8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling

Perhatikan tips-tips perjalanan jauh dengan kereta api ketika travelling, agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Baca sampai tuntas!

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling
ilustrasi freepik/@freepik

Ceroboh.com – Setiap traveller selalu memiliki alat transportasi travelling favorit. Ada yang menyukai pesawat, bis, bus travel. Tak terkecuali kereta api.

Kereta api memang menjadi salah satu transportasi kesukaan para traveller. Banyak keuntungan yang diperoleh. Meski memang setiap transportasi memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apapun transportasi yang digunakan oleh para traveller untuk bertravelling ria di penjuru-penjuru wisata, tentu yang mereka cari adalah satu: nyaman. Sebagus apapun moda transportasi, jika tak nyaman bagi traveller, tentu membuat traveller tak tenang dong.

Nah, karena kali ini saya sedang membahas perihal kereta api. Lalu, tips-tips aja saja sih yang perlu diterapkan? Agar ketika travelling dengan kereta api, para traveller tetap nyaman saat perjalanan?

Yuk simak beberapa tips perjalanan jauh dengan kereta yang mungkin bisa kamu terapkan ketika travelling ini:

Siapkan Buku atau Film Untuk Mengisi Waktu di Kereta

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling
foto instagram/@m_gunawan27

Kadang-kadang, melakukan perjalanan di kereta memakan waktu yang lama. Mau tidur juga susah. Tak heran di tengah perjalanan malah diserang kebosanan.

Nah, kamu bisa menyiapkan list film yang bisa kamu tonton streaming di HP-mu, atau kamu bisa menyiapkan buku bacaan kalau kamu memang seorang book addict.

Dengan membaca atau menonton, waktumu yang lama jadi tidak terasa. Bahkan, tiba-tiba sudah sampai tujuan saja.

Baca juga: Manfaat Membawa Buku Saat Perjalanan

Siapkan Makanan Dan Camilan

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling
foto instagram/@adamphotographid2

Selain mempersiapkan buku dan tontonan, kamu sebaiknya juga membawa beberapa camilan sebagai teman baca atau teman nontonmu.

Ya bosan juga kan, baca buku doang tapi nggak sambil nyemil. Selain itu, kadang-kadang nyemil bisa menghilangkan kantuk dan menjaga semangat saat perjalanan.

Pastikan Tas Berisi Hal-hal Penting Saja

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling
foto instagram/@aaadelianaaa

Ini sih, sebenarnya kesalahan traveller yang selalu dilakukan berkali-kali. Yaitu membawa tas dan barang-barang yang sebenarnya nggak penting-penting amat.

Alhasil di perjalanan malah keberatan saat membawanya. Padahal ketika tiba di lokasi, barang-barang yang berada di dalam tas tak terpakai sekali pun.

Sebaiknya membawa barang saat travelling perlu dipertimbangkan perihal seberapa lama travellingnya dan destinasi apa yang dikunjungi.

Jadi tasnya ga perlu banyak dan terlalu besar. Satu ransel untuk baju dan keperluan lain. Satu tas selempang kecil untuk wadah HP, dompet dan tiket.

Sebelum Jam Keberangkatan, Usahakan Telah Berada di Stasiun

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling
foto instagram/@diyaririyadi

Tips perjalanan jauh dengan kereta api selanjutnya agar nyaman berkereta adalah dengan datang sebelum jam keberangkatan. Jadi, pastikan sekitar sejam sebelum tiket berangkat, kamu telah berada di stasiun.

Sebab kalau terlambat, kemungkinan tiketmu akan hangus dan kamu harus memesan tiket lagi. Belum jika ternyata persediaan tiket dadakannya habis. Kan, lebih repot.

Dengan datang sejam sebelum keberangkatan, kamu bisa duduk sembari istirahat terlebih dahulu di stasiun. Kamu juga bisa mempersiapkan hal-hal yang kurang seperti misal tisu atau camilan. Jadi jangan terlambat, ya!

Kenakan Pakaian Yang Nyaman

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling
foto instagram/@herlitaws

Ternyata berpakaian saat travelling juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan para traveller.

Sebenarnya pakaian travelling tak perlu rapi-rapi. Asalkan nyaman, sopan dan bersih saja. Selain itu, pakaian travelling sebaiknya fleksibel ketika digunakan untuk bergerak.

Jadi, kemungkinan nyaman dibuat tidur juga. Nanti kalau sudah sampai tujuan, kamu bisa menggantinya dengan pakaian yang lebih rapi.

Pesan Tiket Jauh Hari Sebelum Berangkat

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling
foto instagram/@oktavian261

Agar kamu bisa memilih tempat duduk sesuai keinginanmu, sebaiknya kamu memesan tiket jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat travelling.

Sebab kalau belinya mepet di waktu-waktu dekat hari H, kamu akan mendapatkan tempat duduk yang tak nyaman serta tak sesuai keinginanmu.

Lihat: Cara Memesan Tiket Kereta Api

Pilihlah Tempat Duduk Dekat Jendela

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling
foto instagram/@irmanataliaangg

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan saat berkereta yaitu dengan memilih tempat duduk dekat jendela. Duduk di dekat jendela akan memudahkanmu menikmati pemandangan indah saat perjalanan.

Selain itu duduk dekat jendela di kereta akan memudahkanmu dalam charging baterai HP dan kamera, juga menyimpan makanan dan botol minumanmu.

lihat juga: Tips Travelling Ke Luar Negeri

Jangan Memilih Tempat Duduk di Bawah AC

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api Ketika Travelling
foto instagram/@piyooriichang_lien

Sekarang semua kereta api di semua kelas, baik ekonomi, bisnis atau kelas eksklusif menggunakan fasilitas AC atau pendingin ruangan.

Alangkah baiknya kamu tak memilih tempat duduk yang posisinya berada di bawah AC langsung. Selain dingin dan akhirnya membuat dirimu tak nyaman, hal ini akan berdampak buruk pada kesehatanmu.

Nanti bisa bisa pas sampai tujuan bukan malah menikmati travelling, justru sakit. Bahaya, dong!

Itulah beberapa tips perjalanan jauh dengan kereta api yang mungkin bisa kamu terapkan saat kamu travelling. Nah, semoga tips-tips ini bisa membantumu, ya. Happy travelling!

BERI KOMENTAR