6 Tips Membeli Rumah KPR, Lebih Aman Dan Terjamin

Sebelum membeli rumah KPR, yuk perhatikan tips membeli rumah KPR agar tidak tertipu di kemudian hari. Pastikan kamu mengecek dokumennya.

Tips Membeli Rumah Kredit

CEROBOH– Jika ada orang yang berkata bahwa rumah yang ideal adalah rumah yang mewah dan mahal, tentu saja itu belum tentu benar. Jika mencari rumah yang ideal, tak hanya harga yang dipertimbangkan.

Ada banyak sekali sisi-sisi lain yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memutuskan memilih rumah yang akan dihuni nantinya. Misalnya saja lokasi mana yang dituju.

Untuk itu, Ceroboh akan berbagai tips dalam memilih model dan jenis rumah yang akan dijadikan pertimbangan nantinya. Kamu bisa menerapkan tips berikut ini. Mungkin saja berguna, kan?

Nah, kamu bisa menyimak tips-tips dalam mencari rumah yang ideal, namun tetap elegan.

Berikut ini adalah 6 tips membeli rumah KPR agar tidak tertipu:

1. Pastikan Status Rumahnya Jelas

Tips Membeli Rumah KPR, Lebih Aman Dan Terjamin

Tips pertama yang bisa kamu terapkan ketika kamu ingin membeli rumah adalah cek dulu status rumah yang ingin dibeli. Jadi, pastikan jangan sampai ketika kamu sudah kadung membelinya ternyata status rumahnya tak jelas.

Dan mungkin itu akibat dari kamu yang sejak awal tak mengecek beberapa hal yang harus diperhatikan terkait status rumahnya. Misalnya saja, agunan perbankannya, sengketa warisnya hingga tahapan cicilan KPR-nya.

Jika sejak awal kamu tak mengeceknya, tentu saja nantinya kamu sendiri yang akan mengalami kerugian besar. Ciri-cirinya biasanya harganya lebih rendah dari harga normal di pasaran. Jadi, jika berhati-hatilah.

Misalnya saja. Jika membeli rumah yang statusnya sengketa, tentu nantinya surat kepemilikan milikmu menjadi masalah besar dan menjadi pertikaian pihak yang sebelumnya sudah bertikai.

Jadi. Jangan sampai mengecek secara detail status rumah yang ingin dibeli ya!

Lihat juga: Cara Menghemat Air dengan Baik di Rumah

2. Pastikan Deskripsi Bangunan Rumah Jelas

Tips Membeli Rumah KPR, Lebih Aman Dan Terjamin

Tips membeli rumah KPR yang kedua ketika akan membeli rumah adalah kamu harus memastikan bahwa deskripsi bangunan rumah yang dibeli jelas. Jika deskripsi bangunan jelas, tentu kemungkinan kecil kamu tertipu.

Misalnya saja. Kamu harus memastikan sendiri jumlah kamarnya, jumlah ruangan, luas tanah dan bangunan hingga tipe rumah yang akan dibeli.

Hal ini dikarenakan para pengembang kini mulai mengklaim perumahan yang bodong. Bilangnya fasilitas lengkap, tapi ternyata desain yang ada tidak sesuai yang ada pada iklan yang dipasang.

Jadi, jangan sampai kamu mudah percaya dengan para pengembang yang mengklaim perumahan bodong. Cek dengan detail, ya!

3. Pastikan Keabsahan Dokumen Asli

Tips Membeli Rumah KPR, Lebih Aman Dan Terjamin

Pada beberapa kasus, ada orang-orang tak bertanggung jawab yang menjual rumahnya tanpa melampirkan dokumen kepemilikan resmi yang lengkap.

Dari sini kamu bisa berhati-hati dalam mempertimbangkan dokumen rumah yang akan kamu beli nantinya. Dan sejak awal jangan lupa untuk menanyakannya secara detail.

Jadi sejak awal ingin niat membeli rumah, tanyakan dengan jelas dan minta akta jual beli rumah kepada pengembang atau pihak yang menjual rumah. Selain itu, tanyakan juga sertifikat rumah. Ada atau tidak.

Kalau kamu menanyakan hal tersebut tapi ternyata malah dipersulit, bukannya malah dipermudah. Sebaiknya kamu batalkan saja niat membeli rumah tersebut.

4. Surveilah Langsung ke Tempat Lokasi

Tips Membeli Rumah KPR, Lebih Aman Dan Terjamin

Tips membeli rumah KPR agar tidak tertipu berikutnya, kamu bisa langsung mengecek ke lokasi.

Dengan kamu mendatangi langsung dan kemudian kamu survei langsung ke lokasi, kamu akan bisa memeriksa dan melihat-lihat keadaan rumah.

Selain itu, tentu kamu bisa menyaksikan langsung kondisi lingkungan sekitar.

Jadi jangan pernah sungkan atau segan untuk menyurvei lokasi langsung agar supaya tahu keadaan real rumah yang akan kamu beli nantinya.

Pasalnya. Jual rumah zaman sekarang bisa saja menampakkan sisi-sisi penyuntingan dan penuh rekayasa di internet. Jadi, sangat penting untuk melihat langsung daripada hanya melalui internet.

Jika pada akhirnya kamu rasa rumahnya terasa nyaman dan damai, kamu bisa melanjutkan transaksi seterusnya.

5. Cek Syarat Ketentuan Lengkap Dari Pengembang/Penjual

Tips Membeli Rumah KPR, Lebih Aman Dan Terjamin

Tips selanjutnya untuk mempertimbangkan pembelian rumah adalah dengan mengeceak secara detail seluruh syarat dan ketentuan yang sudsh diberikan pengembang.

Pada umumnya, ketika pengembang mendapatkan pelanggan pembeli rumah ia akan meminta syarat seperti fotokopi KTP, NPWP, rekening koran hingga slip gaji milikmu.

Jangan heran jika syaratnya terlihat rumit dan sangat banyak. Namun, hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi pembeli agar proses pembelian rumah nantinya berjalan dengan baik dan lancar.

Artikel Lainnya: 7 Perumahan Murah di Depok

6. Bandingkan Harga Antar Rumah

Tips Membeli Rumah KPR, Lebih Aman Dan Terjamin

Tips terakhir untuk membeli rumah KPR adalah dengan membandingkan harga rumah yang akan kamu beli dengan rumah lainnya.

Jika kamu sudah mengetahui harga antar rumah, pertimbanganmu akan lebih matang. Misalnya saja jika terlalu mahal kamu akan bisa menawarnya di kisaran harga pasaran yang tepat.

Namun sebaliknya. Jika harganya justru lebih murah, jangan mudah untuk tergiur karena bisa jadi itu adalah perumahan bodong yang kadang-kadang status dan deskripsi rumah tak sesuai dengan kenyataan.

Itulah 6 tips membeli rumah KPR agar tidak tertipu yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli rumah yang ideal, sederhana namun tetap elegan. Semoga salah satu tips di atas bisa membantumu ketika kamu sedang ingin membeli rumah, ya!

BERI KOMENTAR