7 Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula Yang Baru Pertama Kali

Baru pertama kali naik kapal laut? Yuk simak beberapa tips naik kapal laut yang saya jelaskan ini, agar perjalanannya nyaman dan menyenangkan.

7 Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula Yang Baru Pertama Kali
ilustrasi freepik/@freepik

Ceroboh.com – Untuk melakukan perjalanan menggunakan kapal laut, kamu mungkin memerlukan pertimbangan yang matang. Pasalnya, perjalanan dengan menggunakan kapal laut tak seperti bus yang bisa mampir-mampir di tempat-tempat tertentu.

Atau, kalau menggunakan pesawat, kita hanya butuh waktu yang tak lama. Namun, tentu saja pesawat terbang lebih mahal. Nah, untuk menghemat biaya mungkin kapal laut menjadi alternatif bagi beberapa orang untuk mudik atau bepergian travelling.

Bepergian dengan menggunakan transportasi laut juga memudahkanmu ketika kamu memang butuh membawa barang dalam jumlah banyak.

Berikut ini adalah tips-tips naik kapal laut untuk seorang pemula yang baru pertama kali naik kapal laut:

Pilih Tempat Duduk di Tengah Kapal

7 Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula Yang Baru Pertama Kali
foto instagram/@age_candra

Tips pertama yang mungkin bisa kamu terapkan ketika memutuskan bepergian menggunakan kapal laut yaitu, dengan memilih tempat duduk di tengah kapal.

Tempat duduk merupakan hal penting saat perjalanan. Sebenarnya tak hanya berlaku  dalam kapal laut saja. Namun juga pesawat, kereta api atau mungkin saja bis. Terutama kapal laut ini, nih.

Untuk itu sebaiknya kamu memilih tempat duduk yang posisinya setidaknya berada di tengah-tengah kapal. Hal ini akan mengurangi gerakan-gerakan kapal yang mungkin bikin kamu mual-mual saat perjalanan.

Lihat juga: Tips Travelling Ke Luar Negeri

Bawa Bekal Praktis Dan Tahan Lama

7 Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula Yang Baru Pertama Kali
foto instagram/@jayasxas

Tips berikutnya agar perjalananmu menggunakan kapal laut terasa nyaman yaitu dengan membawa bekal yang praktis, sekaligus tahan dalam waktu lama. Bekal juga hal yang sangat penting.

Pasalnya, makanan-makanan yang dijual di kapal harganya mahal. Selain mahal kadang-kadang tidak sehat dan higienis. Agar supaya lebih hemat, kamu bisa membawa bekal sendiri.

Karena berada di kapal bisa hitungan hari, tentu saja bawalah bekal yang tahan lama. Misalnya saja sambal goreng, kering tempe atau mungkin rendang. Kamu juga bisa membawa bekal buah-buahan yang tahan lama seperti apel, salak, kurma dsb.

Manfaatkan Waktu Panjang di Kapal Untuk Istirahat

7 Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula Yang Baru Pertama Kali
foto instagram/@cita_traveling

Karena berada di kapal kadang tak hanya butuh waktu sejam dua jam–namun sehari hingga bahkan lima harian, sebaiknya manfaatkan waktu panjang tersebut untuk beristirahat saja di kapal.

Dengan memanfaatkan secara maksimal waktu yang ada, akan membuat badanmu lebih bugar dan segar. Selain itu, kesehatanmu juga tetap terjaga.

Jaga Dengan Baik Barang Bawaanmu

7 Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula Yang Baru Pertama Kali
foto instagram/@lanissa.liveaboard

Nah, karena agen-agen kapal laut tak memberi jaminan akan barang-barangmu yang hilang di kapal, maka jaga dengan baik barang bawaanmu tersebut.

Apalagi jika barangmu banyak. Kamu harus sering memantau dan mengawasi keberadaannya.

Pasalnya, kamu akan menemukan oknum-oknum tak bertanggung jawab di kapal. Mereka akan dengan sigapnya mengambil barang para penumpang kapal.

Siapkan Buku, Musik Atau Camilan Saat Perjalanan

7 Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula Yang Baru Pertama Kali
foto instagram/@leibra.komodospeedboat

Melakukan perjalanan di kapal dalam waktu yang lama tentunya akan membuat dirimu jenuh dan bosan. Untuk mengusir rasa bosan dan jenuhmu, kamu bisa menyiapkan buku bacaan, musik atau mungkin camilan ringan.

Kamu mungkin bisa menjadikan HP-mu sebagai hiburan. Nah, agar terhindar dari habisnya baterai, kamu perlu menyiapkan beberapa powerbank untuk mengisi baterainya.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terlalu bosan karena terlalu lamanya perjalanan.

Pahami Dengan Benar Safety Tips dari Awak Kabin

7 Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula Yang Baru Pertama Kali
foto instagram/@muh.rangga7

Saat kamu akan berangkat menggunakan kapal laut, sebelum kapal berjalan biasanya kamu akan diberi safety tips dari awak kabin yang bertugas.

Kesempatan ini jangan kamu sia-siakan. Dengarkan dengan baik ketika awak kabin menjelaskan detail mengenai safety tips dalam menggunakan transportasi kapal laut.

Mengetahui safety tips dari awak kabin akan menghindarkanmu dari hal-hal yang tak diinginkan (darurat) nantinya. Misalnya saja kecelakaan. Safety tips akan berguna sekali tentunya.

Baca juga: Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api

Bawa Kotak P3K

7 Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula Yang Baru Pertama Kali
foto instagram/@pemandangan_langka

Perjalanan menggunakan kapal laut yang begitu lama tentu harus kamu siapkan dengan membawa obat-obatan pribadimu. Sebab, kamu tak akan menemukan apotek di dalam kapal yang menjual obat yang mungkin kamu butuhkan saat itu.

Apalagi buat kamu yang sering mabuk laut, obat-obatan sangatlah penting untuk kamu bawa. Jadi, jangan lupa bawa kotak P3K, ya!

Demikian beberapa tips naik kapal laut yang mungkin bisa kamu terapkan jika kamu berencana melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal laut. Semoga membantu, ya. Have a nice trip!

BERI KOMENTAR