10 Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Tips berjualan online di zaman yang serba digital ini salah satunya harus mengikuti permintaan pasar. Nah salah satunya dengan melakukan riset pasar.

10 Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama
ilustrasi freepik / @freepik

CEROBOH – Di zaman 4.0 semuanya mulai beralih ke dunia digital. Termasuk aktifitas jual beli. Saat ini sangat didominasi dengan penjualan online. Mulai dari berjualan menggunakan sosial media dan ada juga yang menggunakan marketplace.

Banyak sekali keuntungan dan kemudahan ketika berjualan secara online. Mulai dari modalnya yang minim, hingga dapat dikerjakan paruh waktu. Meski demikian, banyak juga ditemukan kendala, sehingga tak aneh banyak juga yang mengalami kegagalan.

Agar sukses, berikut ini adalah tips berjualan online yang wajib kamu perhatikan:

1. Mengenali Produk yang Akan Dijual

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Langkah pertama adalah mengenali produk yang akan kamu jual. Pada dasarnya ada beberapa jenis produk yang bisa kamu jual secara online. Diantaranya:

  • Produk Barang
  • Produk Jasa
  • Produk Digital

Produk barang, pada dasarnya adalah produk yang berwujud. Contohnya seperti baju, sepatu, alat elektronik dan barang-barang lainnya.

Produk Jasa, adalah prodak yang tidak ada wujudnya. Biasanya berupa keahlian atau keterampilan. Salah satunya adalah jasa penulisan artikel, jasa translate bahasa, dan lain sebagainya.

Produk digital, adalah produk berupa fail digital. Contohnya adalah template desain yang siap pakai. Template musik atau instrumen lagu.

Nah, pahami dulu karakteristik produk yang akan kamu jual. Mulai dari kekurangannya, kelebihannya dan termasuk kelayakan produk tersebut. Kamu harus benar-benar memahaminya.

2. Menentukan Niche Market yang Berpotensi

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Setelah mengaenal jenis produk yang akan di jual, kamu harus mencari niche yang cocok dengan dirimu. Tidak hanya cocok, namun harus memiliki potensi penjualan yang tinggi.

Intinya, pastikan produk yang kamu miliki banyak peminatnya. Kemudian ciptakan produk dengan niche tersebut.

Satu lagi, yang terpenting niche produk tersebut bukan produk gebrakan. Maksudnya produk yang populer pada satu momen tertentu. Namun harus merupakan produk yang dibutuhkan dari waktu ke waktu. Nggak ada matinya, kalo bahasa kerennya.

3. Membangun Jaringan di Sosial Media

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Tips berjualan online berikutnya adalah harus membangun jaringan yang kuat di sosial media. Gunakan aneka sosial media untuk memproosikan produk yang kamu miliki. Baik itu facebook, instagram, twitter dan email.

Gunakan secara maksimal sosial media tersebut. Bangun citra baik produk yang kamu miliki menggunakan sosial media. Kenalkan kepada banyak orang, mulai dari sekarang juga.

4. Membuat Bussines Plan

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Membuat bussines plan sangatlah penting. Kamu harus membuat rancangan bisnis tersebut. Mulai dari modal pokok, harga pokok produksi, target pasar, kekurangan produk, kelebihan produk dan termasuk strategi pemasaran.

Semuanya harus tertuang pada bussines plan. Bussines Plan ini sangat penting untuk merencanakan pengembangan produk kedepannya.

5. Memulai dari Skala Kecil

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Sekarang kamu bisa memulainya dari skala kecil dulu. Bisnis online jangan tergesa-gesa. Modal besar belum tentu berhasil. Cobalah riset pasar dengan meluncurkan produk dalam sekala kecil.

Jika pada riset tersebut menguntungkan, maka kamu bisa putuskan dilangkah berikutnya.

6. Membuat Website Bisnis

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Supaya bisnis online yang kamu jalani lebih kreadibel di mata konsumen. Kamu bisa membuat website. Website bisa menampung banyak hal terkait produk yang kamu tawarkan.

Mulai dari profile produk yang kamu jual, detail harga, dan informasi lainnya bisa ditampilkan di website.

Dengan memiliki website bisnis, kamu bisa menjaring konsumen lebih banyak lagi.

7. Pemasaran yang Tepat Sasaran

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Agar sukses, tips berjualan online yang tidak boleh kamu lewatkan adalah terkait target pasar. Pastikan pasar yang kamu targetkan harus tepat sasaran.

Contoh kasarnya, ketika kamu berjualan hijab maka target pasarmu adalah manusia dengan jenis kelamin “perempuan”. Maka dari itu, target utamanya adalah perempuan. Sehingga langkah taktis yang harus kamu buat adalah berteman dengan perempuan sebanyak mungkin.

8. Memiliki Nilai Tambah dan Pembeda

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Yang berjualan online tidak hanya puluhan orang. Pesaingnya banyak sekali, bahkan mungkin hingga ratusan ribu.

Jika hanya sekadar berjualan seperti orang lain. Ya sama, orang lain juga melakukan itu. Maka dari itu kamu harus memiliki pembeda.

Kamu harus menciptakan produk yang memiliki nilai tambah. Dengan adanya nilai tambah, kamu bisa lebih mudah dikenal oleh konsumen. Selain itu, ini akan menjadi nilai lebih di mata konsumen.

9. Belajar Digital Marketing

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Tips jualan online selanjutnya adalah belajar ilmu digital marketing. Jika memiliki dana lebih bisa berinvestasi di kepala. Maksudnya, berinvestasi dengan mengikuti kursus atau pelatihan mengenai digital marketing. Dana kamu keluarkan merupakan investasi di kepala, sebagai ilmu untuk berjualan online.

Namun jika kamu tidak memiliki dana lebih, bisa bisa belajar gratis di tempat kursus online digital marketing.

10. Menciptakan Personal Branding

Tips Berjualan Online Agar Sukses dan Bertahan Lama

Terakhir, ciptakan personal branding menggunakan sosial media. Jadikan orang lain mengenalmu sebagai sosok yang unik. Dikenal dengan kemampuan A, atau keahlian B. Sehingga ketika menjual produk tersebut akan lebih dipercaya.

Contohnya, kamu akan menjual produk “Jasa Foto Wedding” maka ciptakan personal branding sebagai fotografer. Caranya bisa dengan membahas terkait fotografi di laman sosial media.

Dengan membahas dunia fotografi secara rutin. Maka orang-orang akan mengenalmu sebagai seorang fotografer. Artinya kamu sudah membangun personal branding sebagai fotografer.

Nah, dengan demikian kamu akan semakin mudah menjual jasa foto wedding kepada orang lain. Ya, karena kamu sudah terlihat mahir di bidang itu.

Itulah 10 tips berjualan online agar lebih sukses. Kamu bisa mempraktekan tips-tips di atas secara bertahap. Hingga pada poin terakhir, terbentuknya personal branding. Selamat mencoba!

Artikel lainnya: Alasan Fresh Graduate Susah Mendapat Kerja

BERI KOMENTAR