11+ Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya

Siapa bilang Banten nggak punya tempat yang bagus? Mari buktikan dengan mengunjungi tempat wisata di Banten yang selalu Hits ini.

Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya

Ceroboh.com – Banten merupakan sebuah provinsi yang terbilang baru. Hal ini dikarenakan, Provinsi Banten masih berusia beberapa tahun saja setelah memisahkan diri dari Provinsi Jawa Barat. Banten resmi menjadi sebuah provinsi pada tahun 2000.

Namun, meski provinsi ini terbilang baru, ia sudah menjadi kota industri yang perkembangannya sangat pesat. Pusat perkotaan atau pemerintahannya berada di Kota Serang, Banten.

Selain sebagai kota industri, Banten juga dikenal dengan banyaknya pantai yang ada. Sehingga, tak aneh jika wisata alam di Banten terbilang cukup banyak. Tempat wisata alam yang ada di Banten seringkali dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Baik dari kalangan wisatawan dalam negeri upun wisatawan asing.

Namun, tempat wisata alam di Banten lebih banyak diminati oleh warga Jakarta, yang notabenenya dekat ke Banten itu sendiri. Jadi, tak aneh jika warga Kota Jakarta dan sekitarnya banyak yang melepas penat ditengah ramainya aktifitas dengan cara berwisata ke Kota Banten.

Mau tahu apa saja yang menjadi wisata alam di Banten?

Berikut ini tempat wisata di Banten paling recommended untuk kamu kunjungi bersama pasangan dan keluarga:

Pantai Anyer di Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Pantai Anyer – Fotonya @mrendi423

Pantai yang paling populer yang ada di Banten adalah Pantai Anyer. Pantai Anyer merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik saat liburan maupun saat hari-hari biasa.

Yang menjadi daya tarik Pantai Anyer adalah keindahan pasirnya yang berwarna putih ditambah dengan panorama bingkai pantai yang mempesona.

Pantai Anyer menjadi tempat wisata alam di Banten yang letaknya tepat berada di Kabupaten Serang sehingga sangat mudah untuk di akses. Lebih spesifik lagi, Pantai Anyer berada di Kecamatan Anyer, sebab itulah pantai ini diberi nama Pantai Anyer.

Di pantai Anyer, kamu bisa melakukan beragam aktifitas seperti bermain olahraga air, bermain pasir, menyelam, berselancar hingga menikmati keindahan pantai.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati keindahan wisata alam Banten dengan menikmati kelezatan wisata kuliner yang ada di Banten. Tentu saja akan menjadi semakin melengkapi masa-masa liburan kamu.

Kemudian, kamu juga bisa menyewa penginapan karena disini tersedia banyak sekali hotel-hotel dan jasa penginapan yang berada disekitar Pantai Anyer.

Lihat juga : Makanan Khas dari Ambon

Pantai Cibeureum Wisata di Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Pantai Cibeureum – Foto dari @mochin18

Pantai ini terkenal dengan panoramanya yang teduh. Jika kamu menyukai suasana yang teduh, maka Pantai Cibeureum adalah rekomendasi dari saya untuk menikmati wisata alam di Banten.

Di Pantai Cibeureum masih banyak sekali pepohonan kelapa yang menjadikan suasana lebih rindang dan teduh. Kemudian, karena pantai ini sangat dirawat oleh warganya, suasananya menjadi telihat asri dan tenang.

Jika ingin menikmati dengan cara yang berbeda, kamu juga bisa merasakan sensasi beberapa kuliner khas Cibeureum yang bisa memanjakan lidah serta perutmu.

Tentu makanan khasnya asli buatan warga Cibeureum sehingga memiliki kekhasan rasa tersendiri. Yang menjadi menu andalan dan sudah menjadi makanan khas sejak zaman kerajaan adalah Rabeg. Mungkin kamu bisa mencicipinya sambil bersantai di pantai.

Pantai Ciputih di Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Pantai Ciputih – Foto dari @dianalisdie

Wisata alam di Banten yang tak kalah menarik dan sudah populer adalah Pantai Ciputih. Pantai ini juga terkenal dengan keindahan pasir putihnya.

Sehingga bisa membuat wisatawan merasa nyaman ketika bermain di pesisir pantai. Lokasi Pantai Ciputih berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Berlibur bersama keluarga di Pantai Ciputih merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, di sini terdapat banyak sekali aktifitas yang bisa kamu lakukan bersama keluarga.

Salah satunya adalah melakukan olahraga air, berenang, berselancar serta bisa juga menikmati beberapa kuliner khas yang ada disekitaran Pantai Ciputih. Tentunya akan semakin lengkap ketika melihat keindahan pantai sembari menikmati kelezatan makanan khas Banten.

Tempat ini sangat saya rekomendasikan karena memiliki panorama yang indah dan memiliki pasir pantai yang berwarna putih. Suasana tersebut bisa menjadikan pengunjungnya merasa betah dan ingin berlama-lama.

Pantai Marina Wisata di Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Senja di Pantai Marina – Fotonya @riickyade

Pantai Marina merupakan tempat wisata alam di Banten yang sangat kami rekomendasikan. Apalagi kalau kamu adalah penggemar wahana permainan air. Karena disini banyak sekali wahana permainan air. Di tempat wisata alam ini kamu bisa puas menikmati permainan air.

Keunggulan lain dari Pantai Maria adalah banyaknya akomodasi yang memadai sebagai penunjang para wisatawan yang berkunjung.

Diantaranya terdapat resort dan villa yang memiliki banyak sekali pilihan. Fasilitas yang disediakan juga tergolong lengkap, sehingga menjadikan para wisatawan merasa nyaman berada di Pantai Maria. Karena fasilitas tersebut, wisata alam di Banten satu ini banyak dikunjungi.

Pantai Bagedur Tempat Wisata di Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Berfose di Pantai Bagedur – Fotonya @sucidmynti_674

Dari Rangkas Bitung, wisata alam di Banten yang bernama Pantai Bagedur ini berjarak sekitar 115 km. Tepatnya berada di Kecamatan Malingping. Pantai Bagedur ini tergolong pantai yang kurang populer, jadi wajar saja ketika kamu masih asing dengannya. Namun, bagi warga Banten sendiri, pantai ini sudah menjadi destinasti wisata alam di Banten yang supermenarik.

Pantai Bagedur tergolong pantai yang masih asri, memiliki panjang pantai sekitar 10 km dengan lebar sekitar 50 m. Meskipun memiliki pasir yang coklat, pantai ini merupakan salah satu wisata alam di Banten yang sangat kami rekomendasikan.

Pantai ini juga direkomendasikan untuk dikunjungi bersama teman-teman. Kamu bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Tak lupa, sembari ditemani semilir angin yang bisa menjadikan kamu merasa betah untuk berlama-lama.

Pantai Carita di Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Instagram/@mala_mv

Berikutnya ada Pantai Carita yang terletak di pesisir barat Pantai Banten, Kabupaten Pandeglang. Pantai Carita merupakan salah satu tempat wisata alam di Banten yang sudah terkenal di Indonesia sekaligus merupakan. Dari sini, kamu bisa melihat Gunung Krakatau. Sehingga hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri buat para pengunjung atau wisatawan.

Kemudian yang menjadi nilai tambah lain adalah, Pantai Carita memiliki ombak yang kecil yang dhiasi dengan pantai putih yang menawan. Sehingga suasananya bisa menjadikan kamu merasa nyaman untuk bermain sembari menikmati kelembutan pasirnya.

Supaya makin eksis, jangan lupa untuk berfoto-foto di Pantai Carita. Karena alamnya yang indah, maka akan menghasilkan foto dengan pemandangan yang bagus.

Dan tentunya nggak asyik dong, jika liburan ke Pantai Carita sendirian saja. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat dekat. Di sana, kamu bisa saling bercengkrama, sehingga menimbulkan hubungan emosional yang lebih dekat lagi.

Baca juga : Tempat Wisata di Raja Ampat

Pantai Jambu Wisata Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Bersama Teman di Pantai Jambu – Fotonya @marina_jambu

Wisata alam di Banten yang berikutnya adalah Pantai Jambu. Tak kalah dengan pantai lain, Pantai Jambu memiliki keindahan alam yang sangat mempesona.

Pantai Jambu memiliki pasir pantai berwarna putih dengan butiran pasir yang halus. Jadi, meski hanya menikmati pantai dengan cara berjalan-jalan santai, akan tetap menciptakan kenyamanan tersendiri.

Daya tarik dari Pantai Jambu lainnya adalah memiliki hamparan air yang biru membentang. Tentu saja akan memanjakan setiap mata yang memandangnya.

Kemudian, bagi kamu yang ingin menenangkan diri, maka tempat wisata alam di Banten yang satu ini menjadi pilihan tepat yang kami rekomendasikan. Pasalnya, Pantai Jambu tidak terlalu ramai, sehingga mampu menciptakan suasana hening yang cocok untuk menenangkan diri.

Pantai Florida Wisata di Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Foto Bergaya di Pantai Florida – Fotonya @lolaa.melia

Pantai Florida merupakan wisata alam di Banten yang menjadi rekomendasi berikutnya. Pantai Florida adalah salah satu pantai yang cukup populer di Provinsi Banten. Hal tersebut dikarenakan Pantai Florida memiliki hamparan pasir putih yang lebih luas jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Banten.

Selain itu, kamu dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam dengan panorama yang menakjubkan saat senja tiba. Kamu juga bisa melakukan aktifitas lain saat siang, seperti bermain volly pantai.

Karena wisata alam di Banten ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer, maka  hal tersebut membuat Pantai Florida tak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap hari selalu ada wisatawan yang ingin menikmati keindahan dari Pantai Florida.

Pantai Sawarna Tempat Wisata di Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Perahu Berlabu di Pantai Sawarna – Foto @firman.os

Pantai yang tergolong masih baru namun bisa dijadikan sebagai tempat wisata alam di daerah Banten adalah Pantai Sawarna. Meskipun  tergolong baru, pantai ini sudah memiliki banyak pengunjung.

Dan mulai diminati oleh wisatawan baik wisatawan asal Jawa Barat, Jakarta, dan luar kota. Bahkan, wisatawan asing juga suka ada yang berwisata di Pantai Sawarna.

Pantai ini terkenal karena adanya promosi menggunakan Internet. Sehingga sampai sekarang masih banyak dikunjungi. Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna. Jika dari Rangkas Bitung, jaraknya sekitar 150 km.

Daya tarik dari Pantai Sarwana ada pada ombaknya yang besar,jadi sangat cocok untuk digunakan berselancar. Dan untuk saat ini, kawasan Pantai Sawarna mulai terdapat banyak penginapan-penginapan dan hotel-hotel yang bisa kamu sewa. Sehingga, tak perlu khawatir lagi untuk memutuskan bermalam di kawasan wisata alam di Banten.

Pantai Tanjung Di Banten

11 Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya
Api Unggun Saat Senja di Pantai Tanjung Lesung – Foto @iyan_choky

Pantai Tanjung Lesung juga merupakan salah satu wisata alam di Banten yang sangat recommended. Kamu bisa mengunjungi Pantai Tanjung Lesung bersama keluarga atau kawan dekat. Di sini, kamu bisa melakukan aktifitas memancing dan menyelam.

Kegiatan tersebut tentunya akan sangat asyik jika dilakukan bersama-sama, bukan? Pemandangan yang asri dan panorama deretan pepohonan hijau juga menciptakan keindahan tersendiri dari pantai satu ini.

Bersama keluarga, kamu bisa menyewa villa dengan ukuran besar. Di sana, kamu bisa menambah keharmonisan bersama mereka sembari menikmati wisata alamnya. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Banten juga, ya. Pantai Tanjung Lesung berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Lihat juga: Tempat Wisata di NTB

Alternatif Tempat Wisata Alam di Banten

Tempat wisata di Banten banyak sekali, selain ke sepuluh pantai yang indah tadi, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata alam di Banten lain. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pantai Karang Bolong
  • Pantai Ciputih
  • Pantai Cihara
  • Pantai Karang Taraje
  • Pantai Karangsongsong Cibobos
  • Pantai Mabak
  • Pulau Dua (Pulau Burung)
  • Pulau Sangiang
  • Pulau Umang
  • Pulau Panaitan
  • Pulau Peucang
  • Gunung Karang
  • Gunung Krakatau
  • Gunung Pulosari
  • Air Terjun Di Curug Betung
  • Air Terjun Cihear
  • Air Terjun Gendang
  • Air Terjun Curug Putri
  • Danau Tasikardi
  • Taman Nasional Ujung Kulon
  • Arung Jeram Sungai Ciberang
  • Air Panas Cisolong
  • Pemandian Cikoromoy
  • Kandank Jurank Doank
  • Kampung Baduy
  • Masjid Agung Banten
  • Kota Banten Lama
  • Water World Citra Raya
  • Rawa Dano

Kamu bisa menggunakan mesin pencari google untuk mengetahui spesifikasi dari tempat wisata alternatif di Banten diatas. Baik berupa foto ataupun alamat. Demikian paparan sederhana tentang tempat wisata alam di Banten yang paling wajib dikunjungi. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang akan berlibur ke Banten, ya. Selamat berwisata!

BERI KOMENTAR