5 Rahasia Kebebasan Finansial dan Kunci Sukses Mencapainya

Yuk ketahui rahasia kebebasan finansial yang banyak diimpikan orang-orang. Berikut ini kunci sukses untuk menggapainya, Praktikan sekarang!

Rahasia Kebebasan Finansial
ilustrasi dari freepik.com

CEROBOH – Sebelum membahas mengenai langkah-langkah yang harus ditempuh menuju kebebasan finansial, sebaiknya kita mengetahui dulu. Terkait kebebasan finansial itu sendiri.

Apa sih, kebebasan finansial?

Jadi intinya kebebasan finansial adalah ketika ada seseorang yang meskipun sudah tak bekerja, namun ia tetap bisa berpenghasilan.

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk menempuh kebebasan finansial dengan baik? Nah, untuk menempuhnya tentu kita membutuhkan strategi-strategi matang.

Sebab kita tak akan bisa menempuhnya dengan sembarangan. Harus pakai cara dan strategi yang benar-benar diperhitungkan sejak awal.

Artinya, orang yang kaya memiliki banyak aset, namun ternyata masih bekerja, dia tak bisa disebut bebas dari finansial.

Lalu, apa sih rahasia kebebasan finansial?

Berikut ini adalah beberapa langkah yang mungkin bisa kamu terapkan dalam meraih kebebasan finansial:

1. Lunasilah Hutangmu, Setelah Itu Jangan Hutang Lagi

Rahasia Kebebasan Finansial dan Kunci Sukses Mencapainya
Foto instagram/@brightspotmarketing

Langkah pertama yang perlu kamu tempuh untuk meraih kebebasan finansial adalah sebaiknya segera lunasi hutang-hutang. Dan tentu jangan pernah membuat hutang lagi.

Sejak sekarang, buatlah daftar list hutangmu. Siapa saja pihak yang kamu hutangi, serta berapa total hutang yang kamu punya.

Kenapa? Kalau kamu berhutang, kemungkinan kamu akan terkena bunga. Dan bunga itu yang membuat kamu bekerja keras dan sulit keluar dari zona bebas finansial.

Ini artinya. Jika hutangmu semakin menumpuk, kemungkinan besar kamu semakin jauh dari kata bebas finansial. Jadi, segeralah niat cicil hutang dari sekarang tanpa harus membuat hutang baru.

Baca juga: Ciri Kebebasan Finansial

2. Berani Mengambil Risiko Meraih Kebebasan Finansial

Rahasia Kebebasan Finansial dan Kunci Sukses Mencapainya
Foto instagram/@eulilianepimentel

Tips selanjutnya kamu harus memilik keberanian dalam mengambil risiko untuk meraih kebebasan finansial yang kamu niatkan sejak awal.

Nah, untuk mencapai keberanian itu, pola pikir dan prinsipmu sebaiknya diubah. Dari berpikir berkeinginan menjadi pekerja kantor, berubah menjadi seorang pengusaha sukses masa depan.

Nah. Untuk mempersiapkannya, kamu juga harus menyediakan cadangan biaya. Misalnya saja dalam kurun waktu tertentu kamu sengaja menyisihkan sebagian gajimu untuk modal menjadi pengusaha.

Jadi kamu tidak asal mengubah pola pikir, namun juga mempersiapkan risiko pola pikirmu itu.

Jadi butuh strategi, perhitungan dan juga keberanian yang penuh kesiapan.

3. Bikinlah Anggaran Pengeluaranmu

Rahasia Kebebasan Finansial dan Kunci Sukses Mencapainya
Foto instagram/@gladys_klt

Rahasia kebebasan finansial yang bisa kamu praktekan berikutnya adalah membuat rencana anggaran. Langkah yang ini juga tak kalah penting dari langkah lain.

Pasalnya, membuat daftar list pengeluaran akan mencegah kita untuk berperilaku boros dan anggaran belanja yang jebol.

Tapi tak hanya sekadar membuat daftar saja. Kamu perlu mempraktikkannya dengan konsisten. Memang kadang lebih sulit berjanji kepada diri sendiri

Namun jika sudah niat kuat dari awal, pasti kamu mampu melakukannya.

Lihat juga: Kebebasan Finansial Menurut Islam

4. Investasikanlah Uang Penghasilanmu

Rahasia Kebebasan Finansial dan Kunci Sukses Mencapainya
Foto instagram/@gomezgalau

Langkah selanjutnya kamu sebaiknya menginvestasikan uang penghasilanmu. Eits! Tapi jangan sembarangan. Sebab berinvestasi butuh perhitungan dan strategi matang.

Kamu harus terlebih dahulu mencari tahu dengan detail mengenai perusahaan tempat kita berinvestasi. Kamu juga harus memiliki cara yang tepat.

Cara yang tepat maksudnya memastikan bahwa investasimu adalah investasi yang tak berjalan singkat. Tapi yang berjalan dalam kurun yang lama.

5. Menabunglah Untuk Masa Depan

Rahasia Kebebasan Finansial dan Kunci Sukses Mencapainya
Foto instagram/@keshiamwhite

Ini juga langkah penting yang perlu ditempuh untuk meraih kebebasan finansialmu. Tabunglah penghasilanmu untuk masa depan dan sekaligus untuk kepentingan dana-dana darurat.

Dana darurat sangat penting karena ini dana ini akan berguna sekali ketika kamu dalam keadaan darurat seperti kecelakaan.

Dan tentu saja dana darurat akan sangat membantumu meminimalisir pengeluaranmu.

Jika kamu menabung, kemungkinan besar kamu akan dekat dengan kebebasan finansial yang kamu impi-impikan.

Itulah beberapa rahasia kebebasan finansial yang bisa kamu praktekan. Lakukanlah secara konsisten dan tetaplah semangat. Jadi, langkah mana yang sudah kamu tempuh?

Artikel Lainnya: Produk Kebebasan Finansial

BERI KOMENTAR