6 Tips Menggunakan Dompet Digital dengan Bijak

Jaga baik-baik keamanan akun dompet digitalmu, gunakanlah secara bijak! perhatikan tips menggunakan dompet digital yang saya jelaskan berikut ini.

Tips Menggunakan Dompet Digital dengan Bijak
ilustrasi freepik/@pikisuperstar

Ceroboh.com – Pasti kamu tak asing lagi kan, dengan istilah dompet digital? Sejak beberapa waktu terakhir, dompet digital di Indonesia mulai marak dimana-mana. Bahkan kini hampir sebanyak 56 triliun telah dicek oleh Bank Indonesia atas transaksi.

Keuntungan dari menggunakan dompet digital tentu saja banyak sekali, mengingat bahwa dompet digital kini mulai banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologinya.

Dompet digital membuat seseorang lebih mudah bertransaksi. Sebab cepat, mudah dan tentu saja sangat efisien.

Dengan cepatnya transaksi seperti ini, pastinya membuat kita tak perlu repot-repot menuju ATM karena transaksinya dalam bentuk digital (cashless).

Meskipun mudah, tak banyak orang yang dengan bijak menggunakan dompet digital.

Bagaiamana agar tetap aman ketika menggunakan e-wallet atau dopet digital?

Berikut ini adalah 6 tips menggunakan dompet digital dengan bijak:

Ganti Password Secara Berkala

6 Tips Menggunakan Dompet Digital dengan Bijak
foto instagram/@cincinnati_collective

Merebaknya transaksi online yang tak terbendung, menyebabkan beberapa orang ternyata terkena kasus penipuan dan saldo uang elektronik yang bersangkutan terkuras habis.

Tak jauh berbeda dengan rekening bank, sebaiknya kamu mengganti passwordmu secara berkala guna meningkatkan keamanan saldo e-wallet milikmu.

 Alangkah baiknya jika kamu menggantinya—paling tidak—sebulan sekali. Supaya para hacker tak mudah membobol pin e-wallet milikmu.

Oh iya. Disarankan juga buat kamu ketika memilih nomor password sebaiknya jangan memakai angka kombinasi yang mudah tertebak dan terbobol ya. Semisal 111111 atau 123456.

Teliti Memasukan Angka Ketika Bertransaksi

6 Tips Menggunakan Dompet Digital dengan Bijak
foto instagram/@manbeltleather

Jika kamu sedang melakukan transaksi, misalnya. Dan ketika pihak lawan transaksi meminta menuliskan beberapa nomor di depan atau di belakang jumlah transaksi, jangan pernah sebutkan nomornya.

Karena nomor itu ternyata adalah caranya untuk menguras habis dompet digitalmu.

Kadang-kadang ada oknum penipu yang modusnya salah transaksi dan memintamu menuliskan nomor tertentu di depan atau di belakang jumlah transaksi.

Nah, nantinya di akhir itu ternyata adalah jumlah saldo yang terkuras habis. Hati-hati, ya.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Manfaatkan Promo dengan Bijak

6 Tips Menggunakan Dompet Digital dengan Bijak
foto instagram/@cincinnati_collective

Untuk melakukan promosi, biasanya beberapa toko ataupun gerai tempat kamu membeli suatu barang, mereka akan rajin dan gencar mengadakan diskon-diskon tertentu.

Misalnya saja, gerai A mengadakan promo cashback 75%. Tentu saja nantinya sejumlah 75% uang transaksi milikmu akan kembali ke dompet digitalmu kembali.

Jika seseorang pengguna dompet digital kreatif, biasanya mereka akan membuat beberapa akun agar dalam jangka waktu tertentu—dalam sebulan, misalnya—kamu akan mendapatkan diskon beberapa kali dari beberapa akun. Bijak, kan?

Batasi Ketika Top Up Saldo

6 Tips Menggunakan Dompet Digital dengan Bijak
foto instagram/@cincinnati_collective

Tahukah kamu, bahwa dompet digital itu sama seperti uang tunai biasa yang tak akan hilang jika tak terpakai? Nah, karena dompet digital sama seperti uang tunai, sebaiknya kamu membatasi top up dalam jangka waktu tertentu.

Karena jika kamu tak membatasi, uang elektronik yang ada di dompet digitalmu akan habis dalam jangka waktu sehari jika karena kamu tergoda dengan diskon-diskon yang ada.

Apalagi kini beberapa dompet digital menyediakan layanan penggunakan batasan harian ataupun mingguan. Pakai saja layanan tersebut. Nah, fitur ini sangat memudahkan bagi pengguna yang ketika mengisi ulang saldo dompet digital, menggunakan m-banking.

Pisahkan Akun Kartu Debit Dengan Dompet Digital

6 Tips Menggunakan Dompet Digital dengan Bijak
foto instagram/@cincinnati_collective

Tips menggunakan dompet digital berikutnya yaitu sebaiknya hindarkanlah melakukan penyambungan dengan kartu-kartu debit yang kamu punya.

Misalnya dompet digitalmu habis saldo, kamu akan dengan ringannya mengisi dompet digital dari kartu-kartu debitnya. Tentu saja ini akan membuat dirimu tak terkontrol dalam melakukan transaksi karena ingin beli ini beli itu.

Sebaiknya cukup membayar dengan scan barcode saja, supaya kamu terkontrol untuk belanja.

Baca juga: Cara Membuka Tabungan Haji di Bank Syariah Mandiri

Selalu Mengecek Riwayat Transaksi

6 Tips Menggunakan Dompet Digital dengan Bijak
foto instagram/@manbeltleather

Setiap dompet digital, biasanya ada fitur tentang pengecekan riwayat transaksi yang pernah dilakukan. Agar keuangan digitalmu terkontrol, sebaiknya cek secara berkala riwayat transaksi yang ada di dompet digitalmu.

Hal ini akan membuatmu tak boros karena berlebihan dalam bertransaksi karena sering dicek.

Itulah 6 tips menggunakan dompet digital dengan aman yang harus kamu ketahui. Jika kamu merasa boros dalam menggunakan atau belum bijak dalam memanfaatkannya, sebaiknya terapkan saja tips di atas. Semoga membantu, ya.