8 Tambang Emas Di Indonesia Yang Paling Besar

Banyak sekali tambang emas di indonesia, berikut ini saya jelaskan lokasi-lokasi dan tempat tambang emas yang paling besar dan terkenal.

Tambang Emas Di Indonesia Yang Paling Besar
ilustrasi freepik/@studiogstock

CEROBOH – Tak bisa dipungkiri, emas merupakan logam mulia yang dielu-elukan banyak orang. Kemilaunya yang memukau mampu membuat banyak orang menyukai logam mulia satu ini.

Bahkan beberapa tahun terakhir, emas dianggap sebagai media investasi terbaik. Hal ini disebabkan, setiap tahun harga emas cenderung stabil atau bisa jadi malah naik.

Tahukah kamu? Bahwa, alam Indonesia dikenal dengan kekayaan mineral tambangnya yang melimpah. Terutama kekayaan tambang emas.

Tak bisa dipungkiri, Indonesia masuk dalam salah satu negara penyumbang emas terbesar di dunia.

Nah, tak heran jika di Indonesia kamu akan menemukan berbagai lokasi-lokasi tambang emas yang didirikan perusahaan-perusahaan emas.

Mulai dari tambang emas Martabe di Sumatra Utara, hingga tambang emas Grasberg di Papua.

Lalu lokasi tambang mana saja sih, yang tersebar di seluruh Indonesia?

Nah, berikut ini akan saya uraikan mengenai beberapa lokasi tambang emas di Indonesia yang terbesar:

1. Tambang Emas Martabe di Sumatra Utara

Tambang emas pertama di Indonesia yaitu tambang emas Martabe yang berlokasi di Sumatra Utara. Tepatnya bertempat di Tapanuli Selatan.

Perusahaan yang telah mengantongi izin untuk mengeksplor dan mengolah tambang emas Marbate yaitu PT. Agincourt Resources.

Namun meski tambang emas Martabe berada di bawah pengelolaan PT Agincourt, tapi pemerintah daerah memiliki hak sebanyak 5 persen saham dari tambang emasnya di bawah naungan PT. ANA.

Bahkan, di tambang emas Martabe ini kamu tak hanya menemukan mineral berupa emas saja. Akan tetapi, kamu juga akan menemukan mineral lain seperti perak atau pun tembaga.

Bahkan beberapa tahun terakhir produksi emas di Martabe mencapai sekitar 8,8 juta ons emas. Banyak banget kan, ya?

2. Tambang Emas Batu Hijau di NTB

Selanjutnya yaitu kamu akan menjumpai tambang emas Batu Hijau yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Pulau Sumbawa.

Tambang emas Batu Hijau berada di bawah pengelolaan perusahaan PT Amman Mineral Nusa Tenggara sejak tahun 2000.

Dalam setahun, tambang emas Batu Hijau bahkan bisa menghasilkan emas berkisar 100 Kilo Oz emas. Tak hanya emas saja, tambang ini juga menghasilkan tembaga sebesar 197 juta poun per tahunnya.

Pada akhir tahun 2020, laporan dari PT Medco Energi Internasional Tbk (induk usaha Amman Mineral) tambang emas Batu Hijau dikabarkan mampu menggenjot produksi hingga 4,12 juta ounce emas, juga 4,47 milyar pound tembaga, di fase tujuh. Keren, kan?

Baca juga: Model Kalung Emas 24 Karat

3. Tambang Emas Poyoba di Palu

Tambang emas berikutnya yaitu tambang emas Poyoba yang berlokasi di Sulawesi Tengah. Tepatnya di Palu.

Penambangan Poyoba sendiri berada di bawah naungan pengelolaan anak usaha Bakrie Group, yaitu PT Bumi Resource Minerals (BRMS) sejak Oktober 2019. Namun, sahamnya dimiliki oleh PT Bumi Resources (BUMI).

Untuk tahun pertama, produksi emas BRMS telah meraih 100.000 ton bijih emas. Pada tahun kedua bahkan naik 80.000 ton menjadi 180.000 ton bijih emas.

4. Tambang Emas Kencana di Maluku Utara

Tambang emas di Indonesia selanjutnya bertempat di Maluku Utara, yaitu tambang emas Kencana. Tambang emas Kencana sendiri berada di bawah naungan perusahaan PT Indo Moro Kencana.

Penambangan ini mampu menghasilkan emss hingga 4,63 juta ons emas murni. Konon, tambang emas ini merupakan salah satu tambang emas di Indonesia yang memiliki risiko tinggi.

Hal ini dikarenakan area penambangan memiliki bentuk seperti lorong bawah tanah. Jadi kalau sedikit salah langkah, tentu penambang akan terkubur hidup-hidup.

5. Tambang Emas Tujuh Bukit di Banyuwangi

Ternyata Pulau Jawa memiliki lokasi yang  dalamnya mengandung emas loh. Lokasinya berada di ujung timur Pulau Jawa. Tepatnya berada di Kabupaten Banyuwangi.

Tambang emas Tujuh Bukit dikelola oleh PT Bumi Suksesi Indo. Kandungan emas yang dimiliki tambang Tujuh Bukit bisa mencapai 80 juta ons emas per tahun.

Konon, tambang emas Tujuh Bukit ini merupakan tambang emas terbesar di Indonesia setelah tambang emas Grasberg yang berada di Papua. Bahkan, menjadi salah satu tambang emas terbesar di dunia.

6. Tambang Emas Pongkor di Jawa Barat

Tambang emas di Indonesia berikutnya adalah tambang emas Pongkor. Tambang emas yang berlokasi di Pongkor, Bogor, Jawa Barat ini langsung berada di bawah kendali PT ANTM Tbk.

Tambang emas Pongkor sendiri sudah beroperasi sejak tahun 1992. Kabarnya, Direktur Utama tambang emas Pongkor mengatakan bahwa tambang Pongkor akan segera habis kontraknya setahun lagi (tahun 2021).

7. Tambang Emas Pujon di Kalimantan Tengah

Tambang emas Pujon terletak di Kalimantan Tengah, tepatnya berlokasi di wilayah Kapuas. Lokasi tambang emas Pujon bahkan berada di area terpelosok dan jauh dari pemukiman penduduk.

Pujon sendiri merupakan nama sebuah desa di daerah Kapuas Tengah. Penduduknya mayoritas bermata pencaharian sebagai penambang emas.

Diperkirakan, tambang emas Pujon menjadi tambang emas yang bisa menghasilkan emas hingga beberapa puluh tahun ke depan.

Lihat juga: Manfaat Emas Yang Harus Diketahui

8. Tambang Emas Grasberg di Papua

Tambang emas di Indonesia terakhir yaitu tambang emas Grasberg yang berlokasi di Papua. Letak tepatnya berada di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua.

Cadangan emas yang berada di Papua ini mencapai 54,8 juta ounce emas. Tambang emas ini sendiri bahkan sering menjadi perbincangan banyak orang.

Hal ini dikarenakan, tambang emas Grasberg berada di bawah pengelolaan perusahaan luar negeri bernama Freeport Mcmoran. Namun, sebesar 51% sahamnya telah diakuisisi oleh PTFI (PT Freeport Indonesia) pada tahun 2018.

Demikian tambang emas yang ada di Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuanmu mengenai lokasi tambang emas di Indonesia, ya!

BERI KOMENTAR