7 Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut Dan Peluang Kariernya

Pada artikel ini akan dijelaskan prospek kerja jurusan transportasi laut yang bisa kamu pilih sebagai jenjang karier, pilihlah sesuai passionmu!

Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut Dan Peluang Kariernya
ilustrasi freepik / @freepik

CEROBOH – Indonesia merupakan negara kepulauan. Di samping itu, Indonesia memiliki perairan yang luas. Bahkan daratan Indonesia kalah dengan luas lautnya.

Karena itulah, banyak sekali kampus-kampus yang membuka Jurusan Transportasi Laut.

Memang sih, di beberapa sekolah menengah atas, jurusan ini terdengar tak begitu populer dibanding dengan jurusan lain seperti Ekonomi, Akuntansi, Pertanian dan sebagainya. Namun, siapa sangka ternyata prospek kerjanya sangat besar.

Lantas, apa saja sih peluang kerja transportasi laut yang bisa dijadikan peluang?

Yuk simak beberapa prospek kerja jurusan transportasi laut yang mungkin bisa kamu jadikan peluang di masa depan:

1. Bekerja di Kepelabuhan

Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut Dan Peluang Kariernya
foto instagram/@fadlisyarief_

Prospek kerja pertama yang bisa dijadikan peluang bagi mahasiswa lulusan Transportasi Laut yaitu bekerja di kepelabuhan dan galangan kapal.

Gaji yang kamu dapatkan juga cukup besar. Bahkan hingga puluhan juta. Ini biasanya tergantung pada kebijakan perusahaan tempat kamu bekerja. Apakah kamu tertarik di bekerja di kepelabuhan?

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

2. Kerja di Instansi Pemerintah

Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut Dan Peluang Kariernya
foto instagram/@brahma_digo_abraham

Prospek kerja buat para lulusan Transportasi laut selanjutnya yaitu kamu bisa bekerja di instansi pemerintah. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Biasanya instansi pemerintah yang membuka lapangan kerja untuk anak Transportasi Laut yaitu Kementrian Kelautan dan Perikanan dan mungkin Dinas Perhubungan.

Gajinya pun sangat besar. Mulai dari 3 jutaan hingga bahkan jika ditambah tunjangan lain bisa mencapai puluhan juta!

3. Kerja di Sektor Industri Perikanan

Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut Dan Peluang Kariernya
foto instagram/@laut _imyour_dyfa

Buat kamu lulusan Transportasi laut, kamu juga berkesempatan bekerja di sektor industri perikanan. Kamu bisa menempati posisi sebagai manajer logistik atau mungkin manajer distribusi.

Biasanya perusahaan perikanan tersebut memberikan tawaran gaji hingga dua digit. Bahkan gajinya bisa mencapai 65 US dollar. Jadi, jangan lewatkan juga kesempatan ini ya!

4. Bekerja di Industri Manufaktur

Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut Dan Peluang Kariernya
foto instagram/@ternate_skyscrapercity

Prospek kerja jurusan Transportasi Laut berikutnya adalah bekerja di industri manufaktur. Industri ini biasanya butuh lulusan Transportasi Laut untuk menempati posisi bagian urusan proses pengiriman.

Di industri manufaktur, kamu akan menempati posisi kerja di batian distribusi. Tugasnya yaitu mengoptimalkan proses oengadaan bahan baku dan produksi dan juga proses pengiriman.

5. Bekerja di Perusahaan Minyak dan Gas

Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut Dan Peluang Kariernya
foto instagram/@rachmad.widianto

Jangan salah, ya. Lulusan Transportasi Laut ternyata juga mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan minyak dan gas. Posisi yang ditempati biasanya sebagai staf logistik atau staf distribusi.

Untuk masalah gaji, namanya perusahaan migas tentu saja bisa mencapai dua digit. Jadi, dijamin banyak keuntungan bekerja di perusahaan milik negara, atau milik swasta ini!

6. Menjadi Pengajar Di Kampus

Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut Dan Peluang Kariernya
foto instagram/@echonium

Untuk bekerja sebagai pengajar di Perguruan Tinggi tentunya kamu butuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi hingga master bahkan doktor.

Untuk gaji dosen, paling sedikit biasanya sekitar 5 jutaan. Namun ini baru gaji pokok. Banyak tunjangan lainnya.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Ilmu Politik

7. Bekerja di Perbankan

Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut Dan Peluang Kariernya
foto instagram/@nur_zhima

Lulusan Tranportasi laut juga memiliki kesempatan dalam bekerja di perbankan. Sebab ketika kuliah Transportasi Laut juga belajar mengenai manajemen keuangan dan juga ilmu ekonomi. Tepatnya di Pembiayaan Infrastruktur Maritim.

Untuk gaji di bank, tawarannya juga menggiurkan. Kamu bisa mendapatkan gaji hingga dua digit per bulannya. Apakah kamu tertarik juga?

Demikian prospek kerja jurusan transportasi laut yang mungkin bisa kamu jadikan peluang di masa depan. Semoga membantu, ya. Kira-kira setelah lulus kuliah nanti, kamu berminat menjadi apa?

BERI KOMENTAR