9 Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Prospek kerja statistika setelah lulus kuliah banyak sekali pilihannya. Berikut ini saya jelaskan sembilan yang paling banyak diminati.

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah
ilustrasi freepik @pch-vector

Ceroboh.com – Bagi beberapa masyarakat, mungkin jurusan Statistika terdengar asing di telinga mereka. Namun jika sudah disebutkan bahwa statistika adalah anakan dari Matematika, mereka jadi lebih paham.

Statistika bergelut pada perhitungan Matematika. Bedanya, Statistika lebih berfokus pada cara mengumpulkan, menganalisis serta memberikan sajian data dalam bentuk yang lebih mudah untuk dimengerti.

Jika bertanya mengenai karier dan prospek kerja, tentu saja saya akan menjawab banyak banget! Jenis pekerjaan di bidang Statistika pun bermacam-macam. Mulai dari bekerja di instansi pemerintah hingga menjadi seorang wirausaha.

Lalu sebenarnya apa saja prospek kerja jurusan statistika setelah lulus kuliah?

Berikut ini saya jelaskan 9 prospek kerja Statistika yang paling banyak diminati:

1. Prospek Kerja Sebagai Peneliti

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Sebagai lulusan yang memang diajari untuk pandai mengambil sampel data. Lalu menganalisis hingga menyajikannya ke dalam bentuk laporan yang mudah dipahami.

Untuk gaji jangan ditanya deh. Gaji seorang peneliti atau researcher tentu saja tinggi. Hal ini dikarenakan, tanggung jawab dari seorang peneliti besar dan tidak sepele.

2. Prospek Kerja Sebagai Pengajar

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Jurusan Statistika juga sangat mungkin untuk menjadi seorang pengajar. Alias menjadi dosen jurusan Statistika. Namun, kamu harus melanjutkan studimu hingga ke jenjang S1 atau S3.

Untuk masalah gaji kemungkinan besar mencapai jutaan karena banyaknya honor-honor seperti insentif, tunjangan kehormatan dan masih banyak lagi.

3. Bekerja di BUMN

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Siapa sih, yang nggak bercita-cita menjadi pegawai BUMN dengan gaji dua digit? Nah, bagi kamu lulusan Statistika, kamu memiliki kesempatan emas untuk bekerja di BUMN.

Tak bisa dipungkiri, keahlian seorang statistikawan dalam mengumpulkan, mengolah sekaligus menganalisa data sangat dibutuhkan oleh BUMN.

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja

4. Bekerja di BPS (Badan Pusat Statistik)

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Jurusan Statistika memang terkenal dengan tempat kerjanya yang paling populer. Yaitu bekerja di institusi pemerintah bernama Badan Pusat Statistik.

Untuk masalah gaji dan kenyamanan sudah tak ditanyakan lagi. Sebab selain gaji pokok yang kamu dapatkan, kamu juga akan memperoleh gaji tunjangan mulai 2,5 juta hingga bahkan 30 jutaan. Waw keren kan!

5. Prospek Kerja Menjadi PNS

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Tahu nggak sih. Kuliah di jurusan Statistika ternyata tak hanya berkesempatan menjadi pegawai di perusahaan swasta saja. Namun juga mendapat kesempatan bekerja di instansi pemerintah sebagai seorang PNS.

Banyak kementrian-kementrian yang membuka peluang kerja buat para lulusan Statistika. Seperti Kementrian Pertanian, Kementrian Perhubungan hingga Kementrian Pendidikan pun butuh tenaga statistik.

Gaji yang diperoleh juga tak main-main. Bahkan hingga puluhan juta!

6. Bekerja Di Lembaga Survei

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Menjadi seorang penganalisa dan pengolah data handal tentunya juga berkesempatan bisa bekerja di Lembaga Survei atau di Lembaga Riset.

Memang sih. Gaji yang ditawarkan lembaga survei tak ada yang tahu karena dirahasiakan. Ini dikarenakan mereka butuu para pekerja yang jujur. Seperti dalam pengambilan data ataupun dalam menganalisanya.

7. Menjadi Seorang Konsultan Statistika

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Siapa bilang seorang statistikawan tak bisa menjadi seorang freelancer? Tentu saja bisa dong! Nah Kamu bisa membuka konsultasi mengenai statistika ataupun jasa pengolahan data.

Gaji yang ditawarkan untuk setiap konsultasi atau jasa pengolahan data lumayan besar, loh! Tertarik menjadi seorang konsultan statistik?

8. Bekerja di Kantor Perbankan

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Bekerja di kantor perbankan juga bisa menjadi kesempatan yang mungkin diraih oleh seorang lulusan statistik.

Berkarir di perbankan juga tak sulit untuk seorang statistik dibanding jurusan lain.

Lihat juga: Etos Kerja Orang Jepang yang Bisa Ditiru

9. Berwirausaha

Prospek Kerja Jurusan Statistika Setelah Lulus Kuliah

Kadang-kadang ada lulusan statistik yang bercita-cita menjadi seorang wirausahawan. Kamu bisa mengembangkan bakatmu di dunia wirausaha.

Bagaimana? Tertarik menjadi seorang pekerja kantoran atau wirausaha? Intinya lulusan statistik bisa semua!

Demikian beberapa prospek kerja statistika. Jadi, kamu sudah pilih bekerja di mana?

BERI KOMENTAR