7 Tips Membeli Rumah Impian Bagi Pasangan Muda

Tulisan ini menjelaskan tentang tips membeli rumah impian, terutama bagi kamu pasangan muda yang berencana membeli rumah baru.

Tips Membeli Rumah Impian Bagi Pasangan Muda
ilustrasi freepik / @stories

CEROBOH – Kebutuhan primer manusia terdiri dari tiga macam. Di antaranya pangan, sandang dan papan. Ketiga jenis kebutuhkan primer ini tentu sudah tak bisa di tawar lagi.

Nah, membicarakan soal kebutuhan papan, tentu setiap orang butuh tempat berteduh yang layak yaitu rumah. Apalagi bagi mereka yang sudah memiliki keluarga. Rumah adalah hal urgent yang juga harus berada pada prioritas awal-awal.

Bagi beberapa orang, rumah tak sekadar tentang tempat berteduh dari terik matahari dan hujan. Tapi juga tentang kenyamanan. Maka dari itu, setiap orang memiliki rumah impian dengan gaya dan desain pilihannya sendiri.

Hanya saja, kendala yang dihadapi kini karena harga tanah yang semakin mahal. Harga bahan bangunan bahkan jasa tukang bangunan pun juga semakin meningkat. Jadi, perlu mengetahui kiat-kiat penting agar membangun rumah impian tak sembarangan.

Lalu apa saja sih, tips yang mungkin bisa dilakukan untuk membeli rumah impian?

Yuk simak beberapa tips membeli rumah impian yang bisa kamu terapkan, terutama buat kamu yang pertama kali berkeluarga:

1. Pastikan Rumah Sesuai Kebutuhan

Tips pertama buat kamu yang ingin membeli rumah impian yaitu kamu harus memastikan bahwa rumah yang kamu beli nanti sesuai dengan kebutuhan. Jadi, tentukanlah tipe rumah sejak awal.

Misalnya saja, jika kamu baru memiliki anak satu yang masih bayi, sebaiknya belilah rumah dengan tipe yang tak terlalu tinggi. Kamu bisa memilih tipe rumah 36. Yang tidak terlalu sempit, dan tak juga terlalu luas.

Tipe 36 memang disarankan karena selain lumayan lega, harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal.

2. Rajin Mencari Berbagai Harga Rumah

Setelah kamu menentukan ukuran rumahmu dan tipe bangunannya, selanjutnya carilah sebanyak-banyaknya info mengenai harga rumah. Dengan berbagai tipe rumahnya.

Biasanya untuk tipe rumah non-subsidi dengan pengembang swasta, harga yang ditawarkan cukup mahal. Bisa jadi memiliki tipe yang sama, namun karena pengembangnya berbeda, harganya pun berbeda.

Oleh karena itu mencari informasi sebanyak-banyaknya tipe rumah sekaligus harga rumah  menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Tips Bisnis Rumah Kontrakan

3. Pertimbangkan Pembelian Rumah Dengan Penghasilan

Buat kamu yang berencana membeli rumah, terutama buat pasangan muda, kamu juga harus mempertimbangkan pembelian rumah dengan penghasilan yang kalian berdua dapatkan.

Kalau membeli rumah dengan sistem KPR, sebaiknya pertimbangkan matang-matang. Sebab, jika sembarangan tentunya malah akan menjadi beban tersendiri di keluarga. Jika memungkinkan, belilah rumah secara tunai. Selain tak membebani, harganya juga lebih murah.

Misalnya saja, sisakan sebesar 20-30 persen gaji bulananmu untuk dana pembelian rumah. Dengan begitu, kamu masih bisa memenuhi kebutuhan sehari-harimu.

4. Pilih Lokasi Yang Strategis

Tips membeli rumah impian selanjutnya yaitu ada baiknya kamu memilih lokasi yang strategis. Mulai dari lokasinya yang dekat dengan mall, rumah sakit dan sebagainya. Hingga kemudahan akses rumah.

Meskipun rumah yang kamu beli minimalis, namun berada di pusat kota. Tentu harganya lebih mahal karena tempatnya yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum. Juga memiliki akses mudah ke mana-mana.

Sebaliknya. Jika kamu membeli rumah di area ujung dan jauh dari pusat kota, tentu harganya akan lebih murah karena akses jalannya juga lumayan susah.

5. Carilah Tambahan Pemasukan

Jika gaji bulananmu terasa kurang kalau ditabung untuk membangun rumah impian karena terlalu lama, jalan keluarnya mungkin kamu bisa berinisiatif untuk menambah pemasukan.

Mungkin kamu bisa melakukan proyek atau job-job di malam hari atau di akhir pekan untuk menambah hasil pemasukan.

Namun perlu dicatat baik-baik. Meski melakukan job sampingan, kamu tetap usahakan pekerjaan utama tak terganggu, ya!

6. Buatlah Rekening Khusus Untuk Membeli Rumah

Agar lebih efektif, selanjutnya mungkin kamu bisa membuat rekening khusus untuk dana pembelian rumah impian.

Misalnya jika kamu masih belum berumah tangga, kamu bisa memanfaatkan fitur autodebet. Hal ini kamu lakukan agar ketika gajian, uang tersebut akan langsung berpindah ke rekening lain untuk mendapatkan uangnya.

Fitur autodebet akan aman dipakai karena uang tersebut tak akan terpakai untuk kebutuhan lain.

Baca juga: Perumahan Di Bogor Yang Murah

7. Investasi Untuk Membeli Rumah

Jika kamu ingin cepat membeli rumah impian, namun tak bisa mencari penghasilan tambahan dengan bekerja sampingan, mungkin kamu bisa memanfaatkan investasi.

Daripada ditabung di bank, namun tak menguntungkan, bukankah investasi jauh lebih menguntungkan?

Ada berbagai macam investasi yang bisa kamu pilih. Mulai dari investasi reksadana, saham, deposito hingga investasi forex.

Setiap investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ya. Jadi pintar-pintarlah memilih perusahaan investasi.

Demikian beberapa tips membeli rumah impian yang bisa kamu terapkan. Semoga membantu, ya. Selamat membangun rumah impian!

BERI KOMENTAR