7 Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi Yang Hits Dari Nol

Ingin membuka kedai kopi yang hits dan banyak pengunjungnya? Perhatikan beberapa tips memulai bisnis kedai kopi berikut ini.

ilustrasi freepik/@freepik

Ceroboh.com – Biasanya, Kopi merupakan salah satu minuman populer di Indonesia sejak dulu. Mulai dari kelas bawah hingga kelas atas, mereka semua menyukai kopi. Karena kepopulerannya, kini banyak pengusaha Indonesia memulai bisnis kopi, dari kedai kopi tradisional hingga kafe-kafe modern.

Bisnis kedai kopi atau coffee shop adalah peluang besar dan menjanjikan. Namun, itu semua tergantung bagaimana cara Anda mengelola dan mengembangkannya. Lalu bagaimana cara memulai bisnis coffee shop atau kedai kopi? Ikuti tipsnya di bawah ini.

Warung kopi kian diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari masyarakat kelas atas semata, warung kopi kian membumi dan mengikuti tren. Warung kopi hits makin mudah dijumpai untuk memenuhi lifestyle para anak muda.

Berikut ini adalah 7 tips memulai bisnis kedai kopi agar banyak pelanggannya:

Kualitas Supplier Juga Menentukan Kualitas Kopi

foto instagram/@holistic_esthetic

Hal pertama yang perlu kamu catat tebal-tebal ketika memutuskan untuk membuka bisnis kopi adalah dengan mencari supplier yang kualitasnya tinggi. Sebab, salah satu hal yang membuat secangkir kopi memilik citarasa lezat yaitu kualitas kopi.

Kedai kopi memang banyak. Namun kedai kopi yang citarasa kopinya lezat dan enak, itulah yang diburu pasar.

Jadi sebelum membuka kedainya kamu perlu memilah-milah mana supplier kopi yang cocok dan pas untuk disajikan di kedai kopimu.

Gabung dan Aktiflah di Berbagai Komunitas

foto instagram/@goffypump

Pernah tidak? Kamu menjumpai sebuah kafe yang lokasinya berada di pelosok, di antara pemukiman warga. Namun kafe tersebut selalu diramaikan oleh pelanggan yang datang dari berbagai penjuru.

Saya pernah menemukan sebuah kafe yang seperti itu. Ramai, padahal tempatnya tidak strategis. Dan setelah ditelusuri, ternyata salah satu faktornya karena sang owner memiliki banyak jaringan.

Dia aktif dalam berbagai komunitas, yang kemudian member di komunitas-komunitas tersebut menjadi pelanggan kafenya.

Jadi, agar kedai kopimu menarik mungkin kamu bisa menerapkan hal ini. Bergabung di berbagai komunitas untuk membuat jaringan. Siapa sangka ternyata anggota komunitas-komunitas yang kamu gabungi menjadi pelanggan tetap di kedai kopimu?

Baca juga: Bisnis Dengan Modal di Bawah 500 Ribu

Buatlah Konsep Kedai Kopi Yang Unik

foto instagram/@koreanjapansoul

Tips memulai bisnis kedai kopi hits yang bisa bertahan lama (tak hanya mengikuti tren semata), kamu harus membuat konsep bisnismu menarik dan kuat di mata pelanggan.

Misalnya saja. Kamu membuat nama brand yang menarik. Kamu bisa melihat sebuah coffe shop yang ada di kawasan Bintaro Tangerang dengan membuat brand yang unik yaitu Sehidup Sekopi.

Nama yang menarik dan unik dalam dunia bisnis akan membuatnya tertanam kuat di ingatan konsumen. Nama-nama kopinya pun tak kalah unik.

Mulai dari es kopi mantan, es kopi kekasih, es kopi gebetan bahkan ada juga es kopi selingkuhan. Unik dan menarik, kan?

Perhatikan Pelayanan Yang Ramah dan Menyenangkan

foto instagram/@kohvi.id

Seenak apapun rasa kopi, sekeren apapun konsep kopi yang ditawarkan. Jika tak memerhatikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan, tentu akan mengecewakan pelanggan.

Misalnya saja. Saya sering ketika membeli sesuatu, sampai rumah suka langsung cerita kepada suami saya terkait pelayanannya.

“Tau nggak sih, penjual yang tadi itu ramah banget loh!”

Nah, dari situ saya memahami bahwa pelayanan yang ramah dan baik akan membuat kesan tersendiri di ingatan pelanggan.

Dengan menciptakan kenyamanan, pelanggan akan puas dan akan lebih sering datang. Nah, maka dari itu rekrutlah karyawan dan barista yang juga memprioritasman keramahan. Agar menciptakan kesan baik untuk pada pelanggan.

Karyawan Adalah Temanmu, Bukan Pembantumu

foto instagram/@roksafactory

Perlu diingat-ingat. Bahwa karyawanmu bukan pembantumu. Namun ia adalah sahabatmu. Maka, buatlah karyawan merasa bahwa kamu adalah sahabatnya, bukan bosnya.

Sebab, harmonisnya hubungan dan keterikatan antara pemilik bisnis dengan karyawan-karyawannya akan membuat karyawan semakin termotivasi dan semakin bersemangat dalam bekerja.

Jadi ciptakanlah atmosfer yang santuy namun tetap teratur. Jika sense of belonging karyawan tercipta, maka karyawan tersebut akan lebih bekerja dengan hati. Kan, yang dari hati akan sampai ke hati?

Jadikan Sosial Media Sebagai Salah Satu Media Promosi

foto instagram/@melanjblog

Lokasi strategis juga menjadi hal penting untuk keberlangsungan kedai kopi yang kamu rintis. Namun, di era digital seperti sekarang, selain menjangkau pelanggan dengan menempati lokasi strategis, namun juga harus cerdas menjangkau pelanggan dengan aktif dan menarik di sosial media.

Apalagi bisnis kedai kopi hits kebanyakan target pasarnya adalah kaum muda yang setiap hari hidupnya tak pernah lepas dengan sosial media. Ini adalah peluang besar untuk menjadikan sosial media sebagai tempat promosi.

Kamu juga bisa membayar beberapa selebgram atau mungkin youtuber yang masanya banyak. Nanti mereka yang juga akan mempromosikan kedai kopi milikmu.

Untuk itu, kamu juga perlu admin handal untuk membuat konten-konten yang menarik dan unik.

Lihat juga: Cara Mencari Ribuan Pelanggan Lewat Internet

Barista Terbaik, Kenapa Tidak?

foto instagram/@juicynature_home

Selain kualitas kopi yang tinggi, kualitas barista juga menjadi hal yang berpengaruh terhadap kelezatan secangkir kopi. Sebab, barista ternyata juga berpengaruh kuat dalam kesuksesan bisnis kedai kopi.

Coba rekrut barista yang penampilannya menarik dan unik, ramah kepada pelanggan, racikan kopi pas. Tentu saja para pelanggan akan jatuh hati kepada si barista.

Lalu mereka akan berlangganan minum kopi di kedai kopi tersebut. Jadi, pilihlah barista terbaikmu!

Itulah beberapa tips memulai bisnis kedai kopi yang bisa kamu terapkan dalam menjalankan bisnis kedai kopi agar hits. Mudah, kan?

BERI KOMENTAR