7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Prospek kerja teknik lingkungan ternyata sangat terbuka lebar, berikut ini akan dijelaskan peluang kerja teknik lingkungan yang paling menjanjikan.

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

CEROBOH – Beberapa dari kalian mungkin agak sedikit asing dengan jurusan Teknik Lingkungan. Sebenarnya, jurusan Teknik Lingkungan ini belajar tentang apa saja, sih?

Nah, Teknik Lingkungan sendiri merupakan salah satu jurusan yang di kampus yang belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan. Untuk itu, lulusan Teknik Lingkungan dituntut untuk memberikan solusi atas permasalahan lingkungan yang ada.

Misalnya saja seperti bagaimana mengelola lingkungan dengan baik, bagaimana konservasi sumber daya air. Atau mungkin bagaimana cara mengendalikan pencemaran lingkungan akibat limbah dari pabrik-pabrik dan perusahaan. Intinya lulusan Teknik Lingkungan bertugas meminimalisir human error.

Peluang Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Well, bicara tentang jurusan kuliah, tentu saja pembahasannya tak akan jauh-jauh dengan pembahasan mengenai peluang kerja.

Apa sih, profesi yang mungkin bisa ditempati oleh para lulusan Teknik Lingkungan ini?

Berikut akan dipaparkan mengenai prospek kerja jurusan Teknik Lingkungan yang berpotensi besar untuk ditempati:

1. Menjadi Ahli Ekologi

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Prospek kerja pertama untuk para lulusan Teknik Lingkungan yaitu menjadi ahli ekologi. Jadi tugas ahli ekologi ini memiliki fungsi utama mensurvei, indentifikasi, melakukan rekaman dan juga memantau suatu spesies.

Menjadi ahli ekologi diharuskan mampu mengelola ekosistem mulai dari tanaman, hewan dan sekaligus manusia sendiri. Nah, biasanya ahli ekologi bisa menentukan. sendiri bidang yang digelutinya. Seperti misal bidang laut, darat, flora, fauna dan masih banyak lagi.

Untuk gaji seorang ahli ekologi berkisar hingga 4,5 juta hingga bahkan bisa mencapai 8 juta rupiah. Ini tergantung kebijakan perusahaan yang kamu tempati.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

2. Bekerja Sebagai Konsultan Lingkungan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Peluang kerja berikutnya bagi kamu yang kuliah di jurusan Teknik Lingkungan yaitu kamu berkesempatan bekerja sebagai konsultan lingkungan.

Jadi tugas utama dari seorang konsultan lingkungan adalah meliputi penelitian dan pengindentifikasian mengenai permasalahan lingkungan.

Biasanya konsultan lingkungan menempati instansi pemerintah sebagai konsultan lingkungan. Atau organisasi-organisasi yang berhubungan dengan industri air.

3. Manajer Pengelolaan Energi

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Lulusan Teknik Lingkungan juga berkesempatan menjadi seorang manajer yang mengelola energi. Nah, sebenarnya tugas utama manajer ini adalah bekerja dalam hal peningkatan efisiensi energi.

Jadi, mereka melakukan monitoring dan memanajemen pemanfaatan energi dalam perusahaan. Selain itu, mereka juga mengajak masyarakat untuk memanfaatan. sumber daya baru.

Untuk gaji tentunya tak diragukan lagi. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai 5 juta rupiah. Dan tentunya ini tergantung kebijakan perusahaan yang kamu tempati.

4. Bekerja di bidang Pemeliharaan Kualitas Air

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Prospek kerja jurusan Teknik Lingkungan berikutnya yaitu bekerja di bidang pemeliharaan kualitas air. Jadi, tugas utamanya adalah menjaga agar kualitas air memenuhi standar yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, tugas lain dari para pemelihara kualitas air ini meliputi solusi-solusi efektif tentang regulasi dan kualitas suatu air.

Mulai dari air minum, air tanah hingga air permukaan seperti muara, danau ataupun sungai.

5. Bekerja Sebagai Insinyur Energi

Peluang Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Apakah kamu lulusan Teknik Lingkungan yang tertarik menjadi seorang insinyur? Nah, seperti profesi sebagai insinyur energi cocok untuk kamu tempati.

Jadi, insinyur energi ini melibatkan tugas-tugas mengenai produksi energi seperti energi biofuel, ekstraksi minyak dan juga gas, tenaga surya hingga tenaga air. Tentu saja ini profesi yang seru dong, buat kamu yang memiliki rasa penasaran yang tinggi.

Peran insinyur energi juga tak jauh-jauh dari pengembangan energi baru untuk memastikan bahwa energi yang dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tercukupi.

6. Bekerja di Konservasi Alam

Peluang Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Buat para lulusan Teknik Lingkungan, kamu juga berkesempatan bekerja di konservasi alam. Jadi tugas utamanya mengelola dan melindungi serta berperan dalam. peningkatan kualitas lingkungan.

Lingkungan apa sih, yang dilindungi oleh para petugas konservasi alam yaitu lingkungan hutan, gunung, sungai, pesisir hingga padang rumput. Mereka juga berperan dalam mengajak masyarakat untuk sadar akan pengelolaan lingkungan.

Untuk gaji yang didapatkan para petugas konservasi alam sekitar 4 juta hingga 5 juta. Ini tergantung perusahaan yang kamu tempati.

7. Bekerja Sebagai Manajer Lingkungan

Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Peluang kerja jurusan Teknik Lingkungan adalah bekerja sebagai seorang manajer lingkungan.

Tugas utama manajer lingkungan biasanya memeriksa lingkungan seperti lingkungan lembaga instansi pemerintah, perusahaan hingga organisasi-organisasi nirlaba.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Seni Rupa

Setelah Lulus Dari Jurusan Teknik Lingkungan

Apakah kamu tertarik bekerja di bidang manajer lingkungan? Demikian beberapa prospek kerja jurusan Teknik Lingkungan yang berpotensi besar untuk ditempati para lulusan Teknik Lingkungan. Semoga membantu dan bermanfaat!

BERI KOMENTAR