Top 6 Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia

Berikut adalah rangkum sekolah pramugari terbaik yang ada di Indonesia, barangkali kamu minat diantara salah-satunya, silahkan dikepoin aja.

ilustrasi freepik / @freepik

CEROBOH – Setiap kita pasti tak asing lagi dengan pekerjaan yang disebut dengan pramugari.

Jika ada seseorang yang  berseragam rapi, berparas cantik dengan tutur kata yang ramah di dalam pesawat, kemungkinan besar dia adalah pramugari.

Jika ada perempuan muda cantik dengan tinggi yang berada di atas standar, bisa jadi cita-citanya adalah menjadi pramugari.

Tak jarang mereka mengerahkan segala cara untuk masuk ke sekolah khusus pramugari.

Jika dihitung, di Indonesia kini sudah banyak sekali sekolah pramugari.

Inilah beberapa sekolah pramugari terbaik di Indonesia yang mungkin bisa kamu jadikan patokan untuk mendaftar:

1. Sekolah Pramugari Tamtama Training Center (CTC)

Sekolah Pramugari Terbaik
Foto @tamtama_training_center

Salah satu sekolah pramugari terbaik di Indonesia yang ada di Yogyakarta ini bisa kamu tempuh selama dua tahun. Banyak kurikulum yang ada di TTC. Misalnya saja ground handling, ilmu kepramugarian atau ticketing service. Memang, fokus dari sekolah ini adalah pada pelatihan pramugari.

Fasilitas yang lengkap seperti sepatu, seragam, asrama dan sebagainya hanya perlu membayar 23 juta dan bisa dicicil selama dua kali dalam dua tahun tersebut.

Jika kamu berminat bersekolah di CTC, kamu bisa ke alamatnya yang berada di Jl. Raya Janti No. 203 Bangutapan, Yogyakarta.  Atau kamu juga bisa mengunjungi websitenya di pendidikanpramugari.com.

2. Pelatihan Pramugari Pramugara (P3) Nusantara

Pramugari Cantik di Indonesia
Foto @p3_nusantara-min

Sekolah pramugari terbaik ini terletak di daerah Yogyakarta pula. Lembaga pendidikan satu ini telah berdiri sejak tahun 2002 silam dan hingga kini sudah meluluskan sebanyak 1025 calon pramugari.

Untuk biayanya lebih mahal daripada CTC. Sekitar 43,5 juta dengan fasilitas yang cukup. Kamu bisa mengunjungi alamatnya di Jl. Polisi Istimewa No.10, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Atau jika ingin tahu lebih lanjut mengenai sekolah P3 kamu bisa mengunjungi website www.p3nusantara.co.id.

Baca juga: Kesalahan StartUp Ketika Awal Berdiri

3. Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan

Mahasiswa Sekolah Pramugari
Foto @faastpenerbangan_official

Masih dengan sekolah pramugari di Yogyakarta, basis dari FAAST (Flight Attendant and Airline Staff Training) juga merupakan ilmu penerbangan. Berbeda dengan CTC yang ditempuh selama dua tahun, di FAAST hanya ditempuh pendidikan selama tujuh bulan.

Biasanya, lima bulan pertama berfokus pada pendidikan di kampus, kemudian dua bulan sisanya adalah OJT (on the job trainee). Untuk jurusan hingga sudah lebih dari tiga jurusan loh, di FAAST. Di antaranya pendidikan pramugari, staff airlines dan pramugara juga.

Jika minat bersekolah di FAAST, biaya yang harus kamu keluarkan ada dua paket. Paket reguler sekitar 32 juta dan paket cerdas sekitar 37 juta.

Datang saja di alamatnya di Jl. Siliwangi, Mlati Krajan, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55285. Atau kunjungi websitenya di alamat sekolahpenerbangan.com.

4. Sekolah Pramugari Pelita Nusa Aviation

Sekolah Pramugari di Indonesia
Foto @pelitanusaaviation

Untuk bersekolah di Pelita Nusa Aviation, di sini menyediakan dua kelas. Pertama kelas reguler dan kedua adalah kelas eksklusif.

Perbedaannya, kelas reguler hanya membayar sekitar 17 juta untuk biaya pendaftaran dan pendidikan.

Untuk kelas eksklusif membayar sekitar 30 juta untuk pendaftaran, pendidikan sekaligus asrama.

Pelatihannya juga membutuhkan waktu tak lama kok. Hanya enam bulan masa pendidikan saja dan setelah lulus bisa langsung bisa mendaftar pramugari.

Jika ingin mendaftar, kunjungi saja alamat kampusnya di Jalan Permadi-Nyutran MG 2/1588, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta 55151. Atau kunjungi website-nya di pelitanusa.com.

5. Airlines Crew Jogja Flight Surabaya

Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia
Foto @tod.jog

Sekolah pramugari terbaik selanjutnya yang mungkin kamu bisa mendaftar adalah Sekolah Airlines Crew Jogja Flight Surabaya. Tahu nggak sih, bahwa Crew Jogja Flight adalah satu-satunya sekolah penerbangan yang mengantongi lisensi resmi dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia?

Biaya pendaftarannya murah kok. Hanya 100 ribu rupiah. Untuk biaya pendidikan kamu harus membayar sebanyak kurang lebih 25 juta beserta sumbangan uang gedung sebanyak 3,5 juta rupiah.

Dan biaya tersebut sudah paket lengkap mulai dari pembayaran lisensi, online system, seragam, sepatu, tas, kunjungan bandara, dan sebagainya.

Kunjungi saja alamat lengkapnya di Jl. Raya Kalirungkut No. 5 Komplek Rungkut Ruko Megah Raya, Blok L-40 Surabaya-Timur. Alamat websitenya kamu bisa kunjungi www.avianusantara.com.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

6. Total Outsource Development

Hingga sekarang, Total Outsource Development (TOD) telah memiliki empat jurusan pendidikan. Di antaranya adalah ground staff, perhotelan, aviation security dan juga tentunya pendidikan pramugari.

TOD ini merupakan sekolah pramugari yang berhasil mencetak lulusan kelas dunia. Untuk biaya pendidikan, biaya yang harus kamu bayar adalah sekitar 35 juta yang meliputi SPP sekitar 5 juta, DPA 10 juta dan BOP sekitar 19 juta-an.

Untuk lebih lengkapnya kunjungi saja situsnya di tod-jojga.com atau berkunjung langsung ke kampusnya di alamat Jl. HOS Cokroaminoto 26 Yogyakarta

itulah beberapa sekolah pramugari terbaik yang ada di Indonesia. Nah, kamu sudah punya ancang-acang ingin memilih sekolah yang mana?

BERI KOMENTAR