10 Tanda Kamu Akan Dipecat dari Tempat Kerja

Perhatikan tanda-tanda akan dipecat dari tempat kerja, agar bisa lebih waspada terhadap keputusan yang dibuat oleh atasan.

Tanda Kamu Akan Dipecat dari Tempat Kerja
ilustrasi freepik /@teravector

CEROBOH – Dipecat dari tempat kerja bukanlah kabar baik. Ada saja kondisi dimana seorang karyawan dipecat dari suatu perusahaan. Baik dipecat sendiri karena kesalahan fatal.

Ataupun dicepat masal karena kondisi perusahaan yang tidak stabil. Untuk mengantisipasi hal ini kamu selaku karyawan sebaiknya lebih waspada.

Apa saja sih ciri-ciri seorang karyawan yang akan dipecat dari tempat kerjanya?

Inilah 10 tanda karyawan yang akan dikeluaran dari perusahaan yang harus kamu ketahui:

1. Atasan Memonitor Semua Pekerjaanmu

anda Kamu Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @instaoffice_coworking

Apabila ada perubahan sikap yang mendadak dari atasan, seperti tiba-tiba jadi serba diawasi. Kamu perlu waspada, bisa jadi ini adalah tanda akan dipecat dari perusahaan.

Biasanya, ini terjadi dikarenakan pekerjaanmu yang kurang terpakai. Atau pekerjaanmu yang terlihat asal-asalan.

Maka dari itu, supaya tidak dipecat dari perusahaan, segera perbaiki kualitas pekerjaanmu. Berikan hasil yang maksimal, hingga atasan tidak kecewa.

Baca juga: Tips Jadi Pengusaha Sukses

2. Kamu Dikeluarkan dari Tim Inti

Tanda Karyawan Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @tsunagno

Apakah kamu tiba-tiba dikeluarkan dari tim? Atau tiba-tiba dipindahkan dari tim inti? Ini juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu akan dipecat dari tempat kerja.

Pasalnya, bisa jadi kamu tidak dipercayai untuk mengerjakan project bersama tim itu. Atau kamu sudah melakukan kesalahan sehingga tidak bisa diterima oleh atasan atau rekan tim yang lain.

Pastikan agar kamu tidak dipecat, perbaiki semua kesalahan yang sudah kamu buat. Kemudian sempatkan berbicara dengan teman satu tim, kamu bisa mencari informasi terkait kesalahanmu. Lalu segera perbaiki sekarang juga.

3. Hasil Pekerjaan yang Dinilai Jelek

Tanda Karyawan Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @centreatlas

Apakah kamu merasa bahwa hasil pekerjaanmu tidak maksimal? Sehingga atasan menilai jelek secara langsung. Jika sudah ada penilaian jelek seperti ini, kamu harus lebih telaten.

Manfaatkan jam kerja secara maksimal. Kamu bisa memperlajari beberapa tanda waktu terbuang sia-sia. Kemudian bekerja dengan lebih produktif lagi.

4. Perusahaan Melakukan Marger

Tanda Karyawan Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @centreatlas

Tanda akan dipecat dari Perusahaan paling menonjol terlihat adalah Perusahaan melakukan marger. Marger biasanya dilakukan penggabungan antara dua perusahaan. Perusahaan A digabungkan dengan perusahaan B, diakuisisi menjadi satu perusahaan.

Biasanya selanjutnya perusahaan mengadakan PHK besar-besaran. setelah digabung, biasanya hanya sebgaian karyawan yang akan dipekerjakan. Dan sisanya dilakukan Pemberhentian hak kerja.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi ketika hal ini terjadi, kamu harus siap-siap mencari pekerjaan baru. Yang lebih layak.

Atau kamu bisa mencari ide usaha sampingan bagi karyawan untuk mengcover biaya hidup selama belum bekerja.

5. Tugas yang Diberikan Semakin Sedikit

Tanda Pegawai Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @two_crowns

Tiba-tiba beban kerjamu menjadi sedikit? ini juga merupakan tanda yang perlu diwaspadai. Jangan-jangan atasan di perusahaanmu berniat mengurangi karyawan. Dan secara perlahan akan mem-PHK beberapa karyawan.

Kondisi ini memang tidak bisa dipastikan. Untuk meminimalisir kekhawatiran, kamu bisa menanyakan secara langsung kepada atasan. Maka siapkan diri dari kemungkinan terburuk.

6. Mendapatkan Surat Teguran Tertulis

Tanda Pegawai Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @centreatlas

Secara tegas tiba-tiba atasan memberimu surat teguran secara tertulis. Atasan melakukan hal ini biasanya karena kamu melakukan kesalahan saat bekerja. Sehingga kamu diberi surat peringatan (SP) pertama.

Jangan sampai surat peringatan berikutnya menyusul. Biasanya, setelah tiga kali mendapat surat peringatan kamu akan diberhentikan kerja.

7. Melakukan Kesalahan Fatal

Tanda Pegawai Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @centreatlas

Jika sebelumnya kamu diberitahu dahulu, melalui surat tertuis. Kali ini bisa saja tidak. Kesalahan yang sangat fatal biasanya bukan peringatan tertulis, melainkan langsung peringatan menggunakan lisan.

Kesalahan fatal bisa menyebabkan kamu dipecat dari tempat kerja. Pada posisi ini biasanya kamu tidak bisa berbuat banyak. Tapi kamu bisa mengantisipasinya dengan memperbaiki kekacauan yang sudah kamu buat itu.

Usahakan lakukan dengan baik jika diberi kesempatan. Dan pastikan tidak melakukan kesalahan yang terulang.

8. Diberi Tugas yang Sulit Dikerjakan

Ciri Karyawan Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @raxy.cyaaa

Suatu hari kamu diberikan tugas yang mustahil dikerjakan. Ini juga merupakan tanda kamu akan dipecat dari tempat kerja. Tugas yang sulit dikerjakan membuatmu stres, sehingga hasil kerjamu bisa berantakan.

Tanyakan terkait pekerjaan yang mustahil dikerjakan ini. Pastikan itu adalah tugas yang sesuai untukmu. Jika memang benar, maka kerjakan sebaik mungkin, jangan sampai stres diawal. Pelajari lebih dalam terkait pekerjaan yang sulit itu.

9. Komunikasi dengan Atasan Memburuk

Ciri Karyawan Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @deliciasborrego

Jaga baik komunikasi dengan atasan. Apabila mulai terlihat memburuk ini harus segera diperbaiki. Komunikasi yang buruk bisa menjadi tanda kamu akan dipecat dari perusahaan.

Maka dari itu, ketika komunikasi dengan atasan memburuk, segera perbaiki sekarang juga.

Artikel lain: Jenis-jenis Absensi Karyawan

10. Tidak Dilibatkan dengan Projeck Baru

Ciri Karyawan Akan Dipecat dari Tempat Kerja
Foto IG @inofficecoworking

Tanda yang terakhir, adalah ketika kamu tidak dilibatkan pada project penting. Bisa jadi pada posisi ini kamu segera dikeluarkan dari perusahaan.

Kamu harus bisa mengkoreksi diri. Kenapa kamu tidak dilibatkan dengan project baru? Apakah pekerjaanmu jelek? Atau apakah kamu sudah melakukan kesalahan?

Atau bisa jadi, perusahaan sedang memangkas anggaran? Ini harus menjadi kewaspadaan tersendiri. Pastikan kamu bukan kandidat karyawan yang akan di pecat.

Jika memang iya, segera benahi kualitas kerjamu. Pastikan kamu sudah bekerja dengan benar dan tidak membuang-buang waktu.

Penjelasan di atas merupakan beberapa tanda kamu akan dipecat dari tempat kerja. Setelah mempelajarinya, kamu bisa lebih waspada ketika tanda-tanda itu terjadi pada dirimu. Selamat bekerja!