7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Ada banyak prospek kerja jurusan Teknik Elektro yang bisa dipilih setelah menjadi sarjana. Berikut ini adalah peluang kerja yang paling menjanjikan.

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

CEROBOH – Jurusan teknik elektro biasanya masih satu fakultas dengan Fakultas Teknik yang menaungi banyak jurusan teknik. Nah, teknik elekto lebih spesifik mempelajari tentang ilmu kelistrikan.

Ilmu kelistrikanyang dipelajarinya, sangat luas. Mulai arus listrik sederhana, hingga perakitan peralatan elektronik atau bisa juga pengembangan teknologi di bidang kelistrikan.

Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro

Di zaman sekarang, yang dimana teknologi semakin pesat. Lulusan elektro banyak dicari oleh perusahaan-perusaan. Sehingga peluang karier untuk sarjana elektro sangat terbuka lebar.

Membaca peluang tersebut, tak aneh banyak yang berminat melanjutkan kuliah di jurusan teknik elekro. Salah satunya mungkin kamu yang sedang membaca tulisan ini.

Apa saja sih peluang kerja jurusan teknik elektro itu?

Berikut ini akan saya jelaskan terkait 7 prospek kerja jurusan teknik elektro setelah lulus kuliah nanti:

1. Menjadi Ahli Robotik

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Pertama, peluang karier yang paling menjanjikan adalah menjadi ahli robotik. Seorang ahli robotik pekerjaannya adalah menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang kerobotan.

Mulai dari merancang sistem robot, membuat pemrograman robot, hingga melakukan pengembangan pada robot yang sudah ada.

Nah, setelah lulus nanti, kamu tentu bisa menjadi ahli robotik. Maka dari itu, manfaatkan sebaik mungkin fasilitas-fasilitas ketika masih kuliah. Gunakan fasilitas itu untuk terus belajar dan berkarya di bidang robotik.

Sehingga pas lulus nanti, kamu tinggal mengembangan ilmu yang sudah didapat. Atau bisa bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang mengembangakan dunia kerobotan.

Baca juga: Negara Paling Aman Untuk TKI

2. Menjadi Ahli Kelistrikan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Menjadi ahli di bidang kelistrikan juga merupakan peluang karier jurusan teknik elektro.

Tugas utama dari ahli kelistrikan adalah membangun sistem kelistrikan yang aman dan efektif. Serta membuat instalasi kelistrikan yang bisa digunakan di kehidupan sehari-hari.

Selain itu seorang ahli kelistrikan apabila bekerja di instansi pemerintah, maka ia bertugas mengawasi instalasi listrik yang digunakan masyarakat. Dan memastikan semuanya sesuai prosedur yang berlaku sesuai regulasi dan aturan yang ada.

Menjadi seorang ahli, tentu merupakan prospek kerja jurusan teknik elektro yang menjanjikan. Sebab seorang ahli kelistrikan akan dibayar dengan bayaran yang besar.

3. Menjadi Mekanik Kelistrikan Otomotif

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Lulusan teknik elektro juga bisa bekerja di perusahaan otomotif, yaitu menjadi mekanikyang menangani kelistrikan kendaraan.

Tugas mekanik kelistrikan pada dunia otomotif adalah mengimplementasikan ilmu kelistrikan yang sesuai prosedur pada kendaraan yang diproduksi oleh perusahaan otomotif.

Mekanik kelistrikan juga bertugas mengawasi para pekerja lapangan, apakah penerapan kelistrikan kendaraan sudah sesuai standar atau belum.

Nah, kamu bisa menjadi mekanik kelistrikan di perusahaan otomotif setelah lulus nanti. Dan ini bisa menjadi peluang kerja yang menjanjikan bagi para fresh graduate.

4. Menjadi Spesialis Keamanan Produk

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Prospek kerja jurusan teknik elektro yang berikutnya adalah menjadi spesialis keamanan produk. Jadi, sebelum produk dipasarkan secara masal ke konsumen, biasanya produk di uji coba tingkat kualitas dan keamanannya.

Di sinilah peran seorang spesialis keamanan produk, tugasnya adalah menjamin bahwa produk siap pakai dan aman untuk digunakan oleh konsumen.

Khusus lulusan elektro, biasanya menguji keamanan arus listrik pada produk yang menggunakan arus listrik.

Bekerja menjadi spesialis keamanan produk juga merupakan prospek kerja yang menjanjikan. Kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan elektronik yang sekarang makin berjamuran. Tentu dengan tawaran gaji yang menjanjikan.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

5. Menjadi Teknisi Perusahaan Komunikasi

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Perusahaan komunikasi juga tidak terlepas dari dunia kelistrikan. Maka dari itu para sarjana teknik elektro sangat berpeluang untuk bekerja menjadi teknisi di perusahaan komunikasi.

Prospek karier di perusahaan komunikasi juga sangat menjanjikan. Kamu bisa mendapatkan gaji yang lumayan besar. Dan ada jenjang karier yang bisa kamu raih. Prospek kerja jurusan teknik elektro yang recommended banget.

6. Menjadi Pegawai PLN atau PNS

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Perusahaan Listrik Negara atau PLN adalah salah satu perusahaan milik pemerintah atau kita sering mendengarnya BUMN.

Pegawai di BUMN biasanya merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil, sehingga ini merupakan peluang karier yang menjanjikan.

Selain kamu bisa mendapatkan gaji pokok, kamu juga bisa mendapatkan tunjangan dan dana pensiunan. Enak kan jadi PNS?

7. Menjadi Pengusaha Elektronik

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Terakhir, peluang kerja jurusan teknik elektro sangat berpeluang menjadi seorang pengusaha. Khususnya pengusaha elektronik.

Menjadi seorang pengusaha merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan. Sebab kamu bisa mendapatkan penghasilan yang tidak dibatasi. Bahkan bisa lebih besar dari para pegawai atau PNS.

Artikel lainnya: Peluang Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Setelah Lulus Dari Jurusan Teknik Elektro

Setelah lulus dan menjadi sarjana teknik elektro, kamu bisa memilih beberapa profesi yang sudah dijelaskan di atas. Profesi tersebut merupakan profesi yang paling recommended. Namun, sebenarnya masih banyak lagi profesi yang bisa digeluti oleh lulusan teknik elektro.

Bagi kamu yang baru lulus SLTA, mulai saat ini nggak usah ragu lagi untuk kuliah jurusan teknik elektro. Sebab, setelah lulus nanti peluang kerjanya sangat terbuka lebar.

Demikianlah pembahasan tentang 7 prospek kerja jurusan teknik elektro setelah lulus kuliah nanti. Kamu bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan minatkmu. Nah, sekarang pekerjaan apakah yang kamu minati setelah lulus dari teknik elektro nanti?

BERI KOMENTAR