8 Cara Menghilangkan Rasa Takut Untuk Memulai Usaha

Takut itu memang wajar, tapi sampai kapan dihantui oleh ketakutan itu? Yuk pelajari beberapa cara menghilangkan rasa takut untuk memulai usaha!

8 Cara Menghilangkan Rasa Takut Untuk Memulai Usaha
ilustrasi freepik/@freepik

CEROBOH – Sebagai manusia memiliki rasa takut adalah sebuah kewajaran. Termasuk salah satunya ketika akan memulai bisnis—banyak yang mengalami takut untuk memulai usha.

Baik itu takut gagal, takut bangkrut. Atau rasa takut mengecewakan pelanggan.

Namun, ketika rasa takut itu terus dipeihara, bisnis tidak akan pernah dimulai. Dan selamanya, kamu tidak memiliki penghasilan tambahan dari berbisnis.

Memulai usaha memang berat. Namun, bagaimana cara menghilangkan rasa takut untuk memulai usaha?

Inilah 8 cara menghilangkan ketakutan ketika akan memulai usaha atau bisnis:

Cara 1: Membuat Strategi yang Matang

Rasa Takut Untuk Memulai Usaha

Takut gagal ketika berbisnis merupakan rasa takut yang yang paling besar. Dan, rasa takut ini harus segera dihilangkan oleh calon pengusaha sepertimu.

Cara menghilangkan takut gagal adalah dengan cara membuat strategi yang matang.  Dengan membuat strategi yang matang, maka kamu akan meminimalisir kegagalan dalam berbisnis.

Banyak cara membuat strategi bisnis, bisa dengan:

  • Membuat analisis SWOT
  • Melakukan riset pasar
  • Menentukan produk usaha
  • Memilih target pasar yang tepat
  • Membuat strategi digital marketing

Atau kamu bisa membaca panduan tentang: Cara membuat perencanaan bisnis yang baik.

Cara 2: Belajar Tentang Ilmu Bisnis

Rasa Takut Untuk Memulai Usaha

Bisnis bukanlah hukum alam yang terjadi begitu saja. Menjalankan bisnis harus menggunakan ilmu.  Tentu, agas bisnis tidak gagal dikemudian hari.

Dengan belajar ilmu bisnis kamu jadi memiliki bekal untuk action. Sehingga ketika bisnis mengalami kendala, hambatan atau semacamnya, kamu akan lebih siap menghadapinya.

Banyak ilmu bisnis yang bisa kamu pelajari. Apalagi di zaman yang serba digital ini. Ada banyak materi bisnis yang bertebaran. Nah, kamu bisa mempelajarinya dari sekarang.

Baca-baca artikel seputar bisnis, seputar ide usaha. Atau, kamu bisa membeli buku bisnis yang ada di toko buku.

Mempelajari banyak ilmu bisnis merupakan salah satu cara menghilangkan rasa takut untuk memulai usaha.

Cara 3: Belajar pada Alhlinya

Rasa Takut Untuk Memulai Usaha

Belajar ilmu bisnis memang penting. Namun ada yang perlu kamu garis bawahi lagi. Yaitu, belajar bisnis dari ahlinya.

Siapa ahli bisnis itu?

Ahli bisnis adalah mereka yang sudah sukses membangun sebuah bisnis. Selain terlihat sukses, hasil dari bisnis mereka dapat dirasakan oleh banyak orang.

Nah, kamu bisa belajar dari orang-orang besar. Cara berpikir seorang pengusaha kadang berbeda dengan kebanyakan orang. Dengan mempelajari pola-pola ala orang sukses, kamu bisa meminimalisir kegagalan ketika memulai usaha.

Cara 4: Bergaul dengan Orang-orang Sukses

Rasa Takut Untuk Memulai Usaha

Mungkin kamu pernah mendengar perkataan orang bijak ini:

“Bergaul dengan pandai besi, dirimu akan tercium bau asap. Dan bergaul dengan tukang parfum, dirimu akan terbawa harum”.

Kurang lebih demikian. Pergaulan bisa berpengaruh terhadap keberhasilan usahamu. Mulai sekarang usahakan bergaul dengan orang-orang sukses yang sudah mempunyai usaha.

Jika sulit, maka ada alternatif—kamu bisa mengikuti perkumpulan atau komunitas bisnis. Saat ini, sudah banyak komunitas yang bergelut di dunia perbisnisan.

Nah, dengan bergaul di lingkungan ini, kamu akan dapat banyak ilmu, masukan dan wawasan baru. Selain itu, mental kamu lama-lama akan terbentuk menjadi seorang pengusaha. Sehingga tidak perlu takut lagi untuk memulai usaha.

Cara 5: Mulai Berbisnis Sampingan Dulu

Cara Menghilangkan Rasa Takut Untuk Memulai Usaha

Jika masih saja takut—maka  ada alternatif cara menghilangkan rasa takut untuk memulai usaha yaitu dengan memulai bisnis sampingan.

Nah, untuk itu kamu harus memiliki pekerjaan tetap dulu. Pekerjaan tetap ini gajinya untuk menunjang kebutuhan sehari hari. Kemudian di sela-sela pekerjaan utama, kamu bisa melakukan bisnis samingan.

Melakukan bisnis sampingan bisa diawali dengan usaha sesuai passion. Misal jika kamu suka membeli pakaian, coba kali ini untuk berpikir memulai jualan pakaian.

Simpel kan?

Cara 6: Fokus Pada Satu Bisnis Saja

Cara Menghilangkan Rasa Takut Untuk Memulai Usaha

Agar kamu tidak takut gagal ketika memulai usaha, maka bisa dengan memulai satu jenis usaha dulu saja. Kemudian, fokus pada usaha tersebut!

Kadang kala, kegagalan seorang pemula yang baru mulai usaha adalah tidak fokus. Jadi, bisanya mereka menggeluti banyak jenis usaha. Musim A jual A, musim B jual B, seperti tidak konsisten.

Untukmu, yang masih takut gagal …. Mulailah dengan satu jenis usaha saja. Jika ingin menggeluti bisnis Fotografi, maka fokus di sana, tidak perlu menerima orderan jasa pembuatan artikel.

Ingat!! Fokus, ya!

Cara 7: Tidak Mendengarkan Omongan Negatif

Cara Menghilangkan Rasa Takut Untuk Memulai Usaha

Banyak omongan-omongan negatif yang sering terdengar, sehingga kita takut untuk memulai usaha. Contohnya seperti:

“Ah udahlah, gak usah usaha mendingan fokus kerja aja di kantor!”

“Udah lah, usaha mah gak pasti penghasilannya”.

Atau nada-nada serupa yang menjadikan kita ciut untuk memulai usaha. Hasilnya, nggak jadi usaha karena terlalu memikirkan omongan negatif tersebut.

Supaya kamu nggak takut untuk memulai usaha, pastikan menutup telinga terhadap perkataan demikian. Mulailah mengambil langkah nyata untuk memulai usaha. Dan buktikan kepada mereka bahwa bisa sukses dengan membangun usaha tersebut.

Baja juga: Ide Usaha untuk Karyawan

Cara 8: Percayalah Rasa Takut itu Fana

Cara Menghilangkan Rasa Takut Untuk Memulai Usaha

Percayalah bahwa rasa takut itu hanyalah fana—dan kamu harus melawannya. Jika usahamu terbukti gagal, maka kamu bisa memulainya lagi. Ambillah pelajaran dari kegagalan bisnis yang pertama. Lalu perbaiki dan buat usaha yang lebih matang lagi.

Jika terlalu memikirkan rasa takut, pasti akan selalu ada. Ingat, takut boleh—asal disertai dengan kewaspadaan. Dentunya dengan terus belajar dan belajar.

Demikianlah bahasan tentang 8 cara menghilangkan rasa takut untuk memulai usaha. Sekarang mulailah tatap masa depan, singkirkan dulu rasa takutnya. Dan mulai berbisnis sekarang juga.

BERI KOMENTAR