7+ Tempat Wisata di Nganjuk Paling Kekinian

Main di Nganjuk cocoknya berkunjung ke tempat yang masih alami dan bernuansa alam, mari simak tempat wisata di Nganjuk yang paling kekinian, dijamin gak bakal bosan.

Ceroboh.com– Berbicara tempat wisata yang ada di Indonesia, selalu saja tidak ada habisnya. Setiap daerah atau provinsi selalu saja ada tempat wisata yang menarik dikunjungi. Baik itu wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata budaya. Selain itu, ada juga agrowisata yang dibuat dengan konsep pertanian.

Tak aneh karena Indonesia merupakan Negara Kepulauan, dan memiliki luas wilayah yang cukup besar. Sehingga tempat wisatanya pun sangat beragam.

Berhubung wilayah Indonesia itu terbagi-bagi dan begitu banyak. Pada kesempatan kali ini ceroboh.com akan membahas lebih spesifik mengenai tempat wisata alam di Nganjuk. Jadi tempat wisata yang akan kita bahas kali ini hanya tempat-tempat wisata yang bernuansa alam saja. Jika kamu ingin melihat tempat wisata di Nganjuk secara luas, bisa baca:

Nganjuk merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Dan Kota Nganjuk merupakan kota yang banyak dikunjungi oleh para turis dan penduduk yang berada di kota sekitar Nganjuk. Jadi sangat disarankan untuk menjadikan Nganjuk sebagai tempat untuk berlibur, jangan sampai kalah dengan para turis dari luar negeri. Tentunya kamu juga harus menikmati keindahan alam di Nganjuk.

Bagi kamu yang masih bingung mau berlibur kemana dengan destinasinya Kota Nganjuk, maka ceroboh.com merekomendasikan beberapa tempat wisata alam di Nganjuk berikut ini.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Nganjuk dengan nuansa alam yang indah:

Air Terjun Roro Kuning

Tempat Wisata di Nganjuk Paling Kekinian
Indahnya Air Terjun Roro Kuning – Fotonya @mayangsuprobo

Di Kota Nganjuk banyak sekali loh, wisata air terjunnya. Nah, yang pertama yang kami rekomendasikan adalah Air Terjun Roro Kuning. Air Terjun Roro Kuning terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Air Terjun Roro Kuning memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari air terjun lain karena air yang mengalir dari atas, kemudian berlanjut mengalir merambat melalui bebatuan. Sehingga Air Terjun Roro Kuning juga sering dikenal dengan sebutan Air Terjun Merambat Roro Kuning.

Area wisata alam di Nganjuk yang satu ini, selain menawarkan keindahan air terjunnya, disana juga terdapat beberapa fasilitas yang dapat kamu gunakan. Diantaranya yaitu fasilitas kolam renang dan tempat penangkaran rusa.

Aliran air yang mengalir ke Air Terjun Roro Kuning, bersumber dari tiga sumber yang ada di sekitar Gunung Wilis. Air Terjun Roro Kuning memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 10 sampai 15 meter. Yang menjadi daya tarik Air Terjun Roro Kuning adalah aliran airnya yang mengalir melalui sela-sela bebatuan di bawah pohon pinus.

Jika kamu ingin mengunjungi air terjun memesona ini, jarak yang ditempuh lumayan jauh dari Kota Nganjuk. Untuk mencapai ke Desa Bajulan, kamu harus menempuh jarak sekitar 30 km.

Lihat juga:Tempat Wisata di Wonosari Paling Hits

Air Terjun Sedudo

Tempat Wisata di Nganjuk Paling Kekinian
Cantiknya Air Terjun Sedudo – Foto @dewi.nurkhalifah

Gerojogan Sedudo atau sering disebut Air Terjun Sedudo merupakan destinasti wisata alam di Nganjuk yang juga sangat kami direkomendasikan. Pasalnya, Air Terjun Sedudo merupakan air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Tempat wisata Air Terjun Sedudo berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Ketinggian Air Terjun Sedudo sangat menakjubkan, karena mencapai hingga kurang lebih 105 Meter. Dengan keberadaanya yaitu tepat pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut. Untuk sampai Air Terjun Sedudo tidak terlalu sulit, karena jalur transportasinya cukup mudah untuk dijangkau. Sehingga untuk menikmati keindahan alamnya, kamu tidak perlu berlama-lama berada dalam perjalanan.

Oleh sebab itulah itulah, banyak sekali wisatawan domestik dan mancanegara sering menjadikan Air Terjun Sedudo sebagai kunjungan utama tempat wisata alam di Nganjuk. Budaya di sinipun masih terasa kental dan masih memercayai unsur mistis bahwa warga sekitar percaya pada kekuatan supranatural yang ada pada Air Terjun Sedudo. Hal ini terlihat saat Bulan Syuro.

Pada Bulan Syuro, kamu bisa melihat banyak sekali warga Nganjuk dan sekitar berduyun-duyun mengadakan sebuah ritual mandi biasa disebut Mandi Sedudo. Ritual Mandi Sedudo dilaksanakan setiap tahun, dengan kepercayaan bahwa Bulan Syuro bisa memberikan berkah tersendiri apabila mandi di Air Terjun Sedudo.

Air Terjun Sumbermanik

Tempat Wisata di Nganjuk Paling Kekinian
Air Terjun Sumbermanik – Foto @yogandlz

Air Terjun Sumbermanik memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 35 meter. Meskipun tempatnya jauh dan membutuhkan pengorbanan tersendiri, tempat wisata alam di Nganjuk yang satu ini tetap banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Pasalnya, para wisatawan yang belum tahu pasti rute perjalanannya, mereka bisa minta diantar oleh warga sekitar yang menyediakan jasa pengantar/guide.

Di Air Terjun Sumbermanik, kamu akan melewati jalur yang terjal dan berbatu. Sehingga ketika berada dalam perjalanan, kamu harus benar-benar hati-hati. Juga jangan lupa untuk banyak bertanya kepada pengantar tentang cara melewati rute yang sulit dilewati tersebut.

Namun jangan sedih ya, semua lelah di perjalanan tadi, akan terbayar tuntas dengan harga pemandangan super indah dan memesona yang ada di lokasi air terjun ini. Kamu juga akan disajikan dengan sejuknya suasana dan segarnya air yang ada.

Lokasi Air Terjun Sumbermanik berada di Lereng Bukit Punjul Gunung Wilis, Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Air Terjun Singkromo

Tempat Wisata di Nganjuk Paling Kekinian
Air Terjun Singkromo – Fotonya @darmahatake

Berikutnya ada Air Terjun Singkromo yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Meskipun masih kalah tinggi dari air terjun sebelumnya. Di sini kamu tetap akan dibayar dengan suasana alam yang sejuk dan asri.

Akses jalan menuju Air Terjun Singkromo juga masih terbilang sulit. Karena Air Terjun Singkromo  masih belum dikelola oleh pihak pemerintah.

Meskipun demikian, air terjun ini tidak terlalu jauh dari Kota Nganjuk. Karena kurang lebih hanya berjarak sekitar 2,5 km saja. Bagi kamu yang membawa kendaraan roda dua, bisa mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan yang kamu bawa.

Selanjutnya, nanti perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki. Menelusuri jalan setapak dengan rute sekitar 500 m atau dengan waktu tempuh kurang lebih hanya 15 menit saja. Air Terjun Singkromo tidak terlalu jauh dari lokasi Air Terjun Sedudo.

Kunjungi juga:Tempat Wisata di NTT yang Paling Indah

Air Terjun Ngebleng

Tempat Wisata di Nganjuk Paling Kekinian
Kejernihan Air Terjun Ngebleng – Foto @yanuar_prasetyo8

Air Terjun Ngebleng merupakan tempat wisata di Nganjuk yang letaknya berada di perbatasan antara Kota Jombang dan Kota Nganjuk. Air Terjun Ngebleng merupakan air terjun yang belum dikelola oleh pemerintah setempat. Sehingga belum ada banyak campur tangan manusia. Walhasil air terjun ini masih terlihat asri dengan pemandangan yang menawan.

Tidak ada karcis masuk untuk menikmati keindahan Air Terjun Ngebleng. Paling kita cukup membayar uang parkir di halaman warga saja, itupun jika membawa kendaraan bermotor. Untuk mencapai Air Terjun Ngebleng dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dihitung dari pemukiman warga. Dengan estimasi jarak sekitar kurang lebih 2 km.

Perlu diketahui, jika kamu berkunjung ke sini pada musim kemarau ketika saat airnya surut, maka kamu dapat menggunakan kendaraan sepeda motor untuk mencapainya. Namun jika musim penghujan, debit air akan semakin deras. Sehingga jalur tidak bisa dilewati sepeda motor.

Grojogan Duwur Sumbermini

Tempat Wisata di Nganjuk Paling Kekinian
Pemangangan Indah Grojogan Duwur Sumbermini – Foto @boss_epank

Grojogan Duwur Sumbermini merupakan waterboom alami yang berada di hutan. Karena tempatnya di hutan, jadi tempat wisata alam di Nganjuk satu memiliki daya tarik tersendiri. Sayangnya, Grojogan Duwur Sumbermini belum banyak diketahui masyarakat skala luas, jadi masih terlihat sepi.

Disebut sebagai waterboom alami mungkin karena di Grojogan Duwur Sumbermini terdapat overlay batu kapur dengan bentuk baskom berisi air berwarna hijau dan bisa kamu gunakan sebagai kolam renang. Pada plang papannya terdapat tulisan, “Waterboom Alami, Wahana Bermain Air Alami di Kawasan Hutan”.

Untuk dapat menjumpai tempat wisata alam di Nganjuk yang unik ini, kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Sumbermiri, Lingkungan Lengkong, Nganjuk. Atau tepatnya berada di kawasan BKPH Krondong, KPH Jombang.

Alternatif Tempat Wisata di Nganjuk Lainnya

Selain tempat wisata alam di Nganjuk yang sudah dipaparkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi wisata alam di Nganjuk yang bisa kamu kunjungi. Untuk wisata alam yang paling ceroboh.com rekomendasikan adalah wisata alam yang sudah dijelaskan di atas. Selanjutnya kamu juga bisa memilih alternatif tempat wisata alam di Nganjuk lainnya seperti:

  • Jurang Gatuk di Nganjuk
  • Agrowisata Perkebunan Mawar di Nganjuk
  • Bukit Watu Songong di Nganjuk
  • Sendang Putri Wilis di Nganjuk
  • Bukit Batu Songgong / Bukit Batu Ngroto di Nganjuk
  • Taman Anjuk Ladang di Nganjuk
  • Taman Pandan Wilis di Nganjuk
  • Embung Estumulyo di Nganjuk

Untuk deskripsi penjelasan tempat wisata alam di Nganjuk kali ini, silahkan teman-teman bisa mencari referensi di berbagai sumber. Atau tunggu postingan ceroboh.com yang berikutnya. Selanjutnya, akan dibahas lebih rinci.

Demikian beberapa rekomendasi wisata alam di Nganjuk yang paling menarik perhatian. Kamu bisa berkunjung pada salah satunya. Atau bisa juga memilih beberapa diantaranya untuk dijadikan tempat berwisata alam. Bisa ajak teman atau keluarga agar wisatanya lebih menyenangkan. Selamat berwisata di Kota Nganjuk.

Baca juga:Tempat wisata di Demak paling kekinian

BERI KOMENTAR