6 Sumber Modal Usaha dan Cara Memperolehnya

Mau usaha tapi bingung cari modalnya? Yuk mari simak penjelasan tentang sumber modal usaha dan cara memperolehnya berikut ini.

6 Sumber Modal Usaha dan Cara Memperolehnya

CEROBOH – Siap berbisnis berarti siap untuk memastikan bahwa sumber dana untuk kepentingan modal termasuk hal yang sangat penting. Sebab modal nantinya akan digunakan untuk kebutuhan operasional dan sebagainya.

Tak memandang bisnis besar atau bisnis skala kecil. Namanya juga berbisnis. Tentu takkan lepas dari risiko kerugian karena sejak awal tak berhati-hati terkait pengeluaran modal yang tanpa rencana.

Tapi seringnya memang yang dihadapi oleh para pebisnis terkait usahanya tentunya adalah sumber dana untuk modal yang akan digunakan nanti.

Lalu, jika sudah terbentur dana, alternatif sumber modal darimana seorang pebisnis bisa menutupinya?

Inilah beberapa alternatif sumber modal usaha dan cara mendapatkannya yang bisa dijadikan rekomendasi:

1. Sumber Dana Dari Pinjaman Online

Sumber Modal Usaha
Fotonya @lizaa.94

Sumber alternatif pertama yang untuk sumber modal usahamu adalah sumber dana dari pinjaman online. Jika kamu mencari tahu, banyak sekali lembaga keuangan yang memberikan fasilitas program kredit yang berbasis online.

Tak serumit pinjaman berbasis offline yang kadang-kadang terlalu lama cairnya, pinjaman online justru sebaliknya. Pinjaman jenis ini cairnya jauh lebih cepat ketimbang pinjaman offline.

Meski begitu. Tetap saja ada kelemahannya. Yaitu tingginya suku bunga yang ditawarkan. Bahkan ada yang mencapai 0,8 persen per harinya.

Nah, jika kamu butuh modal dana usaha dengan cepat, mungkin kamu bisa mempertimbangkan pinjaman online sebagai alternatif.

Baca juga: Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik

2. Sumber Dana Dari Hasil Jual Aset Barang Berharga

Jika kamu terbentur sumber dana usaha akan tetapi tak ingin memiliki hutang, caranya adalah dengan menjual aset barang berharga yang kamu punya.

Misalnya saja perhiasan, barang-barang elektronik, properti dan sebagainya. Tentu itu bisa menjadi sumber modal usaha.

Kelemahannya dari menjual barang-barang seperti ini memang kadang-kadang terlalu lama. Tapi di zaman digital seperti sekarang kamu bisa memanfaatkan berbagai situs jual beli online.

Ingat ya. Aset yang dijual jangan sampai aset prioritas. Misalnya saja. Jangan sampai memilih menjual rumah ketimbang menjual mobil.

3. Sumber Dana Tabungan

Keuntungan dari menggunakan modal usaha dari tabungan adalah bahwa kita tak perlu meminjam dan tentunya juga tak lama seperti ketika harus menjual aset yang dimiliki.

Artinya risiko yang ada tak akan besar karena dana yang dipakai milik sendiri. Bukan milik orang lain.

Tapi sayangnya ada beberapa orang yang tak bisa memakai sumber dana tabungan dikarenakan tak memiliki tabungan. Jadi, sebetulnya memang harus menabung. Apalagi buat milenial.

Kita diharuskan memiliki tabungan. Lebih-lebih tabungan dalam bentuk emas atau investasi. Itu sangat penting jika suatu saat butuh dana untuk modal usaha.

Baca juga: Ide Usaha Ibu Rumah Tangga

4. Sumber Dana Dari Pinjaman Bank

Untuk sumber modal usaha selanjutnya adalah pinjaman bank. Ini direkomendasikan buat kamu uang ingin membangun bisnis dengan modal yang besar.

Tak salah jika ingin mengajukan pinjaman ke bank, persyaratannya cukup sulit dan rumit. Kamu diharuskan untuk memberikan dokumen penting seperti Akta nikah (apabila sudah menikah), fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi buku tabungan, slip gaji serta bukti seluruh tagihan dan cicilan telah lunas dibayarkan.

Selain syarat, kamu juga harus bisa menerangkan dengan lengkap aja tujuan dari usaha yang ingin kamu bangun. Jadi kamu harus bisa meyakinkan pihak bank bahwa kamu usahamu punya prospek bagus di masa depan nanti.

Di bank, kamu bisa mengajukan dana seperti dana KTA, kredit investasi, KUR atau jenis pinjaman lain dengan syarat-syarat tertentu.

5. Sumber Dana Menggadaikan Barang

Untuk sumber dana usaha selanjutnya kamu bisa menggadaikan barang berharga yang kamu punya. Misalnya saja emas atau motor atau mungkin barang berharga lainnya.

Dengan menggadaikannya kamu tak serta merta kehilangan barangmu sebab suatu saat kamu bisa menebusnya kembali. Memang kadang tak mudah. Tapi berpikirlah ini hanya sementara.

Nanti kalau sudah maju usahamu, kamu bisa mengambilnya kembali dari PT Pegadaian (Persero). Nah, pegadaian juga sangat membantu bagi kamu pelaku UMKM. Bunganya pun tak terlalu besar.

Dengan meminjam dana dari pegadaian bisa mendapatkan biaya hingga satu miliyar sesuai ketentuan yang berlaku.

Namun usahakan carilah pegadaian yang terdaftar di OJK ya. Supaya kamu memperoleh jaminan perlindungan hukum.

Artikel lain: Contoh Usaha Perseorangan

6. Sumber Dana Koperasi Simpan Pinjam

Alternatif sumber modal usaha terakhir yang mungkin bisa kamu coba adalah dana koperasi simpan pinjam. Biasanya lembaga keuangan ini memberikan tawaram yang ditujukan khusus untuk para anggota koperasinya sendiri.

Biasanya cara kerja koperasi lebih ke bentuk kekeluargaan dan demokratis. Jadi, kemungkinan besar bunganya lebih rendah dibanding lembaga keuangan bentuk lain. Tentunya bisa dicicil dengan tak memberatkan debitur.

Biasanya kamu nanti akan diminta persyaratan berupa fotokopi KK, KTP, rekening listrik, slip gaji serta jaminan.

Mungkin saja kamu tertarik dengan pinjaman jenis koperasi ini untuk modal usaha?

Itulah beberapa sumber modal usaha dan cara memperolehnya yang bisa kamu jadikan alternatif jika kamu tak memiliki dana untuk usaha bisnismu. Yang penting jangan lupa untuk berhati-hati dalam memutuskan untuk meminjam dana dari lembaga-lembaga keuangan, ya!

BERI KOMENTAR