Tips Membuat Konten Media Sosial

7 Tips Membuat Konten Media Sosial Dengan Konsisten

Tips membuat konten media sosial agar bisa konsisten salah satunya adalah dengan membuat penjadwalan yang jelas, berikut penjelasan lengkapnya.
Total
0
Shares

Tips membuat konten media sosial agar bisa konsisten salah satunya adalah dengan membuat penjadwalan yang jelas, berikut penjelasan lengkapnya.

Tips Membuat Konten Media Sosial

CEROBOH – Salah satu cara agar media sosial mudah populer dan mendapatkan banyak followers adalah dengan cara selalu update di media sosial. Atau rajin membuat postingan.

Bahkan sangat disarankan untuk terus update setiap harinya. Namun, teori ini tidak semudah saat praktiknya. Hal ini perlu ekstra tenaga untuk merealisasikannya.

Konsisten untuk memposting konten tidaklah mudah. Banyak kendala, misalnya saja tidak memiliki waktu untuk posting konten. Atau masalah lain seperti tidak ada ide untuk membuat konten.

Sehingga karena beberapa kendala tersebut, media sosial tidak pernah diupdate lagi. Akhirnya audience menganggap media sosial tersebut tidaklah serius.

Bagaimana sih agar bisa konisten membuat konten untuk media sosial?

Berikut ini akan dijelaskan tips membuat konten media sosial dengan konsisten :

1. Membuat Perencanaan Media Sosail Marketing

Langkah pertama yang paling penting agar bisa konsisten memposting konten di media sosial adalah dengan membuat sebuah perencanaan.

Jadi, sebelum memproduksi konten dan mempostingnya, kamu harus memiliki sebuah rencana yang matang. Misalnya saja memikirkan hal ini:

  • Berapa konten yang akan dipublikasikan setiap harinya?
  • Konten apa saja yang akan dipublikasikan?
  • Kapan saja waktu yang tepat untuk mempublikasikan konten tersebut?

Dan perencanaan penting lainnya yang menyangkut publikasi konten di media sosial. Dengan memiliki rencana yang matang, sehingga akan semakin mudah mengeksekusi konten tersebut.

Baca juga: Cara Menjadi Influencer Di Media Sosial

2. Produksi Konten Sebelum Di Posting

Setelah memiliki rencana yang matang, tips membuat konten media sosial dengan konsisten berikutnya adalah dengan cara menyetok konten. Alias memproduksinya secara masal di awal.

Minimal kebutuhan konten untuk keperluan seminggu kedepan.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan, yaitu membuat konten ketika akan dipublikasikan. Nah, hal seperti ini bisa membuat kamu kewalahan. Karena membuat konten bisa menguras waktumu. Apalagi dibuat secara dadakan.

Selain itu, konten yang dibuat secara dadakan biasanya kurang maksimal. Sehingga hasilnya akan biasa-biasa saja. Dan kurang menarik di mata audience.

Sehingga usahakan untuk menghindari hal ini. Dengan cara memproduksi konten untuk keperluan beberapa hari ke depan.

Pelajari juga: Tips Membuat Content Marketing

3. Buat Kalender Posting

Setelah memproduksi konten, yang harus kamu lakukan adalah membuat kalender postingan untuk media sosial yang kamu kelola.

Kalender postingan ini mencakup jadwal posting konten. Misalnya saja tanggal 26 Juli memposting konten A, D dan C. Dipublikasikan pada jam 6, 12 dan 19 WIB.

Kamu bisa membuat kalender postingan dengan membuat tabel seperti berikut:

HARI/TANGGALJAM 07.00JAM 12.00JAM  19.00KET
Rabu, 1 Juli 2021Konten Motivasi M1Produk A5Konten Tips T7Sudah
Kamis, 2 Juli 2021    
Jumat, 2 Juli 2021    
Sabtu, 2 Juli 2021    
Minggu, 2 Juli 2021    

Jika sudah di publikasikan, maka kasih keterangan “sudah” pada kolom keterangan.

Dengan adanya penjadwalan, maka postingan konten akan semakin teratur dan bisa dilakukan pengecekan apakah konten sudah dipublikasikan atau belum. Semuanya bisa dilihat dan di cek.

4. Gunakan Aplikasi Pengingat

Tips membuat konten media sosial dengan konsisten berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pengingat.

Yang namanya manusia, pasti kadang ada lupanya. Sehingga agar meminimalisir hal tersebut maka bisa dengan menggunakan aplikasi pengingat.

Misalnya saja dengan membuat alarem di handphone—pada saat jam-jam posting konten.

Kamu bisa baca: Waktu Terbaik Posting Konten di Berbagai Sosial Media

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan selain aplikasi alarm, misalnya dengan menggunakan aplikasi Google Keep. Tinggal setting pengingat di waktu jam posting.

Dengan demikian, kamu bisa meminimalisir lupa untuk memposting konten di media sosial.

5. Aktifkan Fitur Penjadwalan

Sekarang, hampir semua media sosial memiliki fitur ini, yaitu fitur penjadwalan posting konten. Nah, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk membuat postingan. Jadi nggak usah ribet posting secara manual lagi.

Tips membuat konten media sosial dengan konsisten yang satu ini merupakan cara yang paling efektif dan bisa menghemat waktu. Misalnya saja kamu ingin memposting 3 kali sehari.

Maka cukup luangkan waktu di pagi hari untuk mengaktifkan fitur penjadwalan. Sehingga ketika siang dan malam hari konten akan terpublikasikan secara otomatis, sesuai jadwal.

6. Menggunakan Jasa Admin

Terakhir, merupaka cara yang paling mudah, yaitu dengan membangun tim media sosial. Atau kamu bisa menggunakan jasa pengelola admin media sosial.

Saat ini sudah banyak penyedian jasa layanan admin ini. Biasanya, dengan budget kurang dari 1 juta, kamu sudah memiliki admin yang setia. Setia dalam mengelola akun bisnis milikmu itu. Dan melakukan posting konten dengan terjadwal.

Jadi nggak usah ribet-ribet mengelola sendiri. Dan tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membayar karyawan tetap.

Demikianlah cara membuat konten media sosial dengan konsisten. Kamu bisa melakukan tips 1 sampai lima. Dan jika sudah memiliki budget lebih, kamu bisa merealisasikan tips nomer 6.

Artikel lainnya: Alasan Pentingnya Iklan Online

4.9/5 - (10 votes)
Leave a Reply
You May Also Like