7 Tips Media Sosial Marketing Untuk Pemula

Kegiatan media sosial marketing kadang menyita banyak waktu, untuk hasil yang maksimal, terapkan beberapa tips media sosial marketing berikut ini.

Tips Media Sosial Marketing Untuk Pemula
ilustrasi freepik/macrovector

CEROBOH – Ketika kamu menggunakan media sosial untuk keperluan sebuah bisnis, maka menggunakan media sosial tidak boleh sembarang lagi. Harus ada usaha, untuk mengoptimalkan media sosial tersebut.

Menggunakan media sosial sebagai sarana promosi atau kegiatan marketing, harus benar-benar direncanakan dan dibuat strateginya.

Strategi ini ibarat sebuah pondasi yang melandasi kegiatan marketing, khususnya pada media sosial marketing.

Maka dari itu strategi harus dibuat sekokoh mungkin, dan direncanakan dengan baik. Sehingga, kedepannya kegiatan marketing akan lebih terarah. Dan bisa menghasilkan profit yang besar.

Tips apa saja yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan media sosial untuk keperluan marketing?

Berikut ini akan dijelaskan 7 tips media sosial marketing untuk kemajuan bisnis online milikmu:

1. Buatlah Sebuah Strategi

Tips Media Sosial Marketing Untuk Pemula

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat sebuah perencanaan yang matang.

Mulai dari memntukan tujuan, target pasar, atau produk yang akan dipasarkan—ini jika belum memiliki produk.

Dengan adanya sebuah strategi yang matang, bisnis akan lebih terarah. Dan kegiatan marketing akan lebih tertarget. Sehingga bisa menghemat waktu dan memangkas biaya.

Untuk membuat sebuah strategi yang bagus, saya sudah membahasnya pada bab sebelumnya. Kamu bisa mempelajari materi ini:

Membuat Strategi Media Sosial Marketing

2. Analisa Kekuatan Kompetitor

Tips Media Sosial Marketing Untuk Pemula

Selanjutnya, yang harus kamu lakukan adalah menganalisa kekuatan kompetitor. Selain kekuatan, analisa juga kelemahan mereka.

Ketika kamu sudah mengetahui kekuatan dan kelemahan kompetitor, maka kedepannya akan lebih mudah bersaing dengan kompetitor.

Kamu tinggal membuat sebuah langkah yang lebih baik dari kompetitor. Atau setidaknya meniru strategi mereka, kemudian dimodifikasi agar lebih baik lagi.

3. Pilihlah Medsos Yang Tepat

Tips Media Sosial Marketing Untuk Pemula

Memilih media sosial yang tepat merupakan tips media sosial marketing yang harus kamu perhatikan. Sebab, setiap produk akan beda cara memasarkannya. Tentu, beda juga target pasarnya.

Maka dari itu gunakanlah media sosial yang relevan dan cocok dengan produk yang akan kamu pasarkan.

Dan yang tak kalah penting adalah menggunakan akun bisnis dalam menjalankan marketing. Usahakan tidak menggunakan akun pribadi.

4. Buat Konten Yang Menarik

Tips Media Sosial Marketing

Bayangkan saja jika kamu promosi menggunakan gambar yang kabur alias blur. Gambarnya terlihat kurang profesional. Tentu, ini akan mengurangi kepercayaan konsumen yang melihat  produk kita.

Maka dari itu, gunakanlah konten yang berkualitas. Mulai gari gambar, video dan juga teks.

Jika kamu tidak bisa membuat konten yang berkualitas. Maka bisa gunakan jasa pembuat konten. Agar konten untuk keperluan marketing menjadi lebih menarik dan bisa memikat calon pelanggan.

5. Selalu Update Setiap Hari

Tips Media Sosial Marketing Untuk Pemula

Hampir semua media sosial menggunakan algoritma ini, yaitu memprioritaskan akun yang sering update. Dan updatenya tentu secara berkala.

Mulai dari facebook, instagram, dan twitter. Postingan kita bisa tampil di banyak akun, ketika akun milik kita sering update dan aktif di media sosial tersebut.

Maka dari itu tips media sosial marketing berikutnya adalah menjaga rutinitas update. Dengan selalu update secara berkala.

Misalnya saja update sehari dua kali. Atau sehari tiga kali.

6. Sharing Info Bermanfaat

Tips Media Sosial Marketing Untuk Pemula

Ketika update postingan, maka disarankan tidak hanya memajangkan produknya saja. Untuk menjaga loyalitas followers atau pelanggan, kamu bisa menyelinginya dengan berbagi informasi bermanfaat.

Jadi yang di posting pada media sosial tidak hanya produk saja. Melankan juga tips-tips yang bermanfaat. Yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Misalnya saja ketika kamu menjual madu murni. Maka kamu bisa memposting tentang manfaat madu murini atau cara membedakan madu murni.

Baca juga: Cara Menambah Followers Media Sosia

7. Lakukan Perbaikan

Tips Media Sosial Marketing Untuk Pemula

Tidak ada teknik marketing yang sempurna. Maka dari itu, lakukanlah evaluasi dasi semua yang sudah kamu lakukan.

Pasti saja ada yang salah, atau kekurangan. Maka dari itu, setelah dievaluasi segera lakukan perbaikan. Mulai dari perbaikan konten, perbaikan jadwal update. Atau perbaikan kualitas produk.

Melakukan perbaikan ini sangat diperlukan dalam menjalani sebuah bisnis. Tentu, untuk menjaga loyalitas pelanggan. Agar mereka tidak kecewa.

Demikianlah beberapa tips media sosial marketing yang bisa kamu lakukan. Mulailah dari langkah pertama. Buatlah sebuah strategi yang baik dengan sematang-matangnya!

BERI KOMENTAR