6 Alasan SEO Penting untuk Website Dan Wajib Halaman Satu!

Kenapa seo penting untuk website? Yuk, cari tau alasan-alasannya. Sehingga kamu tidak ragu-ragu lagi belajar ilmu SEO dengan benar.

Alasan SEO Penting untuk Website
ilustrasi dari freepik

CEROBOH – Tahun kemarin, banyak ditemui statement—bahwa SEO itu tidak penting lagi.

Menurut mereka, yang terpenting adalah konten. Jadi, SEO udah nggak bisa dijadikan strategi digital marketing. Yang terpenting menyediakan konten yang relevan.

Apakah anggapan tersebut benar?

Saya tidak bisa menyalahkan, karena memang tidak sepenuhnya salah. Namun, ada yang keliru dan harus diperbaiki.

Menurut saya, konten yang relevan dan berkualitas memang penting. Dan SEO juga penting untuk mendukung konten yang berkualitas itu. Jadi, ketika keduanya digabungkan—akan semakin Joss gandos.

Mungkin kamu tidak percaya, kenapa SEO penting untuk website?

Berikut ini 6 alasan pentingnya SEO untuk menunjang perkembangan Website dan digital marketing:

1. Sumber Informasi Berasal dari Mesin Pencari

Perkembangan di Dunia teknologi dan informasi, menggeser semuanya. Termasuk salah satunya prilaku manusia untuk mencari informasi. Saya akan membuat contoh sederhana;

Dari mana kamu tau artikel yang saya buat ini?

Ini adalah pertanyaan sederhana yang harus kamu jawab. Sudah pasti dari mesin pencari, kan? Jika bukan, maka hanya sebagian kecil.

Atau pertanyaan;

Jika kamu mau mencari sebuah tutorial, dari manakah kamu mendapatkan panduan tersebut?

Saya yakin sebagian besar berasal dari mesin pencari. Dan di Indonesia didominasi dari mesin pencari google.

Nah, sekarang kamu mungkin baru ngeuh, bahwa sebagian besar informasi berasal dari mesin pencari. Sisanya mungkin dari sosial media. Atau, dari media televisi dan media offline lainnya.

Maka dari itu menguasai mesin pencari sangatlah penting untuk meningkatkan pengunjung website. Dan ini bisa di dapat dengan cara belajar SEO.

2. Pelanggan Yang Mencari Kamu, Bukan Sebaliknya

Website sering digunakan untuk media bisnis. Baik bisnis dibidang media publikasi, bisnis online, atau hanya sekedar menjadi profile bisnis.

Di Dunia perbisnisan, memiliki pelanggan adalah kunci utama meningkatkan penjualan.

Nah, dengan bantuan mesin pencari dan website, kamu bisa mendapatkan calon konsumen yang benar-benar tertarik dengan bisnismu.

Kenapa demikian?

Karena dengan bantuan SEO calon konsumen yang mencari produk bisnis milikmu. Bukan kamu yang mencari-cari pelanggan secara langsung.

Artinya, SEO merupakan ilmu yang sangat penting di dunia marketing. Terutama untuk menunjang website  tampil di mesin pencari. Hasilnya, kamu akan mendapatkan konsumen yang potensial.

3. Trafik Website Dari Halaman Satu Mesin Pencari

Membuat website saja tidak cukup. Kamu harus tampil di halaman satu mesin pencari.

Kenapa website harus tampil di halaman satu?

Jawabannya simpel. Karena, ya jarang sekali ada orang yang mencari informasi hingga halaman 10 Google. Biasanya hanya yang tampil di halaman satu aja yang akan dikunjungi.

Jadi, rasanya percuma punya website tapi tidak tampil di halaman satu.

Nah, karena demikian, maka trafik website terbesar adanya dari mesin pencari halaman satu. Lalu, bagaimana supaya websitemu tampil di halaman satu mesin pencari?

Tentu, harus belajar SEO dengan benar. Bukan Spaming, ya!

4. Website Bisa Tampil Sesuai Kata Kunci yang Ditargetkan

Sebelumnya kamu sudah paham, bahwa trafik website yang terbesar bisa didapat dari mesin pencari. Mesin pencair halaman satu, ya!

Dengan belajar SEO, kamu bisa menargetkan kata kunci yang akan dibidik. Yang relevan dengan jasa atau layanan pada website.

Sehingga, kamu bisa mendapatkan calon konsumen yang benar-benar tertarik.

Misal kamu berjualan Jam Tangan. Maka kamu bisa menargetkan kata kunci seperti

  • Toko jam tangan berkualitas;
  • Harga jam tangan terbaru;
  • Jam tangan paling murah;
  • Toko jam tangan mewah di Bandung;
  • Dsb.

Jadi, ketika konsumen mengetik kata kunci di atas, yang tampil di halaman pertama adalah website milikmu. Sehingga besar kemungkinan, konsumen akan membeli jam dari website yang sudah kamu buat.

Sekarang, mulai paham kan, kenapa SEO penting untuk website? Ada beberapa pon lagi yang perlu kamu ketahui. Mari lanjut!

5. Trafik dari SEO Lebih Mudah Dikonversi Menjadi Pelanggan

Trafik dari mesin pencari akan mudah dikonfersi menjadi pelanggan.

Kenapa?

Singkatnya seperti ini;

seseorang yang mengetik kata kunci di mesin pencari Google, akan mencari informasi yang sesuai dengan keinginannnya.

Kemudian, mesin pencari seperti Google, akan menampilkan beberapa pilihan informasi. Dari halaman satu sampai halaman sekian.

Nah, ketika website kita menyediakan informasi tersebut. Maka, orang yang mengetik kata kunci tadi, bisa dikonversi menjadi calon pelanggan.

Dengan syarat, website kita di halaman satu hasil pencarian Google.

Sehingga, trafik dari SEO sangat mudah dikonversi. Khususnya untuk menjadi pelanggan. Untuk mengetahui trafik website secara akurat, kamu bisa menggunakan Google Analytics.

6. Membangun Brand Awareness dan Kredibilitas

Terakhir, SEO bisa meningkatkan kreadibilitas dan Brand Awareness. Semakin sering website yang kamu buat tampil di halaman satu pencarian Google, maka akan semakin banyak pengunjung.

Semakin banyak pengunjung, maka semakin banyak orang yang mengenal website kamu.

Semakin banyak yang mengenal, maka akan semakin “dipercayai”.

Nah, jika sudah dikenal dan dipercayai. Maka hal ini bisa meningkatkan Brand Awareness terhadap website tersebut. Khususnya pada bisnis yang ada di website tersebut.

Maka dai itu, yuk belajar SEO dari sekarang. Tentunya belajar dengan panduan yang benar.

Itulah beberapa alasan kenapa SEO penting untuk website bisnis milimu. Mulai sekarang, mari bangun website yang berkualitas, dan ciptakan trafik yang bisa dikonvesri enjadi pelanggan. Kedepannya kamu jadi punya pelanggan tetap.

BERI KOMENTAR