7 Tips Membuat Website Untuk Bisnis Agar Diminati Konsumen

Tampilan website yang menarik bisa memikat calon customer, maka dari itu cermati beberapa tips membuat website untuk bisnis di bawah ini.

Tips Membuat Website Untuk Bisnis Agar Diminati Konsumen
ilustrasi freepik/@freepik

CEROBOH– Tahukah kamu, bahwa sebuah penelitian telah memaparkan sebanyak 94 persen masyarakat (dalam hal ini berperan sebagai konsumen sebuah produk) terlebih dahulu yang mereka lakukan adalah mengecek dan memeriksa sebuah perusahaan secara online.

Kemudian selanjutnya sebanyak 97 persen para konsumen yang ingin mencari produk tertentu ternyata juga mencari bisnis lokal secara online.

Di zaman digital seperti sekarang ini, website ternyata menjadi senjata ampuh ketika seseorang ingin membangun sebuah usaha tertentu.

Bahkan sampai toko bangunan yang notabene-nya tak lazim dibuat situs web, kini justru berlomba-lomba untuk memiliki situs web yang bisa dijangkau oleh masyarakat secara lebih luas.

Lalu, bagaimana cara membangun situs web sebuah usaha dengan efektif?

Berikut ini adalah 7 tips membuat website untuk bisnis agar reputasi bisnismu lebih baik lagi:

Gunakan Domain yang Mudah Diingat

Tips Membuat Website Untuk Bisnis Agar Diminati Konsumen

Tips pertama yang harus kamu perhatikan agar pembuatan situs web bisnismu efektif adalah dengan membuat nama domain yang mudah ditemukan serta mudah diingat-ingat di kepala para konsumen.

Selain mudah diingat konsumen, situs web sebaiknya mudah dicari di mesin pencari. Terutama Google.

Domain yang akan kamu putuskan untuk kamu pakai, sebaiknya mewakili usaha bisnis yang telah kamu rintis dan jalankan.

Buat Website dengan Tampilan Rapi

Tips Membuat Website Untuk Bisnis Agar Diminati Konsumen
foto instagram/@chau_codes

Untuk membuat situs web bisnis yang efektif, hal yang harus kamu perhatikan adalah dengan mendesain situs web bisnismu agar tetap enak dilihat oleh mata.

Seimbangkan antara gambar-gambar yang telah kamu pasang, dengan bentuk font yang kamu pilih.

Kemudian, kamu tak perlu menampung segala informasi bisnismu di tampilan webmu karena halamannya akan berat. Biasanya ini pengaruh dari template yang telah dipilih.

Jadi, pilihlah template yang terlihat sederhana tapi tetap elegan. Kamu juga tak perlu memasang banyak widget yang tak ada hubungannya sama sekali dengan produk usaha bisnismu.

Lihat juga: Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

Menampilkan Informasi Kontak

Tips Membuat Website Untuk Bisnis Agar Diminati Konsumen
foto instagram/@chau_codes

Buat kamu yang ingin memasang sebuah situs web untuk keperluan usaha bisnis yang kamu jalani, tips selanjutnya adalah kamu harus memastikan bahwa informasi kontak untuk bisa menghubungimu. Adalah dengan meletakkannya di tempat yang mudah terlihat dan mudah dijangkau oleh para konsumen.

Misal kamu juga memiliki sosial media dengan tujuan agar tetap terhubung dengan para konsumen, sebaiknya tempatkan widget sosial media bisnismu di header atau footer.

Ini akan memudahkan mereka untuk menemukannya.

Pastikan Tampilan Website Mobile Friendly

Tips Membuat Website Untuk Bisnis Agar Diminati Konsumen
foto instagram/@chau_codes

Tahu tidak, pada tahun 2016 silam, penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 90 persen konsumen ternyata mencari sesuatu, atau membuka situs web pada produk tertentu melalui telepon seluler mereka.

Jadi, jika situs web-mu ternyata tak friendly untuk seluler karena berat, sebaiknya ganti saja.

Apalagi, pada sebuah situs web bisnis tertentu, lebih dari 60 persen dari konsumen yang ada ternyata membeli produk melalui seluler. Jadi, agar situs webmu efektif, perbaikilah lagi mode selulernya agar ramah dan responsif ya.

Desain Website Bisnismu Semenarik Mungkin

Tips Membuat Website Untuk Bisnis Agar Diminati Konsumen
foto instagram/@chau_codes

Jika desain situs web bisnismu ternyata malah tak menarik konsumen, sebaiknya jenis huruf, animasi dan gambar dalam bentuk gif diatur sedemikian rupa agar tak mengalihkan pandangan dan perhatian orang-orang yang membukanya.

Mungkin mereka malas karena situs web-mu yang terlalu rame sehingga mereka malah tak tertarik.

Kemudian tentang paragraf, sebaiknya tak lebih dari enam baris agar konsumen tetap mau membacanya hingga selesai. Karena kalau kepanjangan, mereka malah malas bacanya.

Pastikan Website Bisnismu Akurat

Tips Membuat Website Untuk Bisnis Agar Diminati Konsumen
foto instagram/@chau_codes

Jika kamu sudah memiliki situs web, sebaiknya cek secara berkala situs webmu agar supaya konsumen tak tersasar.

Misalnya, jika kamu ganti kontak, sebaiknya di webmu tetap apdet. Atau jika lokasimu berpindah, sebaiknya diganti dulu terkait lokasi yang sebelumnya kamu pasang di webmu.

Lainnya : Cara Berfikir Seorang Pengusaha

Jangan Menampilkan Iklan dari Pihak Ke-Tiga

Tips Membuat Website Untuk Bisnis Agar Diminati Konsumen
foto instagram/@chau_codes

Terakhir, pastikan kamu tidak memasang iklan dari pihak manapun di website bisnis yang kamu kelola. Adanya iklan kadang membuat tidak nyaman pengunjung dan calon pembeli.

Selain itu, jadi terlihat kurang profesional. Lebih fatal lagi, jika iklan pihak ke-tiga menampilkan iklan bisnis yang serupa dengan milikmu, ini dapat mengelihkan calon pembeli ke layanan tersebut. Bisa rugi kan?

Itulah beberapa 7 tips membuat website untuk bisnis yang perlu kamu ketahui agar situs web bisnismu efektif dan efisien. Jadi, apakah kamu sudah memiliki situs web atau baru akan bikin webnya? Apapun itu, semoga bisnismu lancar, ya.

BERI KOMENTAR