10 Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam

Di Ciamis banyak banget pantainya, hayu kita kunjungi salah satu tempat wisata di Ciamis bernuansa alam dan pantai. Dijamin anti boring!

Ceroboh.com – Ragamnya tempat wisata alam yang ada di Indonesia seringkali membuat kita bingung mau berlibur kemana. Namun  wisata alam selalu saja menjadi tempat yang menarik untuk disinggahi.

Selain dapat menyegarkan penglihatan, wisata alam juga bisa menjadikan kita lebih fresh dan lega saat melihatnya. Kemudian dengan berfantasi di alam, biasanya kita kan lupa dengan segala beban dan rutinitas harian yang padat.

Ngomingin wisata alam yang ada di Indonesia selalu saja tidak ada habisnya. Pasalnya, hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kawasan alam-yang indah-indah. Baik dari segi alam pegunungan, alam pantai, sungai hingga air terjun.

Pada kesempatan kali ini, karena sebelumnya sudah dibahas tentang makanan khas Ciamis. Kali ini Singgahi.com juga akan mengulas beberapa tempat wisata alam di Ciamis yang menarik dikunjungi.

Ciamis merupakan Kabupaten yang terbilang memiliki pemandangan alam yang indah dan menawan. Disini kamu bisa singgah dibeberapa tempat wisata alam yang menawan dan memiliki panorama yang indah. Mau tau dimana saja wisata alam di Ciamis yang menarik dikunjungi? Mari simak uraian berikut ini.

Kenapa kita membahas tempat wisata di Ciamis? Karena ketika berkunjung ke Ciamis, kamu tidak sekedar membeli makanan khasnya saja. Tapi bisa juga meluangkan waktu untuk berlibur terlebih dahulu, dan merasakan keindahan alam yang ada di Ciamis.

Inilah daftar Tempat Wisata di Ciamis yang Paling Menarik untuk dikunjungi:

Pantai Pangandaran di Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
Pantai Pangandaran – Fotonya @ropifsidik

Dahulu sebelum Pangandaran memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis, Pantai Pangandaran sempat menjadi pantai paling populer yang ada di Kabupaten Ciamis.

Namun sekarang setelah Pangandaran memisahkan diri menjadi kabupaten mandiri, maka otoritas pantai Pangandaran menjadi hak Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Meskipun demikian, Pantai Pangandaran tidak terlepas dari tempat wisata alam di Ciamis, karena letaknya yang tidak berjauhan.

Pantai Pangandaran sampai saat ini masih menjadi objek wisata alam yang banyak diminati. Tak hanya disinggahi oleh wisatawan asal dalam negeri, namun wisatawan asing pun banyak yang mengunjungi Pantai Pangandaran.

Hal ini karena Pantai Pangandaran memiliki daya tarik tersendiri, seperti halnya kamu bisa melihat pemandangan indah saat matahari terbenam. Kemudian cerita mistis yang ada di Pantai Pangandaran juga menjadikannya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Baca Juga : Makanan Khas Sulawesi

Pantai Batu Karas di Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
Pantai Batu Karas

Tempat Wisata alam di Ciamis yang selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hampir setiap hari adalah Pantai Batu Karas. Pantai Batu Karas merupakan wisata pantai di Ciamis yang harus kamu singgahi. Terutama buat kamu yang gemar surfing dengan derasnya ombak pantai.

Di Pantai Batu Karas kamu bisa melakukan aktifitas surfing dengan sensasi alam yang menggairahkan. Tak aneh jika Pantai Batu Karas banyak dikunjungi oleh orang-orang yang gemar surfing dan menantang menaklukan derasnya ombak di pantai ini. Bagi sebagian, Pantai Batu Karas terkenal juga sebagai “Bali Kecil” karena hampir mirip dengan Bali.

Untuk menuju pantai Batu Karas melewati akses jalan yang mudah. Di area sekitaran tempat wisata ini terdapat beraneka fasilitas pendukung, seperti adanya penginapan. Sehingga tidak perlu khawatir juga ingin berlibur beberapa hari di Pantai Batu Karas.

Pantai Batu Hiu di Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
Pantai Batu Hiu – Fotonya @aprielaprie

Pantai Batu Hiu juga merupakan tempat wisata alam yang populer di Ciamis. Pantai ini sudah terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan. Memiliki daya tarik tersendiri, karena terdapat batu karang besar yang bentuknya menyerupai batu hiu. Sehingga tak aneh jika pantai ini diberi nama Pantai Batu Hiu.

Ombaknya yang deras memiliki daya tarik tersendiri, sehingga Pantai Batu Hiu menjadi objek wisata alam yang diminati banyak orang. Selain itu kamu juga bisa melihat bentangan Samudra Hindia yang indah dari sini. Semakin lengkap pemandangan batu karang dipesisir pantai dan hijaunya daun pandan wangi yang ada disekitaran perbukitan pantai.

Ada yang menarik juga, dan menjadi alasan kenapa Pantai Batu Hiu harus dikunjungi. Disini terdapat penangkaran penyu. Dimana kamu selaku pengunjung bisa melihat secara langsung, bagaimana cara-cara mengembangbiakkan penyu dan dan cara melestarikannya.

Tentunya secara langsung dari habitat aslinya. Oh iya, nuansa mistis dan tradisi di pantai batu hiu masih terbilang kental, sehingga oleh warga ketika kamu berkunjung kesini disarankan untuk senantiasa menjaga perkataan.

Pantai Karang Nini di Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
pantai karang nini – Fotonya @chominsoo_679

Sebelumnya ada pantai Karang Hiu dimana ada karang dengan bentuk menyerupai ikan hiu. Pada wisata alam di Ciamis berikutnya tepatnya di Pantai Karang Nini, disini juga terdapat karang unik yang menyerupai bentuk nenek-nenek. Sehingga nama pantai ini diberi nama Pantai Nini. Nini artinya Nenek dalam Bahasa Sunda.

Menurut cerita yang beredar, konon karang itu dahulunya adalah seorang nenek-nenek yang sangat setia yang menunggu suaminya pulang hingga nenek tersebut menjadi batu.

Untuk menuju Pantai Nini, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 83 km dari Kota Ciamis. Tepatnya berada di Desa Emplak, Kecamatan kalipucung. Tempat wisata alam di Ciamis ini berada di balik bukit.

Menariknya, disana terdapat menara pandang yang dapat kamu gunakan untuk menikmati keindahan panorama pantai dalam jarak pandang yang lebih luas. Menarik, kan?

Situ Lengkong Panjalu di Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
Situ Lengkong Panjalu – Fotonya @jujun_parjun

Pemandangan alam yang indah di Ciamis yang tidah boleh dilewatkan berikutnya adalah Situ Lengkong Panjalu. Wisata alam di Ciamis yang satu ini menyajikan keindahan danau, dimana ada pulau di tengah-tengah danau tersebut. Pulau itu diberi nama Nusa Larang.

Selain keindahan alam, destinasti Situ Lengkong Panjalu juga menyajikan destinasti kebudayaan. Kebudayaan yang dapat kamu temui disini adalah sejarah dari Kerajaan Panjalu, dimana Kerajaan Panjalu ini merupakan cikal bakal dari terbentuknya daerah ini. Ditengah-tengah pulau terdapat makam-makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora.

Kemudian, yang menarik dari wisata budaya di Ciamis ini adalah adanya upacara adat bernama Nyangku, yang diadakan pada saat-saat tertentu. Dan pada saat upacara tersebut, benda-benda keramat yang ada dimandikan. Tempat wisata alam di Ciamis ini berada di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Curug Tujuh Cibolang di Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
Curug Tujuh Cibolang – Fotonya @imamzenalarifin

Sebenarnya nama asli curug ini adalah Curug Cibolang. Namun karena disini ada tujuh air terjun, maka wisatawan lebih mengenalnya dengan sebutan Curug Tujuh Cibolang. Tempat wisata alam di Ciamis yang satu ini merupakan tempat wisata alam yang sangat ceroboh.com rekomendasikan, pasalnya air terjun dan suasana yang ada bisa membuat kamu merasa nyaman.

Curug Tujuh Cibolang jaraknya sekitar 35 km jika dari pusat kota Ciamis ke arah utara. Dan 5 km dari arah Kabupaten Panjalu. Yang menjadikan curug ini unik, ke tujuh curugan air yang ada memiliki nama sebutan masing-masing. Nama-namanya yaitu Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh.

Tempat wisata alam di Ciamis ini sangat cocok kamu kunjungi jika menginginkan suasana tenang, sejuk, asri dan damai. Udara pegunungan yang sejuk bisa membuat kamu menjadi lebih fresh, apalagi setelah disibukkan dengan rutinitas harian. Curug Tujuh Cibolang berada di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Lihat juga : Makanan Khas Bangka Belitung

Waterpark Icakan di Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
Icakan – Fotonya@colidil

Mega Wisata Icakan merupakan wisata alam di Ciamis yang dibuat, ditata dan dikelola sedemikian rupa. Tempat wisata alam buatan ini merupakan tempat wisata alam buatan terbesar di kawasan timur dari Provinsi Jawa Barat. Pasalnya tempat wisata ini didirikan di luasan area sekitar 70 hektar. Mega Wisata Icakan juga sering dikenal dengan Waterpark Icakan.

Jika kamu ingin menikmati keindahan panorama di Waterpark Icakan, kamu cukup membayar tiket dengan harga yang relatif murah. Karena dengan nominal kurang dari Rp. 10.000,- kamu sudah bisa masuk ke kawasan ini. Namun jika ingin menikmati atau mencoba beberapa wahana menarik yang ada di dalamnya, kamu perlu mengeluarkan lagi biaya per wahananya. Harga tiap wahana bervariatif.

Beberapa wahana yang dapat kamu gunakan diantaranya waterboom, flying fox, sepeda air, cinema 3D&4D dan beberapa wahana menarik lainnya. Sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga.

Dengan adanya wahana tersebut, kamu bisa lebih dekat dengan keluarga. Mega Wisata Icakan berada di Kampung Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kampung Kuta di Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
Kampung Kuta Ciamis – Fotonya @nyuguh_kuta

Jika kamu ingin berwisata budaya dengan nuansa alam dan pedesaan, maka berkunjung ke Kampung Kuta adalah pilihan terbaik. Eitss, tapi kuta yang ini bukan kuta yang ada di Pulau Bali, yaa. Kampung Kuta yang ceroboh.com maksudkan adalah kampung yang berada di Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Berkunjung ke Kampung Kuta kamu akan disajikan dengan nuansa pedesaan yang masih menjunjung kearifan lokal dan kebudaan nenek moyang di kampung tersebut. Desa ini disebut sebagai desa adat, karena keseharian warga desa yang masih taat kepada aturan-aturan adat.

Diantaranyanya adalah getolnya dalam melestarikan mata air dan hutan serta merawat pohon-pohon aren yang ada. Dari segi keramahan warganyapun demikian. Jika kamu datang kesini maka akan disambut dengan ramah, dan ditawari juga untuk menginap disana dan membaur dengan warga.

Jembatan Cirahong Perbatasan Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
Jembatan Cirahong

Tempat dengan pemandangan alam yang indah berikutnya adalah Jembatan Sasak Cirahong. Jembatan ini tepat berada pada perbatasan Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya. Tempat ini bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata di Ciamis, karena memiliki panorama yang indah. Terlebih ada pemandangan jembatan susun dengan konstruksi arsitektur yang keren. Tentu saja Jembatan Sasak Cirahong merupakan tempat yang bagus untuk dijadikan objek berfoto.

Tempat wisata alam di Ciamis yang satu ini sangat direkomendasikan buat kamu yang gemar fotografi. Jembatan yang ada memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat dua lintasan pada jembatan tersebut.

Lintasan pertama yang paling atas digunakan sebagai jalur rel kereta, dan terowongan jembatan di bawahnya digunakan untuk lintasan kendaraan umum seperti mobil dan motor. Jembatan ini sudah memiliki usia yang tua karena dibangun pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1983.

Lihat juga : Makanan Khas Ciamis

Green Canyon di Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Terpopuler Bernuansa Alam
Green Canyon Ciamis – Fotonya @masukwisata

Tempat wisata di Ciamis yang terakhir yang sangat direkomendasikan ceroboh.com adalah Green Canyon yang ada di Ciamis. Mantap, kan? Karena Green Canyon tidak hanya ada di Amerika saja, ternyata di Ciamis juga ada Green Canyon. Dinamakan Green Canyon karena memang menyerupai Green Canyon yang ada di Amerika, dan yang ada di Ciamis tidak kalah bagus dan menarik.

Green Canyon Ciamis menawarkan keindahan tersendiri, sehingga memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Diantaranya yaitu kamu bisa berenang dan bermain air di tempat wisata di Ciamis ini dengan nuansa air yang berwarna hijau tosca yang sangat jernih.

Kemudian samping kiri dan kanan diapit bebatuan yang menjulang tinggi. Selain berenang, kamu juga bisa berperahu susu sungai dan body rafting. Green Canyon berada di kawasan wisata Cukang Taneuh di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, kabupaten Pangandaran dekat Kabupaten Ciamis.

Demikianlah tempat wisata di Ciamis terpopuler dan terindah yang bisa kamu singgahi. Pilih salah satu tempat tersebut yang menurut kamu paling menarik untuk dijadikan tempat wisata.