16 Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi

Tempat wisata di Magetan memang banyak, saking banyaknya jadi bingung mau main kemana dulu. Pastikan kamu mengunjungi salah satunya.

Ceroboh.com – Mungkin Magetan merupakan salah satu kota yang masih terdengar asing bagi beberapa kalangan yang tinggal di luar Pulau Jawa. Kota Magetan memang memiliki luas wilayah yang tidak terlalu besar.

Namun ternyata disini terdapat beberapa destinasti wisata yang menarik untuk dikunjungi. Baik dikunjungi saat hari libur tiba atau bisa juga dikunjungi pada hari-hari biasa, ketika kamu tidak sengaja kesana untuk kepentingan tertentu.

Peta Kabupaten Magetan

Magetan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Jika dibandingan dengan kota lain yang ada di Jawa Timur, Kota Magetan tidak sepopuler kota lain seperti Jombang, Bojonegoro dan Tuban. Namun karena belum terlalu terkenal, jadi kotanya masih terlihat asri dan sejuk.

Berikut ini adalah 16 tempat wisata di Magetan Jawa Timur yang sedang hits dan banyak dikunjungi oleh wisatawan:

Alun-Alun Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Selfy di Alun-alun Magetan – @prizhilia_anggie.17

Alun-alun di Magetan tempatnya sangat asri dan bersih, sehingga bisa dijadikan tempat wisata di Magetan ketika kamu tidak punya waktu yang banyak saat singgah di kota Ini.

Alun-alun bisa menjadi alternatif wisata dan dapat dijadikan wahana penghilang stres. Di alun-alun Magetan, kamu bisa menggunakan beberapa fasilitas pendukung seperti pujasera dan taman bermain. Sangat cocok dikunjungi sembari bersantai bersama teman atau keluarga.

Air Terjun Tirtasari di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Pelangi di Air Terjun Tirtasari – Foto @ash_shuwaif

Tempat wisata di Magetan yang menjadi primadona dan banyak dikunjungi oleh masyarakat adalah Air Terjun Tirtasari. Air Terjun Tirtasari memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 50 meter. Tingginya air terjun ditambah pemandangan sekitar yang menakjubkan, menjadikan ia semakin menarik perhatian para pengunjung. Akses menuju Air Terjun Tirtasari juga terbilang mudah.

Daya tarik lain dari Air Terjun Tirtasari yaitu kamu bisa menelusuri keindahan Sungai Tirtasari sambil menaiki kuda milik warga setempat yang sengaja disediakan bagi para wisatawan yang datang ke tempat wisata di Magetan satu ini.

Tiket masuk ke Air Terjun Tirtasari juga murah. Kita hanya butuh merogoh kocek sebesar Rp. 7.000,-  untuk bisa menikmati pemandangan air terjun yang asri dan menakjubkan satu ini. Untuk mencapai Air Terjun Tirtasari, kamu bisa menempuh dengan berjalan kaki dari pemukiman warga.

Namun, bisa juga menggunakan jasa tukang ojek supaya lebih efisien. Lokasi tepatnya berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plason, Kabupaten Magetan.

Lihat juga:Makanan Khas Banten

Telaga Wahyu di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Pemandangan Telaga Wahyu – Foto @min_tekno

Setelah menjelajahi Tirtasari, kamu bisa langsung mengunjungi Telaga Wahyu karena jarak lokasinya tidak terlalu jauh. Telaga Wahyu hanya berjarak sekitar kurang lebih 2 km. Telaga Wahyu termasuk kategori kawasan wisata Sarangan, Magetan yang memiliki nama lain yaitu Telaga Warung Magetan.

Kelebihan dari Telaga Wahyu yaitu disana terdapat lokasi pemancingan dan tempatnya bisa dijadikan untuk berkemah. Kemudian kamu juga bisa hanya sekedar menikmati hamparan pemandangan yang indah nan menenangkan.

Fasilitas yang ada di Telaga Wahyu cukup lengkap, diantaranya seperti kamar mandi, gazebo, warung makan, serta becak air yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi telaga tersebut. Lokasi wisata Telaga Wahyu berada di Desa Ngerong, Kecamatan Plason, Kabupaten Magetan.

Candi Sadon di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Tampak Depan Candi Sadon – Foto @khoirunnisakmardani

Selanjutnya adalah Candi Sadon atau sering dikenal dengan sebutan Candi Reog. Kenapa dikenal dengan candi Reog? Karena didalamnya terdapat pertunjukan acara besar yang menyerupai reog. Pertunjukan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain ada pertunjukan reog, di sekitar tempat ini juga terdapat peninggalan batu berbentuk lembu dan rumah. Tempat peninggalannya berada di Dusun Mulyono, Gelangan. Terletak sekitar 100 meter dari Candi Sadon.

Telaga Sarangan di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Berfoto di Telaga Sarangan – Foto @rofianasarrifah

Tempat wisata di Magetan, Jawa Timur yang berikutnya terletak di kaki Gunung Lawu. Telaga Sarangan sudah dikelola dan diberi beberapa fasilitas untuk menarik pengunjung, diantaranya adalah Speed Boat. Dengan menggunakan Speed Boat, kamu bisa mengelilingi Telaga Sarangan dengan cara yang berbeda.

Dari Pusat Kota Magetan, Telaga Sarangan berjarak sekitar 16 kilometer. Dengan fasilitas yang mendukung, serta dengan keindahan alam yang sangat menawan, menjadikan Telaga Sarangan menjadi tempat wisata yang sangat populer dan banyak diminati para pengunjung. Tak hanya dari wisatawan luar kota, namun warga Magetan juga banyak yang berwisata di Telaga Sarangan.

Di Telaga Sarangan  terdapat wisata kuliner yang menarik. Disana kamu bisa menjumpai dan mencicipi kenikmatan sate kelinci yang dijual di sekitar Telaga Sarangan.

Dijamin, dengan berkunjung ke Telaga Sarangan kemudian mencicipi lezatnya sate kelinci, kamu tidak akan merasa kecewa. Nah, lokasi Telaga Sarangan berada di Lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Taman Ria Maospati di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Berpose di Taman Ria Maospati – Foto @rismaymd2_

Jika kamu sedang berkunjung ke Magetan, kemudian ingin berwisata dengan nuansa taman, maka Taman Ria Maospati adalah pilihan terbaik. Taman Ria Maospati bisa dijadikan sebagai tempat wisata alternatif yang murah meriah. Namun tetap menjaga unsur kenyamanan dalam berwisata, ya.

Taman Ria Maospati memiliki suasana yang sangat asri. Cocok dikunjungi bersama keluarga saat sore hari tiba, sambil berjalan-jalan santai. Kemudian selain asri dan sejuk, taman yang satu ini juga menyediakan beberapa fasilitas permainan anak.

Kemudian pada waktu-waktu tertentu Taman Ria Maospati sering dijadikan tempat konser para artis. Letak Taman Ria Maospati berada di Desa Pandean, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Baca juga:Tempat Wisata di Nganjuk

Sungai Gandong di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Pemandangan Sungai Gandong – Foto @atim_prianto

Bagi warga Magetan mungkin sungai yang satu ini bukan tempat yang asing lagi di telinga mereka karena lokasinya yang tidak begitu sulit—terletak di lereng Gunung Lawu.

Rute untuk sampai ke lokasi Sungai Gandong harus melewati jalan setapak, maka dari itu sangat dihimbau untuk tetap berhati-hati. Airnya yang sangat jernih dan segar menjadi daya tarik tersendiri sebagai tempat yang dijadikan sebagai sebuah wisata di Magetan.

Airnya yang tenang menjadikan Sungai Gandong sungguh memikat untuk di selami. Kemudian ada bebatuan yang indah dilihat, sehingga menarik untuk dijadikan objek berfoto. Wah, seru sekali, ya.

Air Terjun Pundak Kiwo di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Indahnya Air Terjun Pundak Kiwo – Foto @alpinliebe

Nama tempat wisata di Magetan yang berikutnya adalah Air Terjun Pundak Kiwo. Letaknya berada di samping kiri Gunung Lawu. Karena dikelilingi dengan pepohonan yang rindang, air terjun dengan ketinggian kurang lebih 45 meter ini memiliki suasana alam yang sangat asri.

Sehingga bagi kamu yang menyukai pemandangan dan suasana alam, sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Air Terjun Pundak Kiwo. Air Terjun Pundak Kiwo berlokasi di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Pemandian Dewi Sri di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Pemandian Dewi Sri – Foto @56_sugeng

Berikutnya ada Pemandian Dewi Sri. Tempat wisata di Magetan, jawa Timur satu ini merupakan tempat wisata bersejarah. Pemandian Dewi Sri sering dikenal juga sebagai Candi Simbatan. Pemandian bersejarah ini memilik luas sekitar kurang lebih 12 m2.

Pemandian Dewi Sri memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi karena terdapat beberapa penemuan arkeolog seperti miniatur rumah (sandung) sejumlah 7 buah, fragmen arca 7 buah, fragmen kemuncak 1 buah, patung batu 1 buah, fragmen yoni 1 buah, sumur kuno 1 buah dan ada lumbung baru sebanyak 4 buah.

Sehingga untuk kamu yang ingin mengenal sejarah atau ingin tahu lebih dalam mengenai sejarah tersebut, kamu bisa langsung mengunjungi Pemandian Dewi Sri.

Bumi Perkemahan Mojosemi di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Ramainya Bumi Perkemahan Mojosemi – Foto @anymukarro

Buat kamu yang gemar berkemah bersama keluarga, maka rekomendasi wisata di Magetan yang berikutnya adalah Bumi Perkemahan Mojosemi. Kamu bisa mengenal alam bersama keluarga.

Dijamin akan semakin menyenangkan karena disini juga terdapat fasilitas flying fox dan arena tantangan bertali.

Cemoro Sewu di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Cantiknya Pemandangan Cemoro Sewu – Foto @ndrexnss

Tempat wisata di Magetan satu ini memiliki daya tarik yang menakjubkan. Di Cemoro Sewu kamu dapat merasakan sensasi memetik buah stroberi secara langsung dari pohonnya.

Kemudian kamu  juga bisa langsung memakannya. Tempat ini bisa dijadikan tempat agrowisata yang terbilang murah, karena kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp.5.000,- hingga Rp.25.000,- untuk menikmati stroberi tersebut.

Selain dapat menikmati stroberi, kamu juga akan dimanjakan dengan suguhan alam yang sangat asri nan indah dan memberikan suasana nyaman bernuansa pedesaan. Pokoknya ketika berwisata ke Cemoro Sewu, dijamin kamu tidak akan menyesal. Cemoro Sewu terletak di Ngancar, Plason, Magetan.

Kolam Renang Banyu Biru di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Foto @mauliya_nisa

Kolam renang juga bisa dijadikan alternatif tempat wisata di Magetan. Di Magetan terdapat kolam renang yang selalu banyak dikunjungi orang-orang setiap akhir pekan datang.

Yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi, selain menyediakan fasilitas kolam renang, disini juga terdapat fasilitas penunjang lainnya seperti pemutaran film, pemancingan, tempat olahraga, taman bermain anak bahkan ada juga beberapa koleksi hewan yang menarik untuk dilihat.

Hal ini menjadikan Kolam Renang Banyu Biru sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga saat liburan tiba. Lokasinya berada di Jalan Raya Maospati No. 5, Tinap, Sukomoro, Magetan.

Punden Clelek dan Sumber Clelek di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Foto @aarznt_

Selain Pemandian Dewi Sri, di Magetan juga terdapat wisata sejarah lain, loh. Ternyata banyak juga, ya, tempat bersejarah di Kota Magetan.

Tentu saja hal inilah yang membuat Magetan terasa sangat menarik untuk dijadikan sebagai tempat wisata di daerah Jawa Timur.

Berikutnya ada Penden Clelek yang berupa cagar budaya yang berjumlah tiga. Diantaranya yaitu miniatur rumah dan arca, ditambah satu lagi yang sering dikenal sebagai sumber clelek yaitu berupa telaga kecil.

Telaga ini sudah terkenal sebagai tempat wisata di Magetan jawa Timur. Untuk sepasang kekasih, telaga ini menjadi tempat wisata yang romantis.

Jalan Tembus Sarangan di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi

Jalan Tembus Sarangan di Magetan sering disebut dengan singkatan JT. Jalan Tembus Sarangan merupakan jalan lintas antara Magetan dan Karanganyar.

Jalan ini menjadi sesuatu yang unik dan menarik sehingga banyak warga yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata di Magetan. Berwisata sederhana sembari menikmati makanan yang dibawa lalu merasakan hamparan pemandangan yang indah tentunya.

Hal ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Sehingga banyak juga para pengunjung dari luar kota yang sengaja berwisata ke Jalan Tembus Sarangan.

Pendakian Gunung Lawu di Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi

Tempat wisata di Magetan yang menjadi daya tarik bagi para pecinta alam adalah Jalur Pendakian Gunung Lawu.  Disini kamu bisa menikmati keindahan sunrise dari ketinggian Gunung Lawu. Dan keindahan dari panorama detik-detik sunrise yang tidak diragukan lagi.

Gunung Lawu berada diantara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Menjadi daya tarik bagi para pecinta alam untuk menaklukkannya.

Gunung Lawu juga memiliki keindahan yang menarik di bagian puncak tertingginya, sehingga sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menantang diri menaklukan ketinggian.

Untuk bisa sampai ke puncak, ada dua jalur pendakian. Yaitu jalur cemoro kandang di Tawangmangu. Dan jalur pendakian yang satunya adalah jalur cemoro sewu di Sarangan.

Dan satu lagi yang unik dan bisa kamu temui adalah, disana ada tukang dagang atau warung makan. Wah kebayang, bagaimana pedagang bisa sampai kesana. Hebat, kan?

Kunjungi juga: Tempat Wisata di Wonosari

Pusat Oleh-oleh di Jalan Sawo Magetan

Tempat Wisata di Magetan Paling Banyak Dikunjungi
Sumber gambar corlena.wordpress.com

Yang terakhir, yang sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata di Magetan, Jawa Timur adalah Pusat Oleh-oleh di Jalan Sawo. Tempat ini tidak boleh kamu lewati. Karena setelah menikmati keindahan tempat wisata di Magetan, kamu harus mencicipi berbagai oleh-oleh berupa kuliner khas Magetan.

Kemudian kamu juga bisa membelinya sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Karena tentu saja akan kurang lengkap jika pulang ke daerah asal tanpa membawa oleh-oleh.

Maka dari itu, Pusat Oleh-oleh di  Jalan Sawo merupakan tempat yang harus dikunjungi untuk berburu oleh-oleh. Baik itu berupa makanan khas Magetan, atau berupa souvenir buatan pengrajin Magetan. Selamat berburu oleh-oleh!

Demikianlah beberapa tempat wisata di Magetan paling direkomendasikan dan harus kamu kunjungi. Semoga menjadi referensi ya g bermanfaat. Selamat berlibur.

Jangan lupa pilihlah tempat yang paling menarik dan paling diminati. Jangan lupa juga ajak keluarga, supaya liburannya makin menarik, dan menjadikan keluarga lebih harmonis.