5 Tips Memilih Tinta Printer Yang Bagus dan Berkualitas

Sebelum membeli tinta printer kami sarankan untuk memperhatikan tips memilih tinta printer yang bagus. Agar printer tidak mudah rusak.

Tips Memilih Tinta Printer

Ceroboh.com – Bagi sebagian kalangan yang sudah sering mengganti tinta printer, tentunya sudah tidak kebingungan lagi. Karena pasti selalu menggunakan tinta yang sama sejak pertama kali membeli printer.

Namun bagi kamu yang baru memiliki printer lalu tinta habis untuk kali pertama, tentunya ini akan menjadi pertanyaan besar untuk mencari tinta printer yang bagus dan berkualitas.

Penggunaan tinta printer yang bagus dan berkualitas sangat dianjurkan. Sebab ini merupakan salah satu perawatan agar printer yang kita gunakan bisa awet dan tahan lama. Jangan sampai kamu salah membeli tinta. Karena bisa menyebabkan kerusakan pada catridge printer yang kamu miliki.

Bagi kamu yang sedang kebingungan untuk membeli tinta printer untuk pertama kali, kamu gak usah khawatir lagi. Karena ceroboh.com akan mengulas beberapa tips untuk memilih tinta printer. Sebenarnya untuk memilih tinta yang bagus dan berkualitas tidaklah sulit. Kamu cukup memperhatikan beberapa aspek berikut ini:

Berikut ini adalah tips cara memilih tinta printer yang berkualitas:

Merek Tinta

Tips memilih tinta printer yang pertama adalah memperhatikan merek tinta yang akan kamu beli. Sebelum membeli tinta, pastikan merek tinta yang akan kamu beli sama dengan merek printer yang kamu miliki.

Penggunaan merek tinta dan printer yang sama ini akan lebih aman. Karena kalau tinta dan printer masih satu produk, tentu akan lebih cocok dan pas.

Baca juga: Ciri Cartridge Printer Rusak

Kemasan Tinta

Setelah memerhatikan merek yang sama, kamu harus memperhatikan kemasan tinta yang akan dibeli. Biasanya pada kemasan tinta dicantumkan daftar jenis printer yang bisa menggunakan tinta tersebut.

Jika pada kemasan itu ada jenis printer yang kamu miliki, maka tinta yang kamu beli sudah cocok dan dapat digunakan.

Harga Tinta

Sekarang banyak tinta printer yang beredar dengan harga murah dan merek yang kurang jelas. Namun kamu jangan tergiur dengan tinta printer jenis ini.

Karena biasanya tinta printer dengan harga murah tidaklah original dan terdapat banyak kelemahan seperti tintanya lebih encer atau terlalu kental. Hal ini sangat tidak bagus untuk printermu. Alangkah baiknya menggunakan tinta yang benar-benar original.

Baca juga: Inilah 6 Kelebihan Printer Infus

Bahan Kandungan Tinta

Tips memilih tinta printer berikutnya adalah melihat kandungan tinta. Tinta yang bagus biasanya berbahan baku air. Namun ada juga tinta yang berbahan baku alkohol. Tinta dengan campuran alkohol ini sangat tidak bagus digunakan karena bisa merusak printer.

Untuk membedakan tinta printer yang bagus dan berkualitas kamu bisa melakukan dengan cara mengkocok-kocok tinta tersebut.

Jika tinta berbusa dan busanya cepat menghilang lagi,  itu tandanya tinta yang kamu gunakan bagus untuk printer. Namun jika busa pada tinta tersebut susah hilang, maka sebaiknya tidak perlu dipilih. Karena kualitasnya kurang bagus.

Konsultasi

Cara terakhir, ketika kamu pergi ke toko yang menyediakan tinta printer, sebelum membeli tinta, alangkah baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada penjual tersebut.

Biasanya penjual tinta printer jauh lebih mengerti tentang tinta yang harus digunakan. Namun perlu diwaspadai, pastikan toko tempat kamu membeli tinta sudah terjamin pelayanannya.

Demikianlah sedikit tips memilih tinta printer yang bagus dan berkualitas. Mudah kan, untuk mencari tinta yang cocok untuk printer kamu? Semoga bermanfaat dan tidak salah dalam membeli tinta, yaa. Supaya printer yang kamu miliki awet dan tetap terjaga.

Lainnya: Cara Mengatasi Error Printer Canon MP237

BERI KOMENTAR