Tips Bisnis Rumah Kontrakan, Pelajari Strategi Berikut!

Apa saja tips bisnis rumah kontrakan agar sukses? Berikut ini adalah cara memulai bisnis kontrakan untuk pemula yang tertarik dengan bisnis ini.

Tips Bisnis Rumah Kontrakan, Pelajari Strategi Berikut!
ilustrasi freepik / @stories

CEROBOH – Selain bisnis kos-kosan, bisnis lain yang juga menguntungkan yaitu bisnis mendirikan rumah kontrakan. Investasi properti yang akhir-akhir ini banyak diminati ini ternyata keuntungannya sangat menggiurkan.

Namun, namanya bisnis tentunya butuh usaha yang tidak main-main. Mendirikan bisnis kontrakan juga harus mempertimbangkan banyak hal. Mulai modal, tempat dan harga yang akan ditawarkan kepada penyewa nantinya.

Lalu apa saja sih, yang perlu diperhatikan ketika ingin membuka bisnis dalam bentuk rumah kontrakan?

Berikut ini adalah tips bisnis rumah kontrakan yang harus diperhatikan:

1. Sesuaikan Harga Dengan Kondisi Rumah

Hal pertama yang mungkin perlu kamu perhatikan ketika ingin membuka bisnis dalam bentuk rumah kontrakan, yaitu kamu harus menyesuaikan harga dengan kondisi rumah kontrakan yang akan kamu sewakan.

Sebaiknya kamu tak terlalu mahal memasang harga sewa, juga tak terlalu murah memasang harga sewa. Sebab jika terlalu murah, hal tersebut akan menghancurkan harga pasar.

Jika memang kamu ingin menaikkan harga, ada baiknya kamu menambah fasilitas. Seperti misal, kolam renang, AC dan fasilitas lain sejenisnya.

2. Pastikan Lokasi Kontrakan Strategis

Setelah mengetahui bahwa kamu siap menyewakan kontrakan dengan harga yang sesuai, selanjutnya kamu harus memastikan bahwa lokasi yang akan kamu jadikan bisnis kontrakan strategis.

Seperti mendirikan bisnis kontrakan di dekat kampus, di pinggir jalan raya dan lokasi yang dekat dengan supermarket.

Selain itu, akses kontrakan juga sebaiknya mudah. Semakin letaknya strategis dengan akses yang mudah, maka harga kontrakan tentu akan semakin mahal.

Lihat juga: Kiat Sukses Bisnis Kos-Kosan

3. Pastikan Modal Rumah Kontrakan Cukup

Untuk membuat bisnis rumah kontrakan, modal yang dibutuhkan tentu bukan modal kecil. Jadi, persiapkanlah modal yang cukup besar untuk membangun kontrakan.

Berbisnis kontrakan setidaknya kamu butuh tanah dan membangun bangunan rumah. Sehingga memerlukan modal yang lumayan besar.

Namun, jika kamu seorang pemula, maka tidak salah memulai bisnis kontrakan skala kecil. Misalnya membuat kontrakan satu atau dua petak.

Jika sudah memiliki modal tambahan, kamu bisa menambahnya dari hari ke hari.

4. Buat Surat Perjanjian Dengan Penyewa

Nah, poin ke empat merupakan poin yang tidak kalah penting. Kamu harus membuat surat perjanjian dengan penyewa.

Surat ini isinya adalah berupa ketarangan perjanjian-perjanjian antara kedua belah pihak. Misalnya adalah perjanjian harga kontrakan per bulan atau perjanjian batas waktu kontrakan.

Atau perjanjian lainnya yang sifatnya mengikat antara kedua belah pihak. Seperti perjanjian pemindah tanganan kontrakan pada pihak lain. Hal ini juga harus diatur dengan detail.

Dengan adanya surat perjanjian, kamu menjadi lebih aman. Sehingga ketika ada perbedaan pendapat di kemudian hari. Kamu bisa menunjukan surat perjanjian tersebut.

5. Pertimbangkan Sumber Air Bersih

Selanjutnya yang menjadi poin penting sebelum memilai bisnis kontrakan adalah: memerhatikan sumber air bersih. Sumber air bersih ini merupakan kebutuhan poko bagi para penyewa.

Jangan sampai kamu tidak memiliki sumber air bersih yang memadai. Sehingga penyewa merasa kecewa, kemudian mereka memutuskan pindah ke tempat lainnya dikemudian hari.

Hal semacam ini bisa menjadi sesuatu hal yang merugikan bagi kamu.

Baca juga: Cara Investasi Tanah

6. Pertimbangkan Peluang Di Masa Depan

Terakhir, kamu harus mempertimbangkan peluang bisnis kontrakan ini di masa depan. Bisa saja kamu salah memilih lokasi, sehingga bisnis kontrakan menjadi sia-sia.

Maka dari itu kamu harus mempertimbangkannya dengan matang sbelum memulai bisnis di bidang kontrakan. Perhatikan berbagai aspeknya sebagaimana sudah dibahas pada poin-poin sebelumnya.

Dengan pertimbangan yang matang, tentu bisnis kontrakan akan semakin menjanjikan. Dalam jangka panjang tentunya.

Itulah tips-tips bisnis rumah kontrakan yang harus kamu perhatikan sebelum memulainya. Pastikan kamu sidah membuat strategi yang tepat. Sehingga tidak salah dalam memulai bisnis.

BERI KOMENTAR