi ini juga terbilang menjanjikan.

Selain di kampus-kampus dan sekolah kamu juga bisa mengajar di organisasi sukarela, di pusat pendidikan masyarakat hingga bahkan bisa mengajar di penjara.

Untuk jenjang pendidikannya, itu tergantung pada profesional apa yang kamu pilih. Misal jadi dosen, tentunya harus melanjutkan kuliah tingkat master terlebih dahulu.

6. Bekerja SebagaiAdvice Worker

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@knowcrunch

Lulusan Sosiologi juga bisa bekerja sebagai seorang advice worker. Nah, tugas seorang advice worker biasanya menjadi konsultan dengan memberikan nasihat dan saran secara rahasia kepada pada klien.

Saran-saran tersebut mencakup bidang keuangan klien, pekerjaan, perumahan hingga bahkan pendidikan. Seringnya saran-saran tersebut disampaikan melalui tatap muka langsung, telepon ataupun email.

Untuk masalah gaji, tentu saja ini tergantung kredibilitasmu. Semakin tinggi kredibilitas yang kamu miliki, semakin besar pula gaji yang kamu peroleh.

7. Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@dewi.centong

Instansi-instansi pemerintah melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil juga memberikan peluang besar kepada para lulusan Sosiologi.

Mulai dari Departemen Sosial, Menko Kesra, Departemen Pendidikan Nasional hingga Bappernas ataupun Bappeda.

Namun untuk gaji, tentunya tergantung karir yang kamu rintis di instansi tersebut. Semakin tinggi karirmu, makan semakin tinggi kelas dan gajimu.

8. Menjadi Public Relations (Hubungan Masyarakat)

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@knowcrunch

Orang-orang juga menyebut pekerjaan PR ini dengan nama Humas (Hubungan Masyarakat). Biasanya tugas mereka berada di bidang fungsi organisasi.

Seperti misal menjalin hubungan dengan konsumen, komunitas, lembaga hingga media.

Tugas PR yang berkaitan dengan menjalin hubungan, tentunya dia harus memiliki keahlian mumpuni dalam memahami konsumen, kelompok ataupun karyawan agar kerjasama tetap terjalin dengan baik.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Astronomi

9. Bekerja Sebagai Market Research Analyst

9 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@knowcrunch

Pada beberapa perusahaan, mereka membuka peluang kerja sebagai market research analyst. Nah, jurusan Sosiologi juga berkesempatan untuk terjun di pekerjaan ini.

Tugas seorang MRA biasanya melakukan riset pasar. Misalnya membuat peta mengenai kebutuhan dan gaya hidup beberapa kelompok masyarakat. Untuk itu, kamu juga harus memiliki kemampuan meneliti dan menganalisis data.

Demikian beberapa prospek kerja Sosiologi yang bisa memberikan peluang kepadamu. Jadi kamu tertarik dengan pekerjaan yang mana?

BERI KOMENTAR