7 Tips Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan dengan Benar

Tips diet saat puasa di Bulan Ramadhan agak sedikit berbeda, terutama harus memperhatikan menu makanan ketika sahur dan berbuka puasa.

7 Tips Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan dengan Benar

Ceroboh.com – Kalau di bulan-bulan lain kamu sering gagal dalam menjalankan diet, mungkin Bulan Ramadhan bisa menjadi kesempatan emas untuk menjalankan diet dengan sukses.

Sebab, puasa Ramadhan akan memudahkanmu menahan diri dari tidak makan dan tidak minum selama sehari penuh.

Meskipun puasa dan bisa dibilang tidak makan seharian, tentu saja menu berbuka dan menu sahur pun mesti diperhatikan. Menu-menu yang dimakan juga harus seimbang, sehat dan aman.

Nah, lalu bagaimana sih caranya supaya kamu yang menjalankan ibadah puasa dengan baik sekaligus melakukan program diet dengan benar?

Inilah 7 tips diet saat puasa yang sehat dan aman:

1. Kurangi Makan Makanan Bersantan

7 Tips Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan dengan Benar
foto instagram/@nitalanaf

Tips pertama yang mungkin bisa kamu terapkan ketika diet di bulan puasa yaitu ada baiknya kamu tak mengkonsumsi makanan bersantan. Misalnya saja kolak, sayur lodeh, soto bersantan dan masih banyak menu bersantan lain yang perlu dihindari.

Hal ini dikarenakan, makanan yang mengandung santan tersebut ternyata banyak terdapat lemak yang akan menaikkan kolesterolmu.

Jadi, menu-menu yang mengandung santan jangan sampai dimasukkan dalam listmenu buka puasamu, ya. Selain bikin gendut, kan tidak sehat juga.

2. Hindari Makanan Cepat Saji

7 Tips Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan dengan Benar
foto instagram/@pouya_mohammadpour

Tahukah kamu, bahwa di dalam makanan cepat saji (fast food) banyak terkandung natrium serta lemak yang tinggi? Mulai dari humberger, fried chicken hingga kentang goreng pun ternyata juga mengandung lemak tinggi, loh!

Nah, buat kamu yang berniat menjalankan diet di bulan puasa, kamu jangan sampai tergoda untuk memakan makanan cepat saji.

Biasanya godaan ini muncul ketika ada teman yang mengajak buka puasa dan akhirnya memilih restoran cepat saji sebagai tempat berbuka.

Jika ada teman yang memang mengajak di restoran fast food, ada baiknya kamu membawa menu sendiri dari rumah. Selain hemat, kamu juga sehat kan?

Lihat juga: Kado Wisuda Buat Pacar

3. Konsumsi Nasi Merah Atau Nasi Hitam

7 Tips Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan dengan Benar
foto instagram/@plant.steph

Agar program dietmu saat puasa sehat dan aman, mungkin kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi hitam. Hal ini dikarenakan, nasi putih mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga akan membuat kadar glukosa (gula) di dalam darah ikut tinggi.

Dengan mengonsumsi nasi merah yang kalorinya lebih rendah dari nasi putih, kadar glukosamu tak akan terlalu cepat meningkat.

Pula, di dalam nasi merah atau nasi hitam mengandung karbohidrat komplek yang mudah untuk dicerna tubuh. Jadi, akan membuat kamu lebih bisa bertahan lama merasakan kenyang.

4. Kombinasikan Air Putih Dengan Karbohidrat Kompleks

7 Tips Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan dengan Benar
foto instagram/@haagevesi

Tips diet saat puasa ini mungkin terlalu mainstream. Meminum air putih yang banyak. Dengan catatan, jangan berlebihan. Kalau berlebihan, alih-alih bikin kenyang justru bikin perut kembung.

Nah, ketika buka puasa, ada baiknya kamu mengkombinasikan air putih dengan menu-menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti misalnya beras merah, beras hitam, kacang hijau, kedelai dan sejenisnya.

Menu-menu berkarbo kompleks tinggi akan membuatmu tak mudah lapar, lalu air putih akan mengisi cairan tubuhmu yang hilang.

5. Kurangi Makan Makanan Yang Digoreng

7 Tips Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan dengan Benar
foto instagram/@ion_kitchen

Saya kira semua sudah paham. Mengkonsumsi makanan yang digoreng tentunya tak direkomendasikan buat orang-orang yang sedang menjalankan diet. Sebab, makanan yang digoreng mengandung lemak yang tinggi.

Selain tidak sehat, menu makanan yang digoreng ternyata membuat kamu mudah diserang kantuk. Sebab ikatan oksigen dalam tubuhmu akan berkurang hingga 20 persen. Apalagi pola makan dan pola tidur saat puasa berubah.

Jadi, kamu bisa memasak makananmu dengan cara dikukus. Misalnya kentang, telur dan sejenisnya.

Baca juga: Manfaat Membaca Buku Motivasi

6. Katakan Tidak Pada Minuman Bersoda

7 Tips Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan dengan Benar
foto instagram/@wandering.footsteps

Biasanya minuman bersoda akan kamu jumpai bersama dengan makanan cepat saji (fast food). Apalagi setelah seharian penuh tidak minum, meminum minuman bersoda tentunya akan membuat dahagamu terobati.

Tahukah kamu, minuman bersoda ternyata tidak baik buat kamu yang sedang menjalankan program diet? Ini disebabkan minuman bersoda mengandung kalori tinggi loh!

Sebaiknya kamu meminum minuman sehat saat berbuka. Tentu saja air putih. Toh, air putih juga bisa mengobati dahagamu, kan?

7. Hindari Berbuka Dengan Makanan Instan

7 Tips Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan dengan Benar
foto instagram/@indra_aldian

Adakalanya ketika kamu sibuk kerja di bulan puasa, kamu tak sempat menyiapkan menu buka puasa. Dan karena banyak dan lain hal, kamu memilih untuk makan mie instan saja buat buka. Selain praktis, kan juga hemat.

Namun, seperti yang kita ketahui, makanan instan tak cocok untuk kita yang sedang menjalankan diet. Padahal di dalam makanan instan terkandung kalori, natrium dan lemak yang tinggi.

Mending kamu makan makan sehat seperti telur yang kamu kombinasikan dengan sayur, misalnya. Selain sehat, tidak seperti mie instan yang mengandung banyak pengawet.

Itulah beberapa tips diet saat puasa yang bisa kamu terapkan. Semoga membantu, ya. Selamat berpuasa!

BERI KOMENTAR