12 Tempat Wisata Di Wonosari Gunung Kidul Paling Hits

Di Jelajah, Tempat Wisata 115 views

Sampe bingung mau main ke mana dulu, Wonosari emang banyak sekali tempat wisatanya. Ayo kunjungi Tempat Wisata di Wonosari yang lagi hits ini.

Ceroboh.com – Tahukah kamu kalau Wonosari merupakan  pusat dari Kabupaten Gunung Kidul? Selain Ibukota, Wonosari merupakan sebuah nama kecamatan pula. Di Wonosari, ternyata banyak sekali tempat wisata. Pernahkah teman-teman pergi ke salah satu tempat wisata di Wonosari? Atau sekarang akan ke Wonosari dan sedang mencari rekomendasi tempat yang asyik dikunjungi?

Bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Wonosari, maka berkunjung ke ceroboh.com adalah hal yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas beberapa tempat wisata di Wonosari yang asyik dan seru untuk dikunjungi.

Kamu bisa berkunjung ke Wonosari bersama teman-teman atau bisa juga bersama keluarga saat akhir pekan atau saat liburan panjang. Tempat wisata di daerah Wonosari tentu akan sangat menyenangkan mengingat, selain terdapat wisata alam yang indah-indah, di Wonosari juga terdapat banyak sekali tempat wisata menarik lainnya.

Pastikan liburan kamu nyaman dan menyenangkan. Berikut ini adalah 12 tempat wisata di Wonosari Paling Ramai Dikunjungi:

Pantai Ngobaran Di Wonosari

Tempat Wisata Di Wonosari Gunung Kidul
Diatas Perahu Pantai Ngobaran – Foto dari @novitan_17

Tempat wisata di daerah Wonosari yang menjadi rekomendasi pertama adalah Pantai Ngobaran. Pantai ini sangat menawarkan keindahan alamnya. Terlihat dari gulungan ombak yang tidak terlalu deras, barisan batu karang yang indah, hamparan pasir putih yang memesona, juga rumput laut/alga dilengkapi dengan deretan pohon pandan laut yang enak dilihat oleh mata dijamin akan memanjakan pandangan mata. Dijamin deh, kamu akan betah berlama-lama di Pantai Ngobaran.

Selain menawarkan keindahan alamnya, Pantai Ngobaran juga terkenal dengan kekentalan adat yang ada. Panta ini juga terkenal sebagai tempat ritual penganut kepercayaan agama tertentu. Uniknya, disini kamu bisa melihat masjid yang berdampingan dengan pura. Menarik sekali, bukan?

Nah, segeralah kunjungi tempat wisata di Wonosari satu ini. Selain dapat menikmati keindahan alamnya. Kamu juga bisa mengenal kebudayaan Indonesianya. Paket komplit pokoknya, deh.

Baca tentang: Tempat Wisata di NTT Terbaik

Pantai Baron Di Wonosari

Pantai Baron Di Wonosari
Langit Biru di Pantai Baron – Foto dari @danang.ardiyansah

Pantai yang satu ini juga merupakan salah satu pantai yang unik yang bisa kamu kunjungi di daerah Gunung Kidul. Sehingga bisa menjadi rekomendasi tempat wisata Wonosari.

Keunikan yang dimiliki Pantai Baron dapat ilihat dari pasirnya yang berwarna cokelat kehitaman. Jika dibandingkan, maka akan mirip seperti pasir di Pantai Parangtritis. Kemudian, pantai ini juga memiliki ombak yang cukup deras meski sebenarnya menyerupai teluk.

Pantai baron merupakan salah satu pantai terfavorit di daerah Gunung Kidul sendiri. Selain menjadi yang terfavorit, pantai Pantai Baron juga merupakan pantai yang menjadi pusat penjualan ikan-ikan hasil tangkapan para Nelayan di daerah Gunung Kidul. Maka dari itu, jangan aneh ketika berkunjung ke tempat wisata di Wonosari ini kamu bisa melihat banyak kapal nelayan.

Pantai Kukup Di Wonosari

Pantai Kukup Di Wonosari
Berpasangan di Pantai Kukup – Foto dari @agunganugrahh_

Pantai berikutnya masih termasuk pantai yang terkenal dan terfavorit di Gunung Kidul. Karena pantai ini terkenal, kami sangat merekomendasikan kamu berkunjung kesini.

Keindahan alam dan pemandangan di pantai ini tentu saja tidak kalah memesona dengan pantai-pantai sebelumnya. Tak aneh, Pantai Kukup menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Pantai Kukup memiliki kawasan yang luas karena bentangan keindahan pasir putih dari barat hingga timur. Ditambah lagi, pantai ini dikelilingi dengan bukit-bukit hijau sejuk disekitarnya. Lengkap sudah keindahan pesona alamnya. Pastikan kamu tidak melewatkan berlibur atau berwisata ke Pantai Kukup, ya.

Pantai Sundak Di Wonosari

Pantai Sundak Di Wonosari
Berfoto Eksis Pantai Sundak – Foto dari @elcatur11

Pantai terakhir yang menjadi rekomendasi untuk dijadikan tempat wisata di Wonosari adalah Pantai Sundak. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan airnya yang jernih nan bersih dan pasir pantainya yang putih nan lembut yang menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri.

Sayangnya, kamu tidak bisa berenang di Pantai Sundak. Hal ini dikarenakan ia memiliki ombak yang cukup deras. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa menikmati bibir pantai sambil merasakan sejuknya air pantai beserta keindahan panoramanya, kok.

Pantai Sundak sangat cocok jika dikunjungi ketika sore hari, kamu bisa melihat keindahan matahari terbenam dari bibir yang tiada duanya.

Baca juga: Tempat Wisata di Banten Paling Indah Alamnya

Gua Kalisuci Di Wonosari

Gua Kalisuci Di Wonosari
Sungai Biru di Gua Kalisuci – Foto dari @sylverdrkagon

Tempat wisata di Wonosari berikutnya adalah sebuah gua. Yang pertama dan menjadi rekomendasi ceoboh.com adalah Gua Kalisuci.

Gua ini sangat unik , dan tentunya sangat indah pula. Yang menjadi ia unik adalah kamu bisa menelusuri sungai dari bawah tanah. Tempat ini merupakan tempat yang terkenal di Gunung Kidul sebagai tempat yang kaya akan tempat-tempat indah yang tersembunyi di bawah tanah.

Patut dibanggakan, Gua Kalisuci merupakan gua yang telah dilindungi oleh International Union Speleology (IUS) pada tahun 1993 lalu, kemudian dinobatkan sebagai salah satu warisan alam dunia.

Menarik, bukan? Sangat bisa kamu jadikan tempat berwisata bersama rekan kerja atau teman-teman dekat deh.

Gua Jomblang Di Wonosari

Gua Jomblang Wisata Di Wonosari
Lubang Gua Jomblang – Foto dari @kurniatiek

Berikutnya ada Gua Jomblang. Gua ini juga merupakan salah satu gua yang populer dan terkenal di Gunung Kidul diantara banyaknya gua-gua yang ada di daerah sana.

Banyak diminati pengunjung karena menyajikan panorama keindahan bawah tanah yang menakjubkan. Gua ini merupakan gua vertikal yang di dalamnya terdapat hutan purba. Panjang lorongnya sekitar 300 meter. Di sepanjang lorong, kamu akan menemukan hiasan ornamen-ornamen alami yang sangat menakjubkan.

Gua Pindul Di Wonosari

Gua Pindul Tempat Wisata di Di Wonosari
Tubing di Gua Pindul – Foto dari @elsyha.kurniaty

Berwisata ke tempat yang satu ini juga tidak kalah menarik. Di Gua Pindul kamu bisa menelusuri sungai yang ada di bawah tanah. Untuk menelusuri Gua Pindul, kamu memerlukan pemandu khusus, karena diperlukan peralatan untuk menjaga keamanan.

Lihat juga: Wisata di Demak Paling Kekinian

Sungai di dalam Gua Pindul dapat ditelusuri dengan menggunakan ban yang besar (sering disebut tube). Tentunya harus dilengkapi pengaman lainnya seperti rompi pelampung. Menelusuri sungai di bawah tanah tentu saja menjadi daya tarik sendiri. Maka dari itu, Gua Pindul sangat kami rekomendasikan sebagai salah satu tempat wisata berupa gua di daerah Wonosari.

Gua Seropan Di Wonosari

Gua Seropan Di Wonosari
Indahnya Gua Seropan @akhmad_zona

Gua yang tak kalah menarik yang ada di sekitar Wonosari adalah Gua Seropan. Keindahan gua yang satu ini sudah bisa terlihat dari mulut gua. Apalagi kalau kita masuk lebih jauh ke dalam perut gua , tentu sangat tidak diragukan lagi keindahannya.

Hal ini dikarenakan di bagian luar mulut gua, kamu bisa melihat barisan tebing kapur yang memesona. Sehingga Gua Seropan sangat cocok bagi kamu yang hobi menaklukkan alam terutama panjat tebing. Kamu bisa menaklukan tebing-tebing kapur tersebut dengan asyik.

Panjang  lorong Gua Seropan kurang lebih sekitar 211 meter. Di dalam lorong tersebut kamu akan menemukan aliran sungai yang deras. Hal inilah yang menjadi alasan Gua Seropan dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik dengan menggunakan Microhydro Technology.

Keunikan lain dari tempat ini adalah terdapat air terjun di bawah gua. Sangat cocok jika kamu memilih gua ini sebagai tempat wisata di Wonosari.

Hutan Pinus Mangunan Di Wonosari

Hutan Pinus Mangunan Di Wonosari
Indahnya Alam Hutan Pinus Mangunan @agustinatinol

Selain pantai dan gua, kamu bisa memilih tempat wisata di Wonosari lain sebagai alternatif. Salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan. Hutan ini berada di kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH).

Yang menarik dari Hutan Pinus Mangunan, dulu kawasan ini merupakan kawasan hutan tandus. Kemudian dilakukan reboisasi sehingga menjadi Hutan Pinus yang hijau nan indah.

Jika kamu liburan ke Wonosari bersama keluarga, maka Hutan Pinus Mangunan bisa menjadi salah satu pilihan terbaik yang ceroboh.com rekomendasikan. Karena di sini, kamu bisa menikmati kesejukan hutan pinus yang menenangkan hati dan pikiran.

Puncak Kosakora Di Wonosari

Puncak Kosakora Di Wonosari
Senja di Puncak Kosakora – Foto dari @kres_na__

Puncak Kosakora merupakan tempat wisata di Wonosari yang beberapa waktu terakhir sedang nhits di kalangan anak muda. Pasalnya, Puncak Kosakora sangat bagus untuk dijadikan tempat berfoto atau tempat selfi.

Dari atas Puncak Kosakora, kamu matamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat menakjubkan, ditambah nyamannya rumput hijau yang menyegarkan. Cocok sekali jika berwisata rombongan bersama teman-teman dekat. Tunggu apalagi? Silahkan rencanakan kunjungan di Puncak Kosakora. Dijamin akan seru dan menyenangkan.

Tegalarum Adventure Park Di Wonosari

Tegalarum Adventure Park Di Wonosari
Tegalarum Adventure Park – Foto dari @scholaztica_oncel

Tempat yang satu ini merupakan tempat wisata di Wonosari yang terbilang masih baru. Tempatnya sangat menarik dan menyajikan konsep wisata yang bagus.

Tegalarum Adventure Park menyediakan banyak wahana wisata, baik yang menghibur dan mengedukasi. Tentu saja tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga. Karena konsepnya sengaja didesain untuk rekreasi keluarga.

Ada banyak wahana di tempat wisata ini. Salah satunya adalah wahana untuk keluarga seperti permainan uck River atau Becak Air dan juga permainan Tubing. Dimana permainan ini sangat cocok untuk perkembangan anak-anak.

Kemudian ada juga wahana Outbond seperti Flying Fox, River Tubing, Body Rafting, Fun Trail dan banyak lagi wahana lainnya yang asyik untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Air Terjun Sri Gethuk Di Wonosari

Air Terjun Sri Gethuk Wisata Alam Di Wonosari
Air Terjun Sri Gethuk – Foto dari @anismafucha

Gunung Kidul selalu menyajikan tempat wisata yang indah dan alami. Tempat wisata di Wonosari yang berikutnya adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk sangatlah apik dan menarik bagi setiap pengunjung. Hijaunya pepohonan dikawasan ini bisa memanjakan mata. Kemudian derasnya gemercik air membuat suasana begitu tenang dan bisa  dinikmati setiap pengunjung.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Wonosari yang menjadi pilihan ceroboh.com. Kamu bisa memilih salah satunya untuk berwisata. Baik bersama teman dekat, rekan kerja, ataupun bersama keluarga tercinta. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Peta Maps Wonosari – Gunung Kidul

Baca juga: Oleh-oleh Khas Wonosari Paling Hits

Tags: #Gunung Kidul #Wonosari

author
Penulis: 
Seorang mahasiswa IAIN Kudus dengan hobi berjualan dan menulis hanya mengisi kekosongan.
10 Tips Travelling Bersama Orang Tua Agar Menyenangkan
10 Tips Travelling Bersama Orang Tua Agar Menyenangkan
Perhatikan tips travelling bersama orang tua agar
12 Tempat Wisata Kuliner di NTB (Nusa Tenggara Barat) Terenak
12 Tempat Wisata Kuliner di NTB (Nusa Tenggara Barat) Terenak
Sudah puas dengan wisata alamnya? Mari kita
5 Tempat Wisata Kuliner di Cikarang Bernuansa Sunda
5 Tempat Wisata Kuliner di Cikarang Bernuansa Sunda
Jangan-jangan selama tinggal di Cikarang cuma diem
8 Tempat Wisata Di Dekat Dago Bandung Paling Hits
8 Tempat Wisata Di Dekat Dago Bandung Paling Hits
Banyak banget pilihan tempat wisata di dekat