8 Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan

Tips sewa apartemen murah yaitu dengan cara memperhatikan banyak faktor, seperti faktor lokasi, tipe, jenis dan fasilitas apartemen.

Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan
ilustrasi freepik / @pch-vector

CEROBOH – Memiliki apartemen merupakan salah satu pencapaian warga kota. Tentu, agar bisa hidup lebih nyaman ketimbang hidup di kontrakan.

Namun, harga sewa apartemen sering menjadi kendala utama. Harga yang mahal menjadikan banyak orang berfikir dua kali untuk tinggal di apartemen.

Namun, sebenarnya ada beberapa solusi agar mendapatkan sewa apartemen yang murah. Salah satunya menyewa apartemen di pinggiran kota.

Atau bisa di perbatasan kota. Bisanya di sini harga apartemen lebih murah dari pada yang berada di tengah kota.

Berikut ini adalah 8 tips agar mendapatkan sewa apartemen yang lebih murah:

1. Memperhatikan Tipe Unit

Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan
Foto @gugunrentroom

Tips sewa apartemen murah yang pertama adalah memperhatikan tipe dari apartemen tersebut.

Ada beberapa tipe apartemen yang harus kamu ketahui. Mulaidari tipe studio. Apartemen tipe 1BR (1 kamar tidur), 2BR (2 kamar tidur), 3BR (3 kamar tidur).

Tipe studio merupakan apartemen tanpa kamar. Biasanya apartemen dengan tipe ini jauh lebih murah jika dibanding yang lainnya.

Memilih apartemen tipe studio bisa menjadi solusi buatmu. Apalagi jika kamu hanya tinggal sendirian.

2. Memperhatikan Lokasi Apartemen

Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan
Foto @luminacity_prihrahanto

Selanjutnya, kamu harus memperhatikan lokasi apartemen tersebut. Tidak bisa dipungkiri, harga apartemen di pusat kota akan semakin mahal harganya, jika dibandingkan dengan yang lokasinya di pinggiran kota.

Maka dari itu, untuk mendapatkan sewa apartemen yang murah kamu bisa menyewa apartemen di pinggiran kota, atau di sekitaran perbatasan kota.

Baca juga: Tips Membeli Rumah Impian

3. Memperhatikan Fasilitas Apartemen

Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan
Foto @gugunrentroom

Selain tipe apartemen, kamu juga bisa mempertimbangkan dari segi fasilitas apartemen yang disediakan. Biasanya ada 3 jenis fasilitas yang ditawarkan. Yaitu fasilita Fullfurnished, Semifurnished dan Unfurnished.

Fullfurnished; yaitu fsilitas apartemen yang lengkap dan terbilang mewah. Karena sudah ada fasilitas seperti televisi, kasur, sofa hingga perlengkapan dapur. Jadi, kamu tinggal membawa pakaian saja.

Semifurnished; yaitu fasilitas apartemen paling dasar, atau basic. Fasilitas yang disediakan hanya fasilitas seadanya, seperti AC, kasur dan lemari saja.

Unfurnished; yaitu fasilitas apartemen yang kosong, alias tidak ada apa-apanya selain ruangan. Jadi pada unit ini, kamu harus membawa sendiri perlengkapan yang dibutuhkan.

Nah, untuk kamu yang memiliki budget minim. Memilih fasilitas Semifurnished atau Unfurnished bisa menjadi solusi. Karena harganya akan jauh lebih murah dibanding apartemen dengan unit Fullfurnished.

4. Melakukan Riset Harga

Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan
Foto @prestige88realty

Tips sewa apartemen murah berikutnya adalah riset harga terlebih dahulu. Kamu harus melakukan ini sebagai pembanding harga-harga yang ada. Sehingga dapat dengan mudah mencari harga yang tepat yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Untuk melakukan riset harga, kamu tak perlu cape menanyakan harga sewa apartemen dari satu tempat ke tempat lain. Saat ini cukup maksimalkan penggunaan smartphone kamu bisa melakukan rise harga sewa apartemen murah.

Kamu bisa melakukan riset harga sewa apartemen menggunakan laman seperti OLX, Ruman.com, MamiKos dan banyak situs lainnya yang menyediakan informasi terkait ini.

5. Menyewa Apartemen Tanpa Pelantara

Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan
Foto @gugunrentroom

Menggunakan agen properti atau pelantara akan menambah biaya lagi. Maka dari itu agar kamu mendapatkan apartemen yang murah bisa dengan cara mencarinya secara mandiri. Alias tanpa pelantara.

Atau, bila punya teman yang tinggal di apartemen, kamu bisa mencari informasi dari teman tersebut. Biasanya cara ini akan lebih membantu.

6. Menghitung Biaya Lain yang Dikeluarkan

Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan
Foto @desaininterior_99

Agar mendapatkan sewa apartemen murah, kamu juga harus memperhitungkan biaya lain-lain selain biaya sewa apartemen.

Misalnya saja biaya tagihan listrik, tagihan gas, dan tagihan air. Nah, ini juga harus menjadi pertimbangan untuk mendapatkan biaya apartemen yang murah.

Perhitungkan biaya-biaya tersebut. Bandingkan harganya dari apartemen satu dengan apartemen lainnya. Memang akan memakan waktu, namun ini juga merupakan cara yang ampuh untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan.

7. Patungan Bersama Teman

Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan
Foto @prestige88realty

Apabila kamu memiliki teman satu kantor yang sama-sama ingin tinggal di apartemen, ini bisa menjadi solusi mendapatkan apartemen  murah.

Kamu bisa mengajak teman itu menyewa apartemen bersama. Dengan demikian biaya sewa apartemen dibayar secara patungan. Dan ini akan lebih meringankan budget yang dikeluarkan.

Tapi dengan konsekwensi, teman yang tinggal bersamamu harus satu frekwensi, agar tidak ada perdebatan di kemudian hari.

Lihat juga: Kiat Sukses Bisnis Kos-Kosan

8. Memilih Sewa Tahunan

Tips Sewa Apartemen Murah di Perkotaan
Foto @prestige88realty

Tips terakhir adalah menyewa apartemen pertahun bukan perbulan. Biaya sewa apartemen pertahun biasanya akan lebih murah dibanding dengan menyewa apartemen bulanan, apalagi sewa apartemen harian.

Ini bisa menjadi tips sewa apartemen murah, kamu bisa menghemat uang jutaan rupiah lho, jika dikalkulasi selama 12 bulan.

Itulah 8 tips mendapatkan sewa apartemen murah. Semoga menjadi solusi bagi kamu yang memiliki budget terjangkau. Saran dari kami, jangan terlalu memaksakan diri jika belum mampu tinggal di apartemen.

BERI KOMENTAR