7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

Prospek kerja teknik telekomunikasi saat ini sangat terbuka lebar, berikut ini beberapa peluang kerja teknik telekomunikasi yang bisa digeluti.

7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi
ilustrasi freepik/Katemangostar

CEROBOH– Apa itu jurusan Teknik Telekomunikasi? Sesuai dengan namanya, jurusan Teknik Telekomonukasi merupakan jurusan yang di dalamnya belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dunia pertelekomunikasian. Seperti belajar tentang sistem komunikasi teknik digital maupun sistem komunikasi seluler.

Dan tahukah kamu? Bahwa jurusan Teknik Telekomunikasi sudah eksis sejak tahun 1990-an silam. Jadi, zaman-zaman itu telepon rumah mulai. ada dan berkembang. Jadi lulusan jurusan Telekomunikasi waktu itu banyak yang diburu oleh instansi pemerintah dan perusahaan demi kepentingan perkembangan telekomunikasi negara.

Jika kita berbicara mengenai jurusan kampus, tentu saja pembahasannya tak jauh berbeda dengan peluang atau prospek kerja ke depannya. Tak terkecuali jurusan Teknik Telekomunikasi.

Nah, lalu apa saja sih profesi yang berpeluang tinggi bisa ditempati para lulusan Teknik Telekomunikasi? Lulusan Telekomunikasi kerja dimana?

Langsung saja yuk, simak beberapa prospek kerja jurusan Teknik Telekomunikasi yang berpeluang tinggi bisa ditempati:

1. Bekerja Sebagai IT Security and Big Data

Prospek Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

Prospek kerja yang pertama yang berpeluang bagi para lulusan Teknik Telekomunikasi adalah bekerja sebagai IT Security and Big Data.

Nah, tugas utama seorang IT Security ini meliputi pengaturan dan perencanaan atas seluruh layanan keamanan dan kebutuhan big data para konsumen.

Untuk bekerja di bidang ini, kamu harus memiliki keahlian seperti pandai berkomunikasi Bahasa Inggris, percaya diri, menguasai ilmu IT dan masih banyak lagi.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Seni Rupa

2. Bekerja Sebagai Arsitek Database

Prospek Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

Prospek kerja lulusan Teknik Telekomunikasi yaitu bekerja sebagai seorang arsitek database. Jadi tugas utama arsitek database ini adalah membangun sistem database dalam suatu perusahaan.

Selain itu, arsitek database juga bertanggung jawab atas penyembangan pemrograman dan juga keamanan atas database perusahaan.

Untuk gaji yang didapatkan oleh arsitek database biasanya berkisar 5 juta hingga 7 juta rupiah per bulannya.

3. Kerja Sebagai Teknisi Mekanik Radio

Prospek Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

Peluang kerja jurusan Teknik Telekomunikasi selanjutnya yang bisa dijadikan peluang menjanjikan yaitu menjadi seorang teknisi mekanik radio.

Nah, tugas mekanik radio ini meliputi perbaikan peralatan pemancar dan penerima sinyal frekuensi radio. Biasanya frekuensi radio ini dimanfaatkan sebuah perusahaan untuk servis kendaraan darurat.

Untuk gaji tentu saja bisa mencapai puluhan. juta rupiah.

4. Programmer Komputer

Peluang Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

Prospek kerja jurusan teknik telekomunikasi selanjutnya yang bisa digeluti oleh para lulusan Teknik Telekomunikasi adalah menjadi progammer komputer. Tahukah kamu apa tugas seorang programmer komputer.

Nah, tugas utama programmer komputer ini adalah melakukan perancangan, pengembangan serta pengujian terhadap code, script dan form yang dijalankan aplikasi komputer.

Untuk gaji seorang programmer jangan ditanyakan lagi. Bahkan bisa mencapai 7 juta rupiah untuk fresh graduate!

5. Arsitek Jaringan Komputer

Peluang Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

Selain bisa melebarkan sayap kariernya menjadi seorang arsitek database, para lulusan Teknik Telekomunikasi juga berkesempatan bekerja menjadi arsitek jaringan komputer.

Jika tugas arsitek database merancang data perusahaan, nah, untuk arsitek jaringan bertugas merancang jaringan komputer dan informasi.

Untuk gaji yang didapatkan para arsitek jaringan berkisar antara 5 juta hingga 7 juta rupiah per bulannya.

6. Menjadi Wireless Engineer

Peluang Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

Prospek kerja yang bisa kamu tempati selanjutnya bagi kamu para lulusan Teknik Telekomunikasi adalah menjadi seorang wireless engineer.

Tugas seorang wireless engineer ini meliputi instalasi POP, Maintenance POP, Monitoring jaringan wireless POP hingga mengoptimasi jaringan wireless. Intinya, berkaitan dengan jaringan wireless.

Untuk gaji berkisar antara 4 juta hingga 6 juta rupiah. Ini juga tergantung perusahaan yang kamu tempati dan pengalaman yang telah kamu dapatkan selama ini.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Desain Produk

7. Bekerja di Perusahaan Telekomunikasi

Peluang Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi

Buat kamu para lulusan Teknik Telekomunikasi, kamu memiliki kesempatan tinggi untuk bekerja di berbagai perusahaan telekomunikasi seperti di perusahaan Indosat Ooredoo atau di XL Axiata. Bahkan mungkin bisa juga di Telkomsel.

Beberapa posisi yang bisa kamu tempati meliputi marketing analyst, fixed proposition spesialist dan beberapa posisi lain.

Untuk gaji di perusahaan telekomunikasi tergantung dengan posisi yang kamu tempati di perusahaan tersebut.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan Teknik Telekomunikasi yang berpeluang tinggi bisa ditempati para lulusan Teknik Telekomunikasi. Apakah kamu sudah memutuskan untuk memilih profesi mana yang paling sesuai dengan kemampuan atau impianmu?

BERI KOMENTAR