5 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak

Perhatikan tips-tips memilih asuransi pendidikan untuk anak yang saya jelaskan ini. Agar harta yang di investasikan untuk asuransi tidak sia-sia.

5 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak
ilustrasi freepik/@pikisuperstar

Ceroboh.com – Sebagai orang tua yang mementingkan pendidikan, tentu kita akan mempersiapkan dengan matang dan maksimal. Salah satunya yaitu dengan membuat asuransi pendidikan. Dan kita tahu, dana pendidikan ternyata tak cukup dengan biaya ‘apa adanya saja lah’.

Bagi keluarga yang menomorsatukan pendidikan, mereka akan berusaha keras untuk menyiapkan dana sejak dini–dalam bentuk asuransi. Namun, kadang-kadang karena masih samar dengan informasi mengenai asuransi jenis ini, di jalan malah menemukan kendala yang tak terduga.

Bisa jadi karena salah memilih tempat, atau mungkin tak mengetahui dengan detail mengenai risiko yang akan ditanggung.

Apa saja sih, tips-tips memilih asuransi pendidikan anak?

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan ketika ingin memilih asuransi pendidikan untuk anak dengan tepat:

1. Pastikan Mengetahui Biayanya

5 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak
foto instagram/@robertasaba_krassi

Pertama-tama, untuk memilih asuransi pendidikan guna meminimalisir kesalahan yang akan datang yaitu, dengan mengetahui biaya-biaya yang akan dikenakan dalam asuransi pendidikan yang telah kamu pilih.

Misalnya saja. Jika kamu memilih asuransi unit link, kamu akan tahu bahwa unit link menerapkan beberapa peraturan yang harus dipenuhi. Juga biaya yang dikenakan pun bisa dibilang cukup besar.

Jika kamu tak mengetahui risikonya sejak awal, bisa jadi di tengah jalan kamu akan mengalami risiko kehabisan biaya cuma karena biaya-biaya yang dikenakan dalam asuransi yang lumayan tinggi.

2. Pahami Dengan Detail Perusahaan Asuransinya

5 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak
foto instagram/@robertasaba_krassi

Mengetahui kelemahan dan kekurangan produk asuransi juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, setiap perusahaan pasti memiliki poin plus sekaligus poin minus.

Nah, kamu bisa mencari tahu sedetail mungkin mengenai liabilitas serta aset yang dimiliki perusahaan tersebut. Misalnya saja. Biasanya neraca keuangan dalam suatu perusahaan asuransi sengaja disampaikan kepada khalayak secara terbuka/transparan.

Kamu juga harus memerhatikan kualitas dari para tenaga kerja yang ada di sana. Ketika bertransaksi, kamu juga harus aktif bertanya mengenai detail hal-hal yang ingin diketahui terkait asuransi pendidikan yang ingin kamu beli.

Pun, kamu juga harus bertanya-tanya kepada teman atau kerabat yang sudah berpengalaman mengenai hal tersebut. Jadi, akan lebih clear dan yakin nantinya.

Lihat juga: Jenis Investasi Syariah Paling Menguntungkan

3. Cari Tahu Risiko Asuransinya

5 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak
foto instagram/@robertasaba_krassi

Setiap hal pasti memiliki risiko. Tak terkecuali dalam hal memilih investasi pendidikan. Tak mengetahui risiko sejak awal barang pasti bisa jadi akan membuat masalah lebih runyam di masa-masa yang akan datang.

Risiko asuransi sebenarnya tergantung jenis instrumen yang dipilih. Nah, instrumen paling tinggi dalam investasi pendidikan yaitu saham. Namun sayang, pasar uangnya paling rendah. Ini bisa menjadi tips memilih asuransi pendidikan untuk anak paling aman.

Intinya sih, kamu harus memahami dengan betul mengenai risiko fluktuasi keuntungan. Kalau nggak sanggup menerima risiko fluktuasi keuntungan, sebaiknya tak perlu mengambil instrumen yang berisiko tinggi.

4. Pastikan Kamu Mengetahui Polis yang Fleksibel

5 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak
foto instagram/@robertasaba_krassi

Kita tahu, asuransi pendidikan merupakan bagian dari investasi jangka panjang. Artinya, asuransi pendidikan hanya bisa diambil ketika anak sudah sampai pada usia tertentu. Atau dia telah siap masuk sekolah ke jenjang pendidikan tertentu. Dan ini sudah tercatat dalam perjanjian premi.

Jadi, asuransi nggak sama seperti nabung di bank. Kalau nabung di bank kamu akan bisa mengambil dananya kapan saja kamu mau. Nah, karena kurikulum di Indonesia suka berubah-ubah, ini artinya biaya pendidikan juga berubah-ubah dong.

Untuk menangani hal tersebut, sebaiknya kamu memilih polis perusahaan asuransi yanh fleksibel dan mudah. Jadi kamu tak akan kesulitan membuat klaim jika sewaktu-waktu kamu butuh biaya pendidikan anak.

5. Pilih Asuransi Yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

5 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak
foto instagram/@robertasaba_krassi

Kadang-kadang karena termakan iming-iming asuransi pendidikan yang menggiurkan, kita jadi salah dalam memilih asuransi. Jadi, sebaiknya pilih asuransi yang tepat. Dan tentu sesuai kebutuhan.

Jadi, apapun produk asuransi yang akan kamu beli nantinya, kamu harus memastikan kalau produkmu sesuai kebutuhan pendidikan anakmu nantinya.

Bandingkan sedetail mungkin mengenai produk-produk asuransi pendidikan yang satu dengan yang lain. Dengan membandingkan kamu bisa memilih dan mempertimbangkan dengan tepat. Dan risiko yang kamu ambil akan lebih kecil.

Baca juga: Kado Wisuda Buat Pacar

6. Tidak Ceroboh Memilih Asuransi Pendidikan

5 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak
foto instagram/@robertasaba_krassi

Memilih asuransi harus penuh dengan kehati-hatian. Jangan ceroboh dan sembrono dalam mengambil keputusan.

Kamu bisa membicarakannya bersama pasangan. Dengan berdiskusi, setidaknya akan ada titik tengah tentang asuransi yang cocok. Terebih, ini adalah asuransi pendidikan untuk anak, dikemudian hari. Jadi, pilihlah asuransi terbaik, agar tidak kecewa di kemudian hari.

Dan yang paling terpenting adalah: Perusahaan asuransi harus terpercaya, dan sudah jelas track recordnya.

Itulah beberapa tips memilih asuransi pendidikan untuk Anak yang bisa kamu terapkan. Semoga membantu, ya!

BERI KOMENTAR