6 Tips Mudik Untuk Pemula, Agar Lebih Nyaman

Perhatikan beberapa tips mudik lebaran untuk pemula berikut ini. Pastikan semuanya sudah disiapkan, sebelum melakukan perjalanan pulang kampung.

6 Tips Mudik Untuk Pemula, Agar Lebih Nyaman
ilustrasi freepik/@macrovector

Ceroboh.com – Sebagai warga masyarakat Indonesia, sepertinya ada yang kurang kalau tak melakukan ritual tahunan berupa mudik. Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Banyak sekali pilihan alat transportasi yang bisa dimanfaatkan untuk mudik. Ada yang memilih menggunakan mobil pribadi saja agar bebas. Ada pulang yang memilih menggunakan alat transportasi umum seperti pesawat, kereta api, kapal laut hingga bis dan travel.

Apapun transportasi yang digunakan, yang paling penting sebenarnya satu: nyaman. Namun, bagaimana sih caranya supaya perjalanan kita terasa nyaman ketika mudik?

Yuk simak tips nyaman mudik yang mungkin berguna dan bisa kamu praktikkan agar perjalananmu tetap terasa nyaman sekaligus mengasyikkan:

1. Perhatikan Pakaian yang Digunakan

6 Tips Mudik Untuk Pemula, Agar Lebih Nyaman
foto instagram/@cozza_nuna

Tips mudik pertama agar perjalananmu menuju kampung tetap terasa nyaman dan menyenangkan yaitu dengan mengenakan pakaian yang fleksibel. Dalam artian, pakaian yang kamu kenakan nyaman dan bebas digunakan untuk bergerak.

Kadang-kadang ada beberapa pemudik yang dari rumah tampil rapi. Namun di perjalanan dia tak bebas dan terasa nggak enak semua karena pakaian.

Padahal kenyamanan adalah nomor satu. Asal sopan dan bersih saja.

Lihat juga: Tips Travelling di Bulan Ramadhan

2. Siapkan Makanan Dan Camilan Kemasan

6 Tips Mudik Untuk Pemula, Agar Lebih Nyaman
foto instagram/@chocolatelover_mdn

Perjalanan mudik yang begitu lama kemungkinan akan membuatmu mudah diserang lapar di tengah perjalanan. Nah, ada baiknya kamu mengantisipasinya dengan menyiapkan makanan dan camilan yang tahan lama.

Kerap, para pemudik sering berhenti di perjalanan untuk mampir dan makan. Padahal hal ini pemborosan. Sesekali sih, nggak masalah, kalau berkali-kali justru uang akan habis hanya di dana makan saja.

Selain itu, ngemil dan makan di perjalanan akan mengusir rasa kantuk dan semangat seperti kembali ke semula.

3. Tidak Menyimpan Uang Tunai Terlalu Banyak

6 Tips Mudik Untuk Pemula, Agar Lebih Nyaman
foto instagram/@quwalli_leather

Selanjutnya, tips nyaman mudik agar perjalananmu aman yaitu dengan membatasi uang tunai yang terlalu berlebihan. Jadi, sediakan uang tunai yang terbatas.

Jika kamu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, akibatnya kamu malah merasa was-was dan khawatir di perjalanan. Yang kemudian malah bikin kamu nggak nyaman, kan?

Apalagi kalau kamu memakai kendaraan umum. Tindak kriminal dalam situasi seperti ini sangat rawan terjadi.

4. Jika Ngantuk, Istirahat Terlebih Dahulu

6 Tips Mudik Untuk Pemula, Agar Lebih Nyaman
foto instagram/@puravidanastya

Ini adalah tips mudik khusus bagi orang-orang yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Kalau sudah merasa sangat ngantuk, usahakan untuk ambil istirahat terlebih dahulu.

Bukan hal asing lagi, berita-berita mengenai pemudik yang mengalami kecelakaan sebab dia ngantuk. Tapi tetap nekat berkendara.

Pula, mengambil jeda istirahat tak sekadar menghilangkan kantuk saja, kok. Namun juga untuk mempersiapkan diri bahwa kamu siap berkendara lagi.

Kamu bisa beristirahat di posko-posko mudik yang sengaja didirikan berbagai instansi. Di sana juga disediakan kopi untuk relaksasi sejenak dari perjalanan.

5. Lakukan Pengecekan Kesiapan Kendaraan

6 Tips Mudik Untuk Pemula, Agar Lebih Nyaman
foto instagram/@gina_adriana97

Tips nyaman mudik ini juga berlaku bagi pemudik yang memanfaatkan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil.

Lakukan pengecekan kesiapan kendaraan mulai dari kelengkapan surat hingga mesin kendaraan.

Kamu juga perlu membawa peralatan yang yang digunakan untuk memperbaiki kendaraan jika di tengah jalan ternyata mengalami kendala kerusakan.

Baca juga: Tips Travelling Menggunakan Bus

6. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari Bagi Pengguna Transportasi Umum

6 Tips Mudik Untuk Pemula, Agar Lebih Nyaman
foto instagram/@sukiwari

Ini tips nyaman mudik yang berlaku bagi pemudik yang mengendarai kendaraan umum. Misalnya saja pesawat, kereta api ataupun bis.

Sebaiknya kamu memesan tiket jauh-jauh hari sebelum mendekati hari Raya Idul Fitri. Sebab, biasanya tiket menjelang hari raya sulit didapatkan. Jika toh memang dapat, tentunya harganya sangat mahal.

Itulah beberapa tips mudik bagi pemula yang mungkin bisa kamu terapkan agar mudik pulang kampungmu tetap terasa nyaman dan menyenangkan. Semangat mudik dan bertemu kerabat di kampung! Happy Ied Mubarok, ya!

BERI KOMENTAR