Tips Bisnis Ayam Geprek Dan Cara Pengembangannya

Ada beberapa tips bisnis ayam geprek yang harus diperhatikan, dengan mempelajari tips berikut, bisnis ayam geprek bisa semakin berkembang.

Tips Bisnis Ayam Geprek Dan Cara Pengembangannya

CEROBOH – Bisnis kuliner memang bisnis yang tidak pernah ada matinya. Bahkan, menjadi bisnis primadona dalam perbisnisan itu sendiri. Sebab, tentu saja setiap manusia membutuhkan yang namanya makanan. 

Salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan dan berpotensi memiliki peluang untuk yang tinggi, adalah bisnis kuliner ayam geprek. Kita tentu tahu kan, masyarakat Indonesia ini suka banget dengan makanan-makanan yang pedes-pedes dan menggugah selera?

Untuk mendirikan sebuah bisnis, barang pasti kita juga butuh strategi matang untuk menjalankannya. Mulai dari persiapan mental, membaca target pasar hingga persiapan modal yang cukup untuk memulainya. 

Lantas, apa saja sih, tips-tips yang perlu diterapkan ketika berencana ingin membangun bisnis ayam geprek agar sukses? 

Yuk simak baik-baik beberapa tips bisnis ayam geprek yang bisa diterapkan agar memiliki peluang tinggi untuk sukses dan untung besar:

1. Pastikan Lokasi Bisnis Ayam Geprek Strategis

Tips pertama buat kamu para pebisnis untuk memulai bisnis ayam geprek ini adalah kamu harus memastikan. Bahwa lokasi bisnis ayam geprek yang kamu pilih adalah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau konsumen. 

Jadi, sebelum memilih lokasi, kamu bisa melakukan riset untuk mengetahui peluang. Kamu bisa memilih lokasi yang dekat di jalan raya agar konsumen mengetahui bisnismu. 

Misalnya saja lokasi di dekat pabrik-pabrik dan kantor, dekat dengan kampus dsb. Jangan memilih tempat yang sulit dijangkau karena tempatnya susah ditemukan. Dengan kemudahan penemuan lokasi, peluang bisnis ayam geprekmu makin meluas dan tentunya untung yang kamu dapatkan juga akan semakin besar.

Baca juga: Peluang Bisnis Ayam Geprek

2. Perhatikan Pangsa Pasarmu

Ketika kamu ingin memulai sebuah bisnis, hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan yaitu dengan melakukan riset usaha agar kamu mengetahui pasar yang akan kamu sasar nantinya. 

Karena dalam hal ini usaha yang dibahas adalah bisnis ayam geprek, artinya kamu harus mengerti dengan detail mengenai pangsa pasarmu. Dengan mengetahui pangsa pasar, selanjutnya kamu akan tahu bagaimana dan seperti apa produk ayam geprek yang ingin kamu jual. Dan sekaligus, kamu harus mencari ide agar ayam geprek milikmu bisa diterima masyarakat sekitar. 

Misalnya seperti ayam geprek Bensu, dengan berbagai inovasinya yang mengolah ayam geprek sambal biasa bisa dirubah menjadi ayam geprek keju, ayam geprek mozarella hingga ayam geprek telur asin.

3. Ikutilah Tren Yang Sedang Booming

Jika kamu mengikuti tren yang ada, kemungkinan besar kamu akan lebih terkenal karena masuk dalam usaha bisnis yang saat itu sedang viral. 

Tapi ya, tak harus tentang mengikuti tren saja. Kalau bisa sih, buat tren sendiri. Sebenarnya sih, asal pintar branding diri, tentunya konsumen juga akan tahu. 

Misalnya, jika saat itu lagi viral masalah ayam geprek yang dicampur dengan telur asin atau mozarella. Nah, kamu bisa mengikuti tren-tren semacam ini untuk memanfaatkan keadaan. Dijamin deh, bisnismu akan semakin dikenal masyarakat luas. 

4. Siapkanlah Bahan dan Peralatan

Tips bisnis ayam geprek selanjutnya adalah kamu perlu menyiapkan bahan-bahan pengolahan ayam geprek. Dan juga peralatan yang akan dibuat bisnis ayam geprek. 

Tapi jangan sampai lupa, ya. mengenai kerangka bisnis dan budget yang telah dijadikan modal awal. Untuk peralatan, yang perlu disiapkan yaitu seperti kompot, penggorengan, pisau, sendok, piring, garpu dan yang lainnya. 

Tak hanya peralatan, bahan juga perlu dipersiapkan. Perlu dicatat baik-baik ya. Bahwa bahan yang kamu gunakan sebaiknya bahan yang kualitasnya tinggi. Agar konsumen tidak kecewa dan malah akan ketagihan.

5. Promosikan Ayam Geprek Semenarik Mungkin

Tips berikutnya untuk berbisnis ayam geprek adalah dengan melakukan promosi ayam geprek semenarik mungkin. Kamu bisa promosi dengan teknik digital marketing Manfaatkanlah berbagai sosial media yang berpeluang tinggi untuk dijadikan ladang promosi bisnis. 

Seperti Facebook, Instagram, Whatsapp atau mungkin Twitter. Alangkah lebih kerennya lagi, kamu juga membuat website resmi untuk produk kuliner ayam geprekmu agar pangsamu semakin luas dan bisnismu akan semakin dikenal masyarakat. 

Namun, jangan lupa juga untuk promosi offline ya. Sebarkan brosur-brosur promosi ayam geprek dan tempelkan di tempat-tempat strategis. Intinya sih, mainkan kreatifitasmu semaksimal mungkin untuk masalah promosi.

Pelajari juga: Modal Usaha Ayam Geprek 

6. Hitung Biaya Operasional

Tips terakhir bagi kamu yang ingin berbisnis ayam geprek yaitu kamu harus memperhitungkan biaya operasional yang nanti akan dijalankan. Misalnya saja biaya untuk memberi gaji karyawan, biaya kebersihan, beli bahan baku dan masih banyak lagi biaya yang lain. 

Biaya operasional tentu sangat penting. Sebab biaya ini akan menghindarkanmu dari kekurangan dana ketika bisnismu berjalan. Jika tak teliti, tentu nantinya kamu yang akan pusing dan kethetheran sendiri. 

Demikian beberapa perusahaan mengenai tips bisnis ayam geprek. Semoga penjelasan ini membuka wawasanmu, ya. Selamat berbisnis!

BERI KOMENTAR