7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Berikut ini akan dijelaskan beberapa prospek kerja jurusan teknik industri setelah lulus nanti. Terutama peluang kerja yang paling menjajikan.

7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri
ilustrasi freepik/macrovector

CEROBOH – Teknik industri merupakan salah satu jurusan teknik yang mempelajri dunia industri. Mulain dari sistem manajemen hingga pengelolaannya.

Jurusan Teknik industri meliputi tiga unsur utama, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri dan sistem industri.

Jika kamu nanti mengambil jurusan Teknik Industri maka akan mempelajari seputar peningkatan, perancangan dan penerapan sistem terintegritas yang menggabungkan peran manusia, peralatan, material dan energi.

Peluang Kerja Jurusan Teknik Industri

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini perkembangan industri semakin pesat. Sehingga tak aneh jika banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri. Melihat fenomena ini, maka berkuliah di jurursan Teknik Industri merupakan peluang besar untukk bekerja di dunia industri.

Apa saja sih peluang kerja jurusan teknik industri setelah lulus kuliah nanti?

Berikut ini saya jelaskan terkait 7 prospek kerja jurusan teknik industri yang paling menjanjikan banyak diminati:

1. Menjadi Teknisi Produksi Manufaktur

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Lulusan teknik industri sangat berpeluang menjadi seorang teknisi produksi manufaktur. Tugas utama dari teknisi produksi manufaktur adalah mengoprasikan mesin manufaktur, mulai dari perisapan, pengecekan hingga melakukan seting peralatan sesuai kebutuhan produksi.

Menjadi teknisi produksi manufaktur merupakan peluang kerja yang sangat berpeluang besar. Sebab, saat ini banyak perusahaan industri yang membutuhkan teknisi manufaktur.

Ini juga merupakan peluang karier yang menjanjikan. Sebab, gajinya terbilang cukup besar.

2. Menjadi Operator Pabrik dan Sistem

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Prospek kerja jurusan teknik industri berikutnya adalah menjadi operator pabrik dan sistem. Yang tugasnya adalah mengoprasikan dan memantau semua proses dan sistem mesin dapat berjalan dengan baik. Sehingga dapat tercipta kualitas yang baik, adanya efesiensi dan tentu menjaga keamanan sistem yang sedang digunakan.

Jika kamu tertarik, tentu ini merupakan peluang yang menjanjikan. Menjadi operator pabrik merupakan tugas yang berat. Karena harus bisa mengawasi selururuh penggunaan peralatan industri. Maka tak aneh, jika gaji seorang operator pabrik jauh lebih besar dari pegawai pabrik biasa.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

3. Menjadi Teknisi Keselamatan Industri

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Bekerja dengan mesin dan peralatan berat menupakan sebuah pekerjaan yang banyak resokonya. Maka dari itu untuk menjaga keselamatan, maka diperlukan seorang teknisi keselamatan industri. Dan ini menjadi peluang kerja jurusan teknik industri.

Jadi, seorang teknisi keselamatan industri memiliki tugas menciptakan sistem kerja yang aman, standarisasi keamanan pabrik, hingga membuat prosedur pengerjaan produksi.

Intinya, tugasnya adalah bertanggung jawab terhadap keselamatan karyawan di sebuah perusahaan industri atau pabri.

Karena pekerjaannya begitu beresiko. Maka, teknisi keselamatan industri harus tau betul prosedur operasional mesin. Sehingga gajinyapun terhitung besar.

4. Menjadi Manajer Produksi Industri

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Prospek kerja jurusan teknik industri berikutnya adalah menjadi manajer produksi industri. Tugas utama dari seorang manajer produksi adalah mengawasi seluruh aktifitas proses produksi. Mulai dari persiapan bahan baku, hingga menjadi produk siap jadi siap jual.

Nah, jadi seorang manajer produksi membawahi seluruh karyawan yang bekerja di bagian produksi. Jadi, ia sangat bertanggung jawab terhadap semua kegiatan produksi yang ada.

Menjadi seorang manajer merupakan jabatan yang lumayan tinggi, tak aneh jika mereka dibayar besar. Maka dari itu, setelah lulus dari jurusan Teknik Industri, kamu sangat berpeluang menjadi manajer produksi industri.

5. Menjadi Spesialis Keselamatan Lingkungan

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Seorang sarjana Teknik Industri juga bisa bekerja sebagai spesialis keselamatan lingkungan. Jika kamu bekerja di bidang ini maka tugasnya adalah melakukan penelitian terhadap kesehatan dan kesalamatan lingkungan di sekitar kawasan industri.

Jadi kamu nanti bisa meneliti seputar limbah, asap, atau pencemaran lain yang bisa berdampak terhadap lingkungan.

Setelah itu, kamu juga harus bisa mencari solusi terhadap pencemaran yang dihasilkan oleh aktifitas industri.

Menjadi spesialis keselamatan lingkungan juga merupakan salah satu profesi yang menjanjikan. Nantinya, kamu bisa di bayar besar oleh perusahaan.

6. Menjadi Logistics Specialist

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Prospek kerja jurusan teknik industri selanjutnya yaitu bisa menjadi Logistics Specialist. Profesi ini tugasnya adalah mengawasi penggunaan logistik di sebuah perusahaan. Selain itu, juga bertugas mengawasi seluruh rantai pasok pada sebuah proses produksi.

Sehingga, ia juga bertanggung jawab dan memastikan kebutuhan bahan pokok. Sehingga dapat diproduksi dengan baik, efektif dan efisien.

7. Menjadi Quality Control Product

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Pada sebuah proses produksi, tentu selalu ada standar kualitasnya. Maka dari itu diperlukan seorang teknisi Quality Control yang bertugas memastikan kualitas produk benar-benar sesuai standar.

Sehingga ketika produk akan di distribusikan kepada konsumen, tidak ada produk yang cacat atau tidak sesuai standar.

Menjadi Teknisi Quality Control merupakan peluang kerja yang menjanjikan. Kamu bisa di gaji dengan nomonal yang lumayan besar.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Sastra Arab

Setelah Lulus Dari Jurusan Teknik Industri

Setelah lulus nanti dan menjadi sarjana teknikindustri, kamu bisa memilih profesi yang sudah dijelaskan tadi. Namun, sebenarnya masih banyak lagi profesi lainnya yang bisa kamu tekuni. Yang dijelaskan hanyalah sebagian besar saja.

Dan untuk kamu yang baru lulus SLTA, tidak usah ragu untuk kuliah di jurusan teknik industri. Sebab, program studi yang satu ini, memiliki peluang kerja yang terbuka lebar.

Demikianlah pembahasan seputar peluang dan prospek kerja jurusan teknik industri setelah lulus. Nah, kira-kira setelah lulus nanti, kamu ingin bekerja menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR