12 Tempat Wisata di Ambon Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Di Jelajah, Tempat Wisata 106 views

Apakah kamu tau di mana saja tempat wisata di Ambon yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan?

ceroboh.com – Ambon merupakan Ibukota dari Provinsi Maluku. Yang namanya Ibukota, sudah jelas pusat perekonomian di Provinsi Maluku berada di Kota Ambon.

Ambon juga merupakan kota paling besar yang ada di Provinsi Maluku dan sampai saat ini Ambon menjadi sentral dari segala kegiatan di Maluku. Selain menjadi sentral kegiatan dan perekonomian, Ambon juga dikenal dengan sebutan Ambon Manise yang artinya indah/cantik/manis.

Dengan sebutan tersebut, tak aneh kota yang satu ini memiliki beragam aneka wisata yang spektakuler. Baik itu wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah maupun wisata lainnya.

Banyaknya tempat-tempat wisata yang menarik, tentu saja menjadi nilai positif bagi Kota Ambon. Dimana kota ini jadi banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam negeri atau para wisatawan dari luar negeri. Tentu saja ini merupakan keuntungan, dan bisa menjadi pendapatan bagi pemerintah daerah jika wisata alam di Ambon banyak dikunjungi.

Sebenarnya banyak sekali ragam tempat wisata di Ambon yang menarik dikunjungi. Namun untuk lebih spesifik, kali ini ceroboh.com hanya akan mengulas beberapa Tempat Wisata terbaik yang wajib dikunjungi. Tempat wisata alam di Ambon ini merupakan tempat-tempat pilhan terbaik untuk dijadikan tempat berlibur atau berwisata.

Baca Juga : Tempat Wisata di Cikarang Paling Asik Dikunjungi

Jadi bagi kamu yang belum tahu tempat-tempat wisata alam di tmbon jangan khawatir lagi. Karena kamu tinggal lihat ulasan berikut ini tentang tempat wisata alam di Ambon pilihan terbaik untuk berlibur.

Pantai Pintu Kota

Tempat Wisata di Ambon Terbaik
Pantai Pintu Kota – Fotonya @ekaekania

Wisata alam pertama yang menjadi rekomendasi ceroboh.com adalah Pantai Pintu Kota. Pantai ini merupakan salah satu Tempat Wisata di Ambon yang populer dan terfavorit. Pasalnya pantai ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Ambon.

Selain panorama alamnya yang menarik, di pantai Pintu Kota terdapat satu tebing yang menjorok kelaut, dimana di tengah-tengah tebingnya terdapat bolongan besar.

Tebing tersebut membentuk seperti sebuah gerbang, dan mungkin hal inilah yang menjadikan pantai ini memiliki nama Pintu Kota. Adanya pemandangan tebing yang indah itu, menjadi daya tarik sendiri untuk dijadikan objek berfoto dan berselfi ria.

Tak aneh jika banyak pengunjung yang melakukan pemotretan untuk majalah, prawedding dan untuk sekedar mengabadikan momen saja.

Kemudian, yang menjadikan pantai ini lebih menarik lagi adalah terdapatnya spot untuk  diving dan snorkling. Meskipun luas pantainya tidak terlalu besar, susunan keindahan alam semakin lengkap dengan pasir putih kecoklatan, dihiasi dengan batu karang disekitarnya.

Bagi kamu yang ingin menginap, tak perlu khawatir karena tempat wisata alam di Ambon ini menyediakan penginapan. Oh iya, untuk lokasi pantai Pintu Kota berada di Dusun Airlou, Kecamatan Nusaniwe,  Ambon.

Pantai Santai di Ambon

Pantai Santai di Ambon
Pantai Santai Ambon – @duppy_septiano

Sesuai namanya, tempat wisata di Ambon ini sangat cocok sekali buat kamu yang ingin bersantai. Apalagi untuk melepas penat karena rutinitas harian yang padat. Pokoknya berkunjung kesini sangat recommended, semua rasa lelah langsung terbayar lunas.

Alasan kenapa ceroboh.com merekomendasikan untuk berkunjung ke tempat wisata alam di Ambon yang satu ini adalah, karena pantai yang satu ini memiliki suasana yang asri dengan airnya yang jernih dan pasir pantai putih yang lembut.

Kemudian ombak di Pantai Santai memiliki karakteristik yang tidak terlalu deras, atau dapat dikatakan tenang. Sehingga jika kamu gemar berenang, tempat ini sangatlah cocok untuk dikunjungi.

Tidak hanya sekedar berenang, di Pantai Santai kamu juga bisa melihat keindahan dalam laut dengan diving dan snorkling. Lokasi diving dan snorkling yang ditawarkan cukup bagus, kemudian lokasinya sangat mudah diakses dari pantai.

Kamu bisa menggunakan jasa guide untuk menyelam, namun harus memesan dari beberapa hari kebelakang, sebagaiman kebanyakan tempat menyelam pada wisata alam di ambon lainnya. Jika kamu ingin ke Pantai Santai, langsung saja ke Desa Latuhalat, Nusa Niwe. Kalau dari pusat kota Ambon, jaraknya sekitar 17 km.

Pantai Liang di Ambon

Pantai Liang di Ambon
Pantai Liang Ambon – Fotonya @diordelon

Nama pantainya, Pantai Liang. Namun sering disebut juga dengan nama Pantai Hunimua. Pantai ini juga ceroboh.com rekomendasikan buat kamu. Karena pada tahun 1991, pantai satu ini pernah dinobatkan sebagai pantai terindah yang ada di Indonesia.

Dinobatkan sebagai pantai terindah, bukanlah kebetulan semata. Tetapi memang pantai ini memiliki daya tarik dan keindahan yang luar biasa. Pantai Liang memiliki pantai pasir putih yang lembut dan dihiasi dengan air laut yang jernih dengan warna kebiru-biruan.

Sehingga pengunjung yang berkunjung di pantai ini betah berlama-lama sembari menikmati keindahan pantainya.

Karakteristik ombak di Pantai Liang tidak terlalu tinggi. Sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir bermain air di pesisir pantai. Pantai Liang berada di Desa Liang Kecamatan Salahutu. Dari pusat kota Ambon berjarak sekitar 40 km.

Pantai Natsepa Ambon

Pantai Natsepa Wisata Ambon
Pantai Natsepa Ambon – Fotonya @rahmadeeyanti

Pantai Natsepa merupakan Tempat Wisata di Ambon yang memiliki keindahan tersendiri. Selain itu beberapa fasilitas yang ada juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Selain memiliki karakteristik pantai yang menawan, pantai pasir putih yang lembut ini dihiasi dengan birunya air laut. Yang lebih kerennya, di Pantai Natsepa kamu bisa melihat ikan-ikan yang ada di laut. Hal ini dikarenakan saking jernihnya air laut yang ada disana.

Kemudian kamu juga bisa memancing ikan di laut lepas di sekitaran Pantai Natsepa, loh. Seru, kan?

Wisata alam di Ambon yang satu ini sangat disarankan juga buat kamu yang suka dengan tempat-tempat teduh, karena sesampainya di Pantai Natsepa kamu akan disambut juga dengan deretan rindangnya pepohonan. Sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan melepas penat.

Oh iya, disini juga terdapat jasa untuk berkeliling pantai menggunakan perahu. Jangan sampai kamu melewatkan fasilitas yang satu ini, ya. Menarik, kan? Jika ingin berkunjung ke Pantai Natsepa, kamu harus ke Desa Suli d5 daerah Maluku Tengah. Kalau dari pusat kota Ambon sekitar 18 km saja.

Pantai Namalatu di Ambon

Pantai Namalatu di Ambon
Pantai Namalatu – Fotonya @diansandri

Selanjutnya ada Pantai Namalatu. Pantai ini juga disarankan untuk kamu kunjungi. Dari tempat wisata alam di Ambon Pantai Namalatu, kamu bisa melihat lautan terdalam yang ada di Indonesia, yaitu Laut Banda. Dari segi nama, sebenarnya terdapat dua unsur kata. Yang pertama Nama yang berarti nama, sedangkan Latu memiliki arti raja.

Pantai Namalatu memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Diantaranya panorama susunan alamnya yang indah dan menawan yang kemudian menjadikan orang yang berkunjung menjadi betah berlama-lama disini meskipun luasnya tidak seluas Pantai Liang.

Di sini kamu bisa menjumpai pemandangan unik, yaitu adanya deretan pohon yang menjorok ke laut. Dimana panorama ini menjadi daya tarik tersendiri jika dijadikan sebagai objek berfoto. Foto yang kamu ambil akan terkesan unik, indah dan bikin ngiri teman-teman yang belum pernah berkunjung ke pantai ini.

Daya tarik lainnya adalah gradasi warna pada air laut yang berwarna putih bersih, hijau muda, kemudian kebiru-biruan. Sudah pasti dilengkapi dengan hamparan pasir putih yang lembut. Dan disini juga terdapat potongan-potongan batu karang pada pesisir pantainya.

Pantai ini sangat ramah jika kamu memilihnya untuk disinggahi karena desir ombak yang tenang. Sehingga sangat memungkinkan untuk bermain air. Pantai Namalatu berada di Desa Latuhalat yang berjarak kurang lebih sekitar 14 km dari kota Ambon.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Wonosari Yang Harus Dibeli

Alternatif Lain Tempat Wisata di Ambon

Ke lima pantai yang sudah di ulas di atas adalah rekomendasi Tempat Wisata di Ambon terbaik pilihan dari ceroboh.com . Sebenarnya masih banyak lagi tempat tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi.

Diantaranya adalah beberapa pantai yang belum di ulas di bawah ini. Namun kelima tempat yang sudah di bahas di atas paling direkomendasikan. Bisa kamu pilih salah satunya.

Namun jika kurang puas dengan pilihan tersebut, kamu bisa juga mengunjungi beberapa tempat wisata di Ambon berikut ini.

  • Pantai Sopapei
  • Pantai Lesisa
  • Pantai Nanseri
  • Pantai Desa Hukurila
  • Pantai Pasir Panjang
  • Pantai Namasua
  • Pantai Lawena
  • Pantai Nusa Pombo

Tempat wisata alam di Ambon yang belum di ulas ini selanjutnya akan ceroboh.com ulas pada pembahasan berikutnya. Jadi mohon bersabar ya, untuk menunggu informasinya.

Jika sudah tidak sabar, kamu bisa mencari bahan referensi dari sumber lain. Sekarang sudah mudah karena dibantu oleh mesin pencari Google.

Itulah beberapa ulasan sederhana tentang tempat wisata di Ambon terbaik dan wajib dikunjungi . Kamu bisamemilih salah satunya untuk dikunjungi. Dan bisa dijadikan bahan tempat berlibur bersama keluarga atau bersama teman-teman.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas NTT yang Harus Dibawa Pulang

Tags: #Ambon

author
Penulis: 
Seorang mahasiswa IAIN Kudus dengan hobi berjualan dan menulis hanya mengisi kekosongan.
10 Tips Travelling Bersama Orang Tua Agar Menyenangkan
10 Tips Travelling Bersama Orang Tua Agar Menyenangkan
Perhatikan tips travelling bersama orang tua agar
12 Tempat Wisata Kuliner di NTB (Nusa Tenggara Barat) Terenak
12 Tempat Wisata Kuliner di NTB (Nusa Tenggara Barat) Terenak
Sudah puas dengan wisata alamnya? Mari kita
5 Tempat Wisata Kuliner di Cikarang Bernuansa Sunda
5 Tempat Wisata Kuliner di Cikarang Bernuansa Sunda
Jangan-jangan selama tinggal di Cikarang cuma diem
8 Tempat Wisata Di Dekat Dago Bandung Paling Hits
8 Tempat Wisata Di Dekat Dago Bandung Paling Hits
Banyak banget pilihan tempat wisata di dekat