7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Prospek kerja teknik informatika sangat terbuka lebar, setelah lulus SLTA, kamu bisa memilih jurusan informatika. Simak peluang kerjanya!

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

CEROBOH – Pesatnya perkembangan teknologi melahirkan tatanan baru di bidang digital dan komputerisasi. Dan salah satunya adalah terbuka lebarnya peluang dan prospek kerja bagi para lulusan informatika. Khususnya teknik informatika.

Kebutuhan terhadap tenaga kerja di bidang teknologi semakin tinggi saja. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya permintaan lulusan Teknik Informatika di berbagai perusahaan.

Terutama di perusahaan-perusahaan startup yang sedang berkembang.

Nah, bagi kamu yang membaca peluang ini, tentu tidak akan menyia-nyiakannya. Setelah lulus SLTA, bisa langsung mengambil jurusan Teknik Informatika.

Teknik Informatika merupakan program studi yang mempelajari ilmu seputar komputerisasi. Mulai dari perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), hingga menciptakan sebuah intruksi dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Lalu, apa saja sih peluang kerja teknik informatika setelah lulus nanti?

Berikut ini akan dijelaskan 7 prospek kerja jurusan teknik informatika paling menjanjikan:

1. Menjadi Programer Software

Peluang kerja yang pertama adalah menjadi seorang programer software. Seorang programer software pekerjaannya adalah membuat sebuah software yang bisa digunakan oleh masyarakat. Dan bisa membantu aktifitas orang-orang.

Nah, kamu bisa memilih untuk menjadi programer software PC, atau memilih menjadi programer software untuk Handphone. Seperti aplikasi android atai aplikasi iphone.

Menjadi seorang programer merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Sebab, sekali dapat projek pembuatan software, kamu bisa dibayar dengan nominal yang cukup besar.

2. Menjadi Web Developer

Selanjutnya, prospek kerja jurusan teknik informatika adalah menjadi seorang web developer. Web developer merupakan profesi yang pekerjaannya merancang sebuah situs web. Baik situs web berbasis aplikasi, atau website berbasis user seperti website berita.

Menjadi seorang web developer juga merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan. Sebab, pekerjaan merancang website bukanlah pekerjaan yang mudah. Sehingga, tak aneh jika banyak perusahaan yang berani membayar mahal seorang web developer.

Baca juga: Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Hukum

3. Menjadi Konsultan IT

Konsultan Informatika merupakan profesi yang tugasnya menyelesaikan masalah seputar teknologi informasi. Sehingga, bisa tercipta sebuah solusi yang dapat diaplikasikan oleh klien yang menggunakan jasanya.

Konsultan IT juga merupakan salah satu peluang kerja yang cukup menggiurkan. Sebab, bayaran seorang konsultan IT tidaklah main-main. Bahkan bisa sampai 2 digit, dalam satu kali projek.

4. Menjadi Admin Database

Prospek kerja jurusan teknik informatika selanjutnya adalah menjadi admin database. Perusahaan yang pelayanannya menggunakan sistem komputerisasi, maka akan ada database yang harus dijaga dan dilindungi.

Nah, seorang admin database tugasnya adalah menghimpun database, menjaganya, dan memastikan database tersebut terjamin kerahasiaannya. Selain itu, tugasnya adalah mengolah database menjadi sebuah informasi penting bagi perusahaan.

Seorang admin database merupakan profesi yang menjanjikan, sebab kamu bisa dibayar besar oleh perusahaan.

5. Menjadi Teknisi Jaringan Komputer

Berikutnya, setelah lulus dari jurusan Teknik Informatika, kamu juga bisa menjadi seorang teknisi jaringan komputer. Seorang teknisi jaringan komputer pekerjaannya adalah membuat sebuah jaringan komputer, baik berbasis LAN, ataupun berbasis online.

Nah, seorang teknisi jaringan komputer juga bertanggungjawab terhadap semua instalasi jaringan yang digunakan. Sehingga, jika ada kerusakan atau error maka teknisi inilah yang bertugas memperbaikinya.

Menjadi seorang teknisis jaringan komputer juga merupakan profesi yang menjanjikan. Kamu bisa mendapatkan gaji yang besar dari perusahaan tempatmu bekerja nanti.

6. Menjadi Analis Sistem Komputer

Prospek kerja jurusan teknik informatika berikutnya adalah menjadi seorang analis sistem komputer. Tugas pokok seorang analis sistem komputer adalah menganalisa sebuah sistem komputer yang akan digunakan oleh perusahaan.

Yang dianalisa adalah seluruh aspek sistem komputer yang akan digunakan. Baik dari segi aspek kemudahan, efektifitas, efisiensi hingga kepada aspek bisnisnya. Juga tak lupa yang terpenting adalah aspek keamanan.

Menjadi seorang analis sistem komputer memang lumayan berat tugasnya. Namun semua itu, sepadan dengan bayaran yang diberikan perusahaan. Sehingga profesi ini merupakan profesi yang dikatakan menjanjikan.

7. Membangun Startup

Terakhir, setelah lulus dan menjadi sarjana teknik informatika, kamu bisa menjadi seorang pengusaha yang menciptakan startup sendiri.

Ini merupakan peluang yang sangat menjanjikan. Sebab, jika startup yang kamu rintis bisa menyelesaikan banyak masalah di lingkungan masyarakat. Maka kemungkinan besar perusahaan startup yang kamu rintis, akan semakin maju.

Bagaimana tertarik?

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Setelah Lulus Dari Jurusan Teknik Informatika

Setelah lulus dari teknik informatika nanti, kamu bisa memilih salah satu profesi yang paling kamu minati. Dan ketujuh poin di atas adalah yang direkomendasikan.

Namun, sebenarnya ada banyak profesi yang bisa digeluti oleh para lulusan teknik informatika. Maka dari itu, nggak usah ragu lagi untuk masuk kuliah jurusan teknik informatika.

Demikianlah pembahasan seputar prospek kerja jurusan teknik informatika setelah lulus nanti. Kira-kira kamu tertarik menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR