11 Tempat Wisata Di Gorontalo Paling Populer Dikunjungi

Selain indah dan memesona, tempat wisata di Gorontalo ternyata unik-unik juga, jarang kita temukan di tempat lain. Ayo, kunjungi slahsatunya.

Ceroboh.com – Ngomongin Gorontalo, merupakan salah satu provinsi yang masih tergolong baru. Hal itu dikarenakan Provinsi Gorontalo merupakan provinsi ke-32 yang baru memisahkan diri menjadi sebuah provinsi.

Pada tahun 2000, Provinsi Gorontalo memisahkan diri dari Provinsi Sulawesi Utara dan kini menjadi provinsi yang bisa dibilang sudah mandiri, dengan Manado yang dijadikan sebagai ibukota provinsi.

Secara ekonomis, Gorontalo merupakan wilayah yang sangat strategis, karena diapit oleh dua kota dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi yaitu Sulawesi Utara dan Kota Manado.

Kondisi ekonomi tersebut didukung juga oleh kekayaan alam Kota Gorontalo. Karena Gorontalo merupakan provinsi yang memiliki tempat wisata yang menarik-menarik. Sehingga banyak wisatawan yang datang ke sini. Banyaknya wisatawan tersebut menjadi keunggulan tersendiri bagi pendapatan ekonomi Gorontalo.

Berbicara tentang tempat wisata di Gorontalo, ia memiliki aneka tempat wisata yang beragam. Mulai dari wisata alam,wisata kuliner, wisata edukasi hingga ada juga wisata religi. Kamu  bisa memilih salah satu dari banyaknya tempat wisata tersebut untuk dijadikan tempat berlibur atau berwisata.

Untuk mengunjungi berwisata di Gorontalo, rasanya kurang lengkap jika kamu hanya berlibur sendirian saja. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu membawa keluarga atau teman-temanmu. Bisa juga membawa istri/suami atau kekasih. Pastinya liburan akan lebih asyik karena bisa bercengkrama ria bersama dengan orang-orang tercinta.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Gorontalo yang sedang kekinian dan banyak dikunjungi oleh wisatawan:

Rumah Adat di Gorontalo

Tempat Wisata Di Gorontalo Paling Populer Dikunjungi
Rumah Adat Gorontalo – fotonya @geebeckz

Tempat wisata di Gorontalo yang direkomendasikan oleh ceroboh.com pertama adalah tempat wisata yang mengandung nilai sejarah. Nama rumah adat Gorontalo ialah Bantayo Poboide. Secara harfiah, Bantayo memiliki arti Bangunan, sedangkan Poboide artinya Tempat Pertemuan.

Di Gorontalo, Rumah Adat Bantayo Poboide difungsikan sebagai pusat kegiatan seni dan budaya Gorontalo. Tentu saja hal ini sesuai dengan filosofi arti namanya.

Di dalam Rumah Adat Bantayo Poboide, terdapat banyak ruangan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Kemudian ornamen-ornamen yang menghiasi dinding memiliki simbol dari aktivitas para penghuninya.

Desa Suku Bajo di Gorontalo

Tempat Wisata Di Gorontalo Paling Populer Dikunjungi
Indahnya Pemandangan Desa Suku Bajo – Fotonya@lihatampana

Selanjutnya ada Desa Suku Bajo yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Gorontalo. Nama desanya adalah Desa Torosiaje. Desa Torosiaje terletak di Kecamatan Popayato, dan penghuninya adalah warga asli Suku Bajo.

Tentu saja berwisata atau berlibur ke desa adat ini akan menjadi pelajaran berharga bagi para pengunjungnya. Apalagi jika kamu menginap beberapa hari. Disana kamu bisa mengenal ragam kegiatan budaya khas Suku Bajo.

Masyarakat Suku Bajo masih memiliki kehidupan yang sangat bersahaja dan ramah terhadap alam sekitar. Tak aneh jika keindahan Teluk Tomini yang ada di sini tetap terjaga keindahan dan kearifannya. Sudah pasti tempat ini bisa menyihir para pengunjung untuk berlama-lama menikmati keindahan alamnya.

Fasilitas akomodasi untuk menginap juga sudah disediakan dan dikelola oleh dinas pariwisata. Kamu cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp. 100.000,- untuk menginap per malamnya. Pokoknya Kampung Suku Bajo yang satu merupakan tempat yang recommended banget untuk kamu kunjungi, deh.

Lihat juga: Makanan khas Gianyar

Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote

Tempat Wisata Di Gorontalo Paling Populer Dikunjungi
Tangga 2000 – Fotonya @coklatgorontalo

Tempat wisata di Gorontalo yang satu ini cukup unik namanya. Meski memiliki nama 2000, kamu janga tercengang dulu. Karena sebenarnya tangga pada tempat wisata Tangga 2000 tidak benar-benar mencapai 2000. Sebenarnya total dari jumlah anak tangga di tempat wisata Tangga 2000  hanya 500 saja. Hehehe…

Dari atas anak tangga, kamu bisa berwisata menikmati keindahan alam Teluk Tomini. Buat kamu yang gemar berselfi atau memiliki hobi fotografi, tentu saja hal ini akan menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Gorontalo.

Kenapa wajib? Karena tempatnya yang sangat indah dan menawan yang membuat para pengunjung terdorong untuk menjadikannya objek foto dan dan berselfi ria.

Tangga 2000 sangat cocok dikunjungi pada saat  pagi hari. Apalagi saat kondisi matahari terbit, tentu akan sangat indah sekali pemandangannya. Selain dapat menikmati keindahan alam, kamu juga bisa mempelajari sejarah dan kebudayaan yang ada, loh. Gimana, makin seru kan?

Di Tangga 2000 juga terdapat sebuah batu besar yang konon merupakan jejak kaki dari Lahilote, menurut cerita yang ada, ia adalah seorang pemuda yang menikah dengan seorang malaikat.

Dari pusat Gorontalo, tempat wisata Tangga 2000 dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit saja. Kamu bisa menggunakan jasa angkutan umum untuk mengunjunginya. Mau coba?

Taman Wisata Laut Olele

Tempat Wisata Di Gorontalo Paling Populer Dikunjungi
Birunya Air Laut Olele @lollandrauf_mua

Taman Wisata Laut Olele merupakan salah satu tempat wisata di Gorontalo yang memiliki keindahan yang terletak pada keindahan lautnya. Keindahan bawah Laut Olele menjadikan para wisatawan penasaran, sehingga tak aneh jika banyak wisatawan yang datang untuk menyelam di Laut Olele Gorontalo.

Taman Wisata Laut Olele sangat direkomendasikan buat kamu yang gemar snorkling karena Laut Olele merupakan sebuah spot yang sangat indah untuk diselami.

Namun, bagi kamu yang belum pernah snorkling, kamu tetap bisa merasakan menyelam dengan bantuan pemandu. Bisa mencoba spot yang tidak terlalu dalam untuk mencoba kali pertama.

Spot andalan dari tempat selam yang indah ini adalah Coral Pole, Goa Jin dan Salvador Dali. Kamu bisa memilih salah satunya, atau boleh  juga menjajaki semuanya. Tempatnya beralamat di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Provinsi Gorontalo.

Wisata Hiu Paus Botubarani

Tempat Wisata Di Gorontalo Paling Populer Dikunjungi
Wisata Hiu Paus – Fotonya @arlank_pakaya

Tempat wisata di Gorontalo yang satu ini terbilang sangat unik dan langka. Akhir-akhir ini ,tempat wisata Bahari Hiu Paus sedang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai penjuru.

Baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan dari luar negeri. Yang menjadi daya tarik yang unik di Bahari Hiu Paus adalah adanya hiu paus yang hidup bebas di alamnya.

Hiu di sini memiliki ukuran yang besar dan jinak. Terlihat sangat bersahabat dengan para pengunjung/wisatawan dan juga dengan para nelayan di sana.

Bahkan disediakan juga tempat berenang bersama hiu paus. Jadi, ketika kamu berkunjung ke tempat wisata Bahari Hiu Paus, kamu bisa merasakan sensasi berenang bersama hewan satu ini .

Untuk kali pertama, mungkin akan masih terasa takut dan cemas, tapi jangan khawatir. Karena untuk berenang bersama hiu paus, kamu akan ditemani oleh nelayan Gorontalo yang menjadi guide di sana. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen berenang bersama hewan langka, ya!

Baca juga: Makanan Khas Raja Ampat

Kolam Renang Potanga di Gorontalo

Selanjutnya ada Kolam Renang Potanga. Kolam Renang Potanga bisa kamu jadikan tempat wisata di Gorontalo bersama keluarga. Kolam Renang Potanga merupakan wahana wisata buatan yang dilengkapi dengan aneka ragam wahana yang menarik dan menghibur.

Tempatnya terlihat sangat bersih dan asri. Sehingga, banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur di Gorontalo. Letak Kolam Renang Potanga tidak jauh dari pusat Kota Gorontalo. Karena dapat ditempuh dalam jalaran 4 kilometer saja.

Kolam Renang Potanga memiliki air yang sejuk dan segar. Hal ini karena air Kolam Renang Potanga langsung dialiri dari air pegunungan. Sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Selain kolam renang, tempat wisata Kolam Renang Potanga juga dilengkapi dengan aneka wahana lainnya seperti cottage dan ada juga fasilitas kolam renang air panas.

Tempat wisata Kolam Renang Potanga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Jangan lupa untuk merasakan hangatnya bercengkrama bersama keluarga sambil berenang di kolam, ya…

Pulau Bitila di Gorontalo

Tempat Wisata Di Gorontalo Paling Populer Dikunjungi
Indahnya Laut dari Pulau Bitila – Fotonya @leonyam

Selanjutnya ada pulau yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat wisata di Gorontalo. Nama pulau tersebut adalah Pulau Bitila. Pulau Bitila merupakan pulau yang tak berpenghuni.

Dan tempat ini merupakan tempat yang dijadikan sebagai tempat wisata bahari oleh pemerintah Kabupaten Boalemo. Pulau Bitila memiliki keindahan pantai yang begitu menakjubkan. Sehingga memiliki daya tarik tersendiri pagi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Pulau Bitila memiliki pasir pantai berwarna putih yang indah. Meski pulaunya tidak begitu luas, namun Pulau Bitila memiliki vegetasi yang kaya. Pulau ini sangat terasa sejuk karena banyak pepohonan yang rimbun. Terdapat juga tempat berbaring, untuk menikmati hangatnya sinar matahari.

Pakaya Tower Limboto

Tempat Wisata Di Gorontalo Paling Populer Dikunjungi
Pakaya Tower Limboto – Foto @niko_operator

Tower yang menjadi landmark Kota Gorontalo ini bisa juga dijadikan alternatif sebagai tempat wisata di Gorontalo.

Menara Tower Limboto sangat unik dan menarik karena bentuknya hampir menyerupai menara Eiffel yang ada di Paris. Namun tingginya sangat jauh beda, karena Tower Limboto hanya memiliki ketinggian 65 meter saja.

Menara Tower Limboto sangat unik karena kamu bisa menggunakan beberapa fasilitas yang ada di sini. Seperti lantai pertama yang bisa dijadikan aula dengan ketinggian sekitar 10 meter. Dan lantai berikutnya dengan ketinggian 14 meter ada restoran.

Kemudian dilantai tiga dengan ketinggian 30 meter kamu dapat menjumpai aneka souvenir khas Gorontalo, dan kamu juga dapat membelinya sebagai oleh-oleh.

Sedangkan di lantai empat dan lantai lima, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan Kota Gorontalo dari ketinggian saat malam hari dan siang hari.

Namun akan sangat indah dan menarik jika kamu datang malam hari. Karena ada lampu sorot yang tajam yang menambah lengkap keindahan Kota Gorontalo dari atas ketinggian.

Pentadio Resort di Gorontalo

Tempat Wisata Di Gorontalo Paling Populer Dikunjungi
Pentadio Resort – Foto @andreas_salmon

Tempat wisata di Gorontalo berikutnya merupakan tempat wisata bertaraf internasional. Yang letaknya di Kecamatan Talagabiru, Kabupaten Gorontalo. Pentadio Resort menyediakan aneka fasilitas yang bisa memanjakan para pengunjungnya.

Diantaranya yaitu tempat penjualan souvenir khas Gorontalo, restaurant, penginapan/pondokan, kolam renang air mancar, sauna lokasi pemancingan dan ada juga pemandian air panas yang mengalir ke Danau Limboto. Disini pengunjung bisa menikmati keindahan aliran mata air panas.

Fasilitas yang ada sangat memanjakan para wisatawan yang datang ke Gorontalo. Tentunya ketika kesini kamu harus punya budget lebih untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut. Tapi budget yang dikeluarkan pastinya akan sesuai dengan fasilitas yang kita gunakan.

Pusat Kerawang di Gorontalo

Selanjutnya ada Pusat Kerawang, dan bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Gorontalo. Tempat ini bernama Kerawang. Diambil dari nama Karawo yang merupakan kerajinan sulam buatan tangan asli Gorontalo. Kerajinan Kerawang sudah berkembang sejak lama, sehingga sekarang menjadi sentra kerajinan di Gorontalo.

Sulaman Kain Kerawang sudah terkenal dan banyak digunakan untuk beragam kebutuhan sandang. Karena kerap kali hasil sulamannya dijadikan baju yang bisa dipakai sehari-hari. Selain itu juga, Kain Kerawang dibuat pakaian seragam jemaah haji. Bahkan kerajinan sulam khas Gorontalo ini suka diikutsertakan dalam ajang fashion show.

Proses pembuatan Sulaman Kerawang cukup sulit sehingga tidak banyak orang yang bisa membuatnya. Selain dijadikan pakaian atau baju, hasil sari Kain Sulaman Kerawang juga sering dijadikan anekaragam kerajinan lain seperti sapu tangan, tas, taplak meja, kopyah, topi, kipas hingga dijadikan mukena alat sholat.

Hasil kerajinan tersebut tentunya bisa kamu dapatkan di tempat ini dan dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh khas Gorontalo.

Alternatif Tempat Wisata di Gorontalo

Selain sepuluh tempat wisata yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak lagi tempat wisata di Gorontalo yang bisa kamu kunjungi. Baik itu wisata alam atau tempat wisata lain yang mengedukasi.

Tempat-tempat ini sangat indah dan bagus-bagus. Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa untuk dikunjungi saat liburan tiba. Tempat-tempat wisata di Gorontalo tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bukit Layang Gorontalo
  • Masjid Walima Emas Gorontalo
  • Pulau Diyonumo Gorontalo
  • Desa Wisata Religi Bongo
  • Pulau Cinta Gorontalo
  • Air Terjun Hiyaliyo Da’a Gorontalo
  • Pantai Kurenai Gorontalo
  • Pantai Dunu Gorontalo
  • Pantai Tenilo Gorontalo
  • Pantai Bolihutuo Gorontalo
  • Benteng Otahana Gorontalo
  • Teluk Tomini Gorontalo
  • Pantai Pasir Putih Leato Gorontalo
  • Air Terjun Taludaa Gorontalo
  • Danau Limboto Gorontalo
  • Pulau Saronde Gorontalo
  • Pantai Mananggu Gorontalo
  • Air Terjun Tenilo Gorontalo
  • Air Terjun Ayuhulalao Gorontalo
  • Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo
  • Monumen Nani Wartabone Gorontalo

Demikianlah banyaknya tempat wisata di Gorontalo yang menjadi pusat perhatian para wisatawan baik wisatawan asal Indonesia, maupun wisatawan dari berbagai negara. Semoga informasi yang disajikan ceroboh.com dapat bermanfaat.

Baca juga: Oleh-oleh Khas Gorontalo

BERI KOMENTAR