6 Tips Belajar Python dari Nol Hingga Mahir

Kata siapa belajar bahasa pemrograman Python itu sulit? coba cermati dulu beberapa tips belajar Python di bawah ini, parti kamu jadi termotivasi.

6 Tips Belajar Python dari Nol Hingga Mahir

CEROBOH – Beberapa waktu belakangan, Python sering sekali dibicarakan oleh banyak sekali orang-orang yang bekerja di dunia perusahaan. Pasalnya, Python kini telah menjadi bahasa pemrograman paling populer di dunia.

Jadi, banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang memutuskan untuk menggunakan Python sebagai bahasa pemrograman dalam perusahaan mereka. Tak perlu beralasan lagi jika kita tak belajar Python, bukan?

Tapi sebenernya Program Python itu apa, sih?

Orang-orang pertama yang menemukan program Python adalah sosok Guido van Rossum. Jadi, temuan Rossum ini kini sering digunakan perusahaan-perusahaan ketika mengerjakan berbagai program.

Di antaranya aplikasi mobil, internet of thing, game, web, dsb.

Berikut ini akan dipaparkan tentang tips belajar Python dengan cepat:

1. Mulailah Belajar Sekarang Juga!

Jika kamu bingung ingin memulai dari mana, sebaiknya tentukan dulu bagaimana kamu belajar nantinya. Jika sudah menemukan yang cocok dengan metode belajar pada dirimu, mulailah saat itu juga!

Misalnya saja, kamu bisa membaca-baca beberapa artikel Python untuk pemula di Google. Jika bosan baca-baca dan bingung, kamu bisa sekali mengikuti kursus-kursus online yang akan menyediakan segala fasilitas sesuai kebutuhanmu.

Dan jika ingin lebih interaktif, kamu bisa belajar Python melalui Youtube. Pasti banyak sekali dong, video-video yang membahas mengenai Python ini.

Baca juga: Software Animasi untuk Seorang Animator

2. Sebaiknya Kuasai Dulu Bahasa Inggris

Referensi yang bagus-bagus dari Python tentu saja adalah yang berbahasa inggris. Meski memang kini sudah mulai marak bahan belajar Python yang berbahasa Indonesia. Tapi untuk dokumentasi pemrograman kebanyakan berbahasa Inggris.

Tak apa, sebagai pemula dan hanya mengantongi keahlian bahasa Inggris yang tak ahli-ahli banget, kan sudah ada google translate? Itu akan memudahkanmu. Toh, dengan begitu kamu juga bisa sambil belajar Bahasa Inggris, kan?

3. Cobalah Memahami Bahasa Pemrograman Terlebih Dahulu

Tips belajar Python—hal selanjutnya yang sebaiknya kamu lakukan agar belajarmu lebih cepat. Coba pahami dahulu dasar-dasar bahasa pemrograman. Dengan kamu mengetahui dasarnya, kamu tak akan kagok lagi dengan istilah yang ada di Python.

Misalnya saja, kamu pelajari pengertian fungsi, perulangan, variabel dan tipe data, fungsi output dan input dsb. Jadi, dengan memahami hal-hal tersebut, kamu akan ada gambaran dan belajarmu akan lebih cepat deh.

4. Cobalah Dulu Untuk Membuat Program Sederhana

Langkah selanjutnya jika kamu sudah mulai menguasai dasar-dasar pemrograman adalah mempraktikkan teori tersebut. Sebab, belajar tak akan optimal apabila tak didukung dengan praktik.

Salah sih, wajar. Namanya juga belajar. Kalau sudah benar tak perlu belajar lagi dong! Nah, jadi tak perlu takut untuk salah ya. Semua programmer hebat selalu meniti karier dari tangga terbawah untuk sampai ke atas.

5. Tanamkan Prinsip Learning by Doing

Nah, inilah hal terpenting untuk belajar Python. Kamu hanya perlu menjalankan program Python dari ilmu-ilmu yang kamu peroleh sebelumnya.

Praktikkan dengan baik. Tak perlu cemas karena salah. Sebab, bagian yang paling asyik dari belajar pemrograman adalah dengan learning by dong.

Maksudnya jika di tengah jalan kamu mengalami kesalahan koding, kamu tentu akan sangat penasaran bagian yang salah. Dan jika kamu sudah menemukannya, pasti bahagia tiada tara. Itulah nikmatnya belajar!

Lihat juga: Manfaat Software Kasir untuk Bisnis Anda

6. Mengambil Kelas Kursus Pemrograman Python

Tips yang terakhir adalah dengan mengambil kelas pemrograman. Dengan mengambil kelas pemrograman Python kamu akan lebih cepat belajarnya. Sebab, di kelas kursus tentu saja sudah ada guru yang memandunya.

Proses belajrmu akan menjadi lebih cepat, karena ada yang membimbing. Berbeda dengan belajar secara otodidak, tetntu saja akan memerlukan waktu yang lebih lama lagi. Karena kamu harus banyak trial and error.

Apapun itu, belajar tentu perlu kesabaran. Kalau kamu sudah mengerti tips belajar python di atas, tentang cara belajar Python dengan cepat, coba praktikkan. Semoga artikel singkat ini bisa membantumu ya. Selamat belajar Python!

BERI KOMENTAR