7 Tips Sebelum Berbisnis, Cara Meminimalisir Kegagalan!

Pada tulisan ini saya akan membahas tips sebelum berbisnis. Kamu bisa menerapkan tujuh prinsip berikut ini untuk meminimalisir kegagalan.

Tips Sebelum Berbisnis, Cara Meminimalisir Kegagalan
@pikisuperstar

CEROBOH – Mendirikan bisnis sendiri di zaman yang serba digital ini kini banyak yang tertarik. Terutama kaum milenial. Mereka bahkan rela resign dari kantor tempat mereka bekerja demi mendirikan bisnis sendiri.

Banyak sekali jenis bisnis yang bisa dijalankan. Mulai dari bisnis kafe kekinian, bisnis rumah makan, bisnis fashion dan masih banyak lagi.

Tak jarang mereka rela benar-benar menyiapkan dengan matang jika ingin berbisnis. Agar ke depannya, bisnis yang dibangun tak jatuh dan berhenti di tengah jalan karena rugi.

Lalu, apa saja sih yang perlu dipersiapkan ketika ingin memulai bisnis?

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips sebelum berbisnis yang harus dilakukan, terutama oleh pebisnis pemula:

1. Jalankanlah Bisnis Yang Kamu Suka

Tips pertama sebelum kamu menjalankan bisnis yaitu kamu harus menyukai bisnis tersebut. Maksudnya, sebaiknya jalankan bisnis yang kamu suka sejak awal.

Jika kamu menyukai sebuah bisnis, tentu kamu akan bahagia dalam menjalankannya. Dan tentu pula kamu akan lebih menguasai bisnis tersebut.

Tak perlu mikir, bisnis yang kamu suka pendapatannya tak lebih besar daripada bisnis lain, misalnya. Yang terpenting konsisten dan kamu bahagia serta nyaman dalam menjalankannya.

2. Gagal? Coba Lagi Dong!

Tips kedua yang perlu kamu perhatikan sebelum berbisnis adalah, kalau gagal, ya coba lagi!

Orang sekarang, terutama kaum muda, ketika berbisnis inginnya berhasil pada sekali percobaan. Padahal kegagalan itu keniscayaan. Dan seringnya, orang sukses malah belajar dari kegagalan-kegagalan yang dialami.

Ada baiknya, jika gagal jangan cepat-cepat lemas, mengeluh lalu menyerah. Cobalah selagi masih ada kesempatan. Sebab, untuk berjuang pilihannya dua: lanjut atau berhenti?

Baca juga: Bisnis Modal 300 Ribu Paling Menjanjikan

3. Jangan Banyak Gaya, Banyaklah Kerja

Jika sebelum berbisnis kamu sering mengandalkan gaya hidup, ketika berbisnis hilangkan gaya hidupmu terutama yang mewah-mewah tapi tak penting.

Membangun bisnis berarti juga membangun kesederhanaan hidup. Jadi, tak perlu bermewah-mewahan. Yang terpenting adalah kerja nyata.

Selain itu, tatalah niat sejak awal. Bahwa berbisnis bukan untuk dipuji banyak orang dan banyak uang. Yang utama adalah kebermanfaatan dan kerja nyata yang gemilang.

4. Fokuslah Dalam Berbisnis

Tips sebelum berbisnis selanjutnya yaitu fokuslah dalam menjalankan bisnis yang kamu geluti. Jadi, tak perlu membangun banyak bisnjs tapi tak ada yang maju.

Lebih baik fokus di satu bisnis, tunggu hingga terlihat dan mulai berhasil. Selanjutnya barulah buka bisnis baru.

Jika kamu membangun banyak bisnis dalam satu waktu, tentu kamu akan kesulitan mengatur bisnisnya. Jangan asal-asalan dalam berbisnis, ya!

5. Belajarlah Dari Pengalaman Orang Lain

Buat kamu yang ingin berbisnis, carilah banyak ‘channel’ dan orang-orang yang telah berpengalaman dalam menjalankan bisnis.

Dengan belajar dari pengalaman orang lain secara langsung, kamu akan tahu lebih banyak dan lebih jelas mengenai dunia perbisnisan. Jadi jangan hanya belajar bisnis

Jangan cuman belajar bisnis dari tutorial yang ada di internet. Belajar juga dari orang lain yang sudah lebih dulu memulai bisnis. Lebih-lebih belajar dari pebisnis yang telah memulai dari bawah dan kini sudah naik ke atas.

6. Sesibuk Apapun, Jagalah Kesehatan

Sukses itu harus. Namun jika terlalu fokus dan akhirnya malah mengabaikan badan, tentu tak baik juga untuk kepentingan kesehatan kita.

Meskipun sibuk dengan bisnis, jangan sampai mengabaikan makan sehat dan olahraga yang teratur. Pandai-pandailah menjaga keseimbangan antara bisnis dengan kesehatan.

Sama saja kan, bisnis sukses namun kesehatan diabaikan dan akhirnya malah sakit-sakitan?

Lihat juga: Peluang Usaha Lulusan SMK

7. Konsep Bisnismu Dengan Matang

Tips sebelum berbisnis selanjutnya, konseplah bisnismu dengan matang. Hal ini bertujuan untuk menarik investor agar tertarik untuk berinvestasi/memberikan modal pada bisnis yang kamu jalankan nantinya.

Jika konsep bisnis yang kamu buat tidak matang dan bahkan malah biasa-biasa saja, tentu investor tak akan tertarik untuk memberikan modal.

Dijamin deh. Kalau konsep bisnis matang, ini akan membuat investor akan memberikan modal tanpa harus diminta. Justru datang sendiri.

Demikian beberapa tips sebelum berbisnis yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat. Selamat berbisnis, ya!