5 Software Animasi Terbaik untuk Seorang Animator

Kamu lagi nyari software yang bagus untuk animasi? Berikut adalah software animasi untuk animator yang paling banyak digunakan.

software animasi

CEROBOH – Di zaman yang serba digital seperti sekarang, semakin marak pula software-software yang bisa dimanfaatkan oleh para animator.

Apalagi untuk menjadi seorang animator yang dituntut punya high skill di bidangnya, tentu saja senjata utama berupa software-software animasi perlu dikuasainya.

Banyak sekali software animator, tapi setiap software barang pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Apa saja software yang bisa digunakan untuk membuat animasi?

Berikut ini adalah beberapa software animasi yang harus dikuasai para animator:

1. Software Animasi Pencil 2D

Software Animasi untuk Animator

Software animasi untuk animator pertama yang semestinya dikuasai oleh seorang animator adalah pencil 2D.

Pencil 2D akan memberikan kemudahan kepadamu untuk proses pembuatan animasimu dibanding software lain. Ini dikarenakan interface dari Pencil 2D lebih simpel.

Seperti dengan namanya, Pencil 2D memungkinkan kamu untuk membuat gambar dengan goresan pensil virtual. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan cara frame-to-frame untuk membuat animasi secara manual. Jadi, barang pasti hasilnya lebih bagus.

Tak perlu khawatir tentang harga langganan Pencil 2D. Pencil 2D bisa dimanfaatkan oleh siapapun secara free. Enaknya, software sederhana ini compatible dengan berbagai sistem operasi, semacam Mac, Windows dan Linux.

2. Software Animasi Blender

Software Animasi untuk Seorang Animator

Software animasi selanjutnya yang harus dikuasai oleh animator adalah software Blender. Fitur-fitur unggulan yang ada pada Blender lumayan banyak, dan tentu saja mudah.

Oleh sebab itu, tak salah jika Blender adalah software animasi yang paling banyak digunakan oleh animator di seluruh penjuru dunia.

Untuk format objek di dalam Blender juga sudah banyak, jadi tak perlu dicemaskan lagi jika mncari format yang tak sering dipakai. Nah, di antara  fitur unggulan yang  digunakan dalam Blender yaitu seperti modeeling, curve, retopology dan sebagainya.

Tak hanya itu, software open source yang hasil akhirnya hampir mendekati nyata ini, didukung dengan alat simulasi yang tak tanggung-tanggung maksimalnya. Kamu juga akan dimudahkan dengan user interface yang friendly.

Tak jauh berbeda dengan Pencil 2D, Blender sudah compatible dengan berbagai sistem operasi dan bisa dipakai secara cuma-cuma.

3. Software Animasi KeyShot

Software Animasi untuk Seorang Animator

Kelebihan pertama dan yang utama dari sofware animasi 3D satu ini adalah proses rendering yang cepat dan mudah, sehingga bisa dibilang aplikasi ini efisien. Dan tentu saja selain cepat, karya yang dihasilkan juga terlihat hampir mendekati real.

KeyShot dilengkapi dengan fitur kontrol kamera yang menjadikan landskap dari animasi semakin tampak real.

Ketika seorang animator sedang ingin menyelesaikan project animasi tertentu, biasanya fitur yang dimanfaatkan adalah Camera Control dan juga Flexible Access.

Selain itu, software animasi untuk animator ada pula fitur yang digunakan untuk memudahkan sang animator saat memastikan bahwa fokus sebuah objek tepat dan sesuai yang diinginkan. Nama fitur tersebut adalah Focus Caustics.

4. Software Animasi Toom Boom

Software Animasi untuk Seorang Animator

Jika kamu sudah lama mendalami dunia animasi, pasti aplikasi animasi satu ini sudah tak terdengar asing lagi di telingamu.

Hal ini dikarenakan Toom Boom memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan software animasi lain.

Pula, aplikasi animasi satu ini sangat mudah digunakan. Jadi, bagi orang-orang yang baru belajar dunia animasi akan cepat dalam memahaminya.

Perihal compatible, Toon Boom tak perlu dipertanyakan lagi. Sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux sudah compatible dengan Toom Boom dong, pastinya.

Hal ini didukung juga dengan banyak studio besar yang juga memanfaatkan Toom Boom untuk eksekusi karya-karyanya seperti Universal Studio, Dream Works, dan juga Cartoon Network.

Toon Boom dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan di antaranya camera angle dan compasitor yang memudahkan untuk mengatur sudut pandang pada objek animasi. Selain itu, ada pallete dan tool brush untuk menaruh warna pada gambarvector maupun bitmap.

Baca juga: Software Aplikasi untuk Karyawan

5. Software Animasi OpenToonz

Software Animasi untuk Seorang Animator

Software animasi terakhir yang mungkin bisa kamu gunakan ketika ingin membuat animasi adalah software animasi OpenToonz.

Software ini juga banyak digunakan oleh beberapa studio besar seperti Studio Ponoc dan Kamikaze Douga.

OpenToonz telah membantu Studio Ponoc dalam karyanya berjudul Witch’s Flower dan Kamikaze Douga dalam karyanya Batman Ninja.

Beberapa keunggulan yang ada pada OpenToonz yang sering dimanfaatkan oleh para animator adalah OpenToonz mampu menciptakan dramatisir cahaya, membuat distorsi gelombang dan juga mengubah gaya pada gambar yang ada. Lengkap sekali, bukan?

Nah, untuk berlangganan, kamu tak perlu khawatir karena OpenToonz adalah sofware animasi yang free dan bisa digunakan siapa saja baik perseorangan ataupun komersil.

Itulah beberapa software animasi untuk animator yang harus dikuasai. Ingat, ya. ketelitian adalah hal utama dalam membuat animasi yang yang bagus. Selamat menciptakan karya terbaikmu!

BERI KOMENTAR